Dev. Sekiro Ingin Racik Game yang Kuat di Sisi Cerita

Reading time:
April 15, 2019
Sekiro Shadows Die Twice jagatplay part 2 81

Hidetaka Miyazaki adalah nama yang mendefinisikan From Software saat ini. Kesuksesan yang berhasil dibawa seri Souls, Bloodborne, dan belum lama ini – Sekiro membuat nama developer yang satu ini kembali populer. Tingkat kesulitan tinggi bukan satu-satunya daya tarik, mengingat kesemuanya juga datang dengan mekanik gameplay memuaskan dan juga setting yang keren. Salah satu pendekatan khas Miyazaki adalah sisi cerita yang tidak pernah disampaikan secara terbuka, sebuah konsep yang bahkan tetap dibawa di Sekiro yang notabene punya karakter utama definitif. Sesuatu yang ingin Miyazaki ubah di masa depan.

Berbicara di forum Reboot Develop, Miyazaki menyebut bahwa kebanyakan game Jepang memang lebih berfokus pada sisi gameplay daripada cerita. Bahwa sebagian besar developer asal negeri sakura tersebut, termasuk dirinya, seringkali membangun gameplay lebih dulu baru menyusun cerita yang kira-kira cocok dengannya. Mengapa demikian? Karena ia merasa bahwa seiring dengan proses pengembangan, dimana dunia dan gameplay terus berkembang, cerita juga akan mau tidak mau berubah. Oleh karena itu, agak sedikit aneh kalau ia membangun dari cerita lebih dulu.

Sekiro Shadows Die Twice jagatplay part 2 46 1
Miyazaki menyebut dirinya ingin meracik game yang kuat di sisi cerita ala RDR 2 dari Rockstar.

Walaupun demikian, Miyazaki mengungkapkan mimpinya untuk melakukan sesuatu yang berkebalikan, sesuatu yang dilakukan developer sekelas Rockstar dengan Red Dead Redemption 2. Dimana alih-alih gameplay lebih dulu, justru cerita yang menjadi fokus utama dan gameplay mengikutinya. Tetapi untuk bisa mencapai hal tersebut, Miyazaki mengakui bahwa ia harus mengkomunikasikan cerita yang ia mau dengan lebih baik kepada tim-nya sendiri. Mengingat saat ini, mereka seringkali “buta cerita” apa yang mau disampaikan sampai game tersebut hampir rampung.

Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah Anda tertarik jika Miyazaki benar-benar berujung meracik sebuah game yang berfokus pada sisi cerita?

Source: VG247

Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…