Review Super Robot Wars T: Jatuh Cinta Kembali!

Reading time:
April 5, 2019
Super Robot Wars T jagatplay 20

Kualitas game adaptasi anime yang sedikit meragukan, hampir semua gamer yang sempat mengenal sepak terjang Bandai Namco setidaknya selama beberapa tahun terakhir ini tentu setuju dengan pernyataan ini. Bahwa tidak sedikit dari produk mereka yang memang sekedar didesain sebagai pemenuhan fan-service, tanpa banyak memikirkan kualitas dan keasyikan gameplay itu sendiri. Namun berita baiknya, Bandai Namco juga terkenal sebagai perusahaan yang cukup konsisten untuk menelurkan franchise yang di masa lalu berkualitas, untuk terus menawarkan daya tarik yang serupa. Salah satunya adalah seri Super Robot Wars yang legendaris.

Namun tidak seperti kebijakan masa lampau yang membuatnya dibatasi hanya untuk pasar Jepang saja, Bandai Namco mulai menawarkan alternatif subtitle bahasa Inggris untuk pasar Asia – yang merupakan kebijakan yang pantas untuk disambut dengan tangan terbuka. Tetap mempertahankan bahasa Jepang untuk VA utama, opsi ini membuat banyak gamer pendatang baru mulai melirik Super Robot Wars, termasuk kami yang terjun untuk pertama kalinya di seri Super Robot Wars X tahun lalu. Tren in untungnya tidak berhenti dan Bandai Namco menerapkan kebijakan yang sama dengan seri terbaru yang akhirnya tersedia di pasaran – Super Robot Wars T.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Super Robot Wars T ini? Mengapa kami menyebutnya tampill sebagai sebuah seri yang membuat kami jatuh cinta kembali? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Super Robot Wars T jagatplay 128
Pelan tapi pasti, Anda tidak akan ambil pusing lagi dengan cerita “rasionalisasi” Super Robot Wars T soal mengapa karakter-karakter dari ragam seri anime/manga ini melebur di satu dunia yang sama.

Bandai Namco tentu saja harus membangun sebuah plot dasar untuk memastikan bahwa pertemuan dan pertempuran begitu banyak mecha lintas franchise ini menjadi sesuatu yang bisa dirasionalisasi. Namun seperti kasus yang terjadi di Super Robot Wars X, Anda sepertinya pelan tapi pasti akan mulai mengabaikan cerita yang disampaikan lewat percakapan berbasis teks ini. Satu hal positif yang perlu Anda ketahui hanyalah opsi mempercepat dialog atau bahkan skip cut-scene yang tetap tersedia, hingga Anda bisa meloncat dari satu pertempuran ke pertempuran yang lain dengan cepat.

Namun untuk Anda yang tetap butuh garis cerita yang jelas, Super Robot Wars T tetap menyediakan hal tersebut. Anda akan bisa memilih protagonis wanita atau pria yang tidak akan berpengaruh banyak pada cerita yang Anda dapatkan. Keduanya merupakan petinggi di sebuah korporat raksasa bernama VTX Union yang hadir dengan prototipe mecha mereka sendiri. Namun seperti yang bisa diprediksi, perjalanan mereka menjadi begitu unik ketika sebuah cahaya terang misterius mulai meleburkan begitu banyak dunia di satu ruang yang sama. Semua mecha dan karakter protagonis ini pun mulai harus berjuang bahu-membahu melawan ancaman yang lebih besar.

Super Robot Wars T jagatplay 144
Anda berperan sebagai “pekerja” dari korporat raksasa – VTX Union yang juga hadir dengan mecha prototype mereka sendiri.
Super Robot Wars T jagatplay 106
Dengan cahaya aneh yang terus menarik dan melemparkan robot dari beragam semesta berbeda, tantangan untuk mencari jawaban misteri besar ini dimulai!

Gaya bercerita Super Robot Wars T sendiri mirip dengan apa yang sudah dilakukan Super Robot Wars sebelumnya. Dibagi ke dalam bentuk chapter yang selalu diselingi dengan Intermission yang memungkinkan Anda untuk mengatur dan mempersiapkan mecha Anda untuk pertempuran selanjutnya, cerita biasanya mengalir dari bertemunya karakter protagonis baru, bertarung bersama, dan kemudian menemukan bahwa karakter antagonis dari dunia yang sama ternyata kini bergabung di kubu lawan. Bahwa pada akhirnya, tokoh-tokoh antagonis ini untuk alasan tertentu, berkumpul menjadi satu organisasi yang lebih mengancam.

Super Robot Wars T jagatplay 147
Perang besar seperti apa yang akan berkecamuk?

Lantas, pertempuran seperti apa yang harus dihadapi oleh karakter utama Anda – Sagiri di Super Robot Wars T ini? Cahaya misterius apa juga yang membuat dunia dunia ini saling melebur satu sama lain? Anda tentu saja harus memainkan Super Robot Wars T untuk mendapatkan jawaban pasti untuk pertanyaan yang satu ini.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…