Review Super Robot Wars T: Jatuh Cinta Kembali!

Reading time:
April 5, 2019
Super Robot Wars T jagatplay 20

Kualitas game adaptasi anime yang sedikit meragukan, hampir semua gamer yang sempat mengenal sepak terjang Bandai Namco setidaknya selama beberapa tahun terakhir ini tentu setuju dengan pernyataan ini. Bahwa tidak sedikit dari produk mereka yang memang sekedar didesain sebagai pemenuhan fan-service, tanpa banyak memikirkan kualitas dan keasyikan gameplay itu sendiri. Namun berita baiknya, Bandai Namco juga terkenal sebagai perusahaan yang cukup konsisten untuk menelurkan franchise yang di masa lalu berkualitas, untuk terus menawarkan daya tarik yang serupa. Salah satunya adalah seri Super Robot Wars yang legendaris.

Namun tidak seperti kebijakan masa lampau yang membuatnya dibatasi hanya untuk pasar Jepang saja, Bandai Namco mulai menawarkan alternatif subtitle bahasa Inggris untuk pasar Asia – yang merupakan kebijakan yang pantas untuk disambut dengan tangan terbuka. Tetap mempertahankan bahasa Jepang untuk VA utama, opsi ini membuat banyak gamer pendatang baru mulai melirik Super Robot Wars, termasuk kami yang terjun untuk pertama kalinya di seri Super Robot Wars X tahun lalu. Tren in untungnya tidak berhenti dan Bandai Namco menerapkan kebijakan yang sama dengan seri terbaru yang akhirnya tersedia di pasaran – Super Robot Wars T.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Super Robot Wars T ini? Mengapa kami menyebutnya tampill sebagai sebuah seri yang membuat kami jatuh cinta kembali? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Super Robot Wars T jagatplay 128
Pelan tapi pasti, Anda tidak akan ambil pusing lagi dengan cerita “rasionalisasi” Super Robot Wars T soal mengapa karakter-karakter dari ragam seri anime/manga ini melebur di satu dunia yang sama.

Bandai Namco tentu saja harus membangun sebuah plot dasar untuk memastikan bahwa pertemuan dan pertempuran begitu banyak mecha lintas franchise ini menjadi sesuatu yang bisa dirasionalisasi. Namun seperti kasus yang terjadi di Super Robot Wars X, Anda sepertinya pelan tapi pasti akan mulai mengabaikan cerita yang disampaikan lewat percakapan berbasis teks ini. Satu hal positif yang perlu Anda ketahui hanyalah opsi mempercepat dialog atau bahkan skip cut-scene yang tetap tersedia, hingga Anda bisa meloncat dari satu pertempuran ke pertempuran yang lain dengan cepat.

Namun untuk Anda yang tetap butuh garis cerita yang jelas, Super Robot Wars T tetap menyediakan hal tersebut. Anda akan bisa memilih protagonis wanita atau pria yang tidak akan berpengaruh banyak pada cerita yang Anda dapatkan. Keduanya merupakan petinggi di sebuah korporat raksasa bernama VTX Union yang hadir dengan prototipe mecha mereka sendiri. Namun seperti yang bisa diprediksi, perjalanan mereka menjadi begitu unik ketika sebuah cahaya terang misterius mulai meleburkan begitu banyak dunia di satu ruang yang sama. Semua mecha dan karakter protagonis ini pun mulai harus berjuang bahu-membahu melawan ancaman yang lebih besar.

Super Robot Wars T jagatplay 144
Anda berperan sebagai “pekerja” dari korporat raksasa – VTX Union yang juga hadir dengan mecha prototype mereka sendiri.
Super Robot Wars T jagatplay 106
Dengan cahaya aneh yang terus menarik dan melemparkan robot dari beragam semesta berbeda, tantangan untuk mencari jawaban misteri besar ini dimulai!

Gaya bercerita Super Robot Wars T sendiri mirip dengan apa yang sudah dilakukan Super Robot Wars sebelumnya. Dibagi ke dalam bentuk chapter yang selalu diselingi dengan Intermission yang memungkinkan Anda untuk mengatur dan mempersiapkan mecha Anda untuk pertempuran selanjutnya, cerita biasanya mengalir dari bertemunya karakter protagonis baru, bertarung bersama, dan kemudian menemukan bahwa karakter antagonis dari dunia yang sama ternyata kini bergabung di kubu lawan. Bahwa pada akhirnya, tokoh-tokoh antagonis ini untuk alasan tertentu, berkumpul menjadi satu organisasi yang lebih mengancam.

Super Robot Wars T jagatplay 147
Perang besar seperti apa yang akan berkecamuk?

Lantas, pertempuran seperti apa yang harus dihadapi oleh karakter utama Anda – Sagiri di Super Robot Wars T ini? Cahaya misterius apa juga yang membuat dunia dunia ini saling melebur satu sama lain? Anda tentu saja harus memainkan Super Robot Wars T untuk mendapatkan jawaban pasti untuk pertanyaan yang satu ini.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…