Inilah Cerita Utama Death Stranding!

Reading time:
August 21, 2019
death stranding

Misteri demi misteri mengitari nama Death Stranding. Terlepas dari tanggal rilis yang semakin dekat, ada banyak misteri yang sama sekali tidak memiliki jawaban. Usaha untuk memperkenalkan lebih banyak mekanik dan karakter via screenshot ataupun trailer juga tidak memberikan banyak hal baru untuk bisa dimengerti. Namun setidaknya, kini kita sudah punya gambaran soal cerita utama seperti apa yang akan menjadi motivasi pendorong SAM – sang karakter utama untuk menjalankan tugasnya sebagai seorang “kurir” Bridge. Lantas, apa sebenarnya cerita utama Death Stranding?

Kojima sebenarnya mempersiapkan satu video lain bernama “BRIEFING” di lantai Gamescom 2019, yang ia sebut akan memberikan insight soal pondasi motivasi perjalanan SAM. Salah satu media gaming – GamesRadar akhirnya berbagi impresi mereka secara mendetail soal sisi cerita utama tersebut. Apa yang Anda baca setelah kalimat ini bisa dihitung sebagai spoiler yang kami translasikan mentah-mentah dari situs GamesRadar tersebut. Tautan untuk aritkel mereka akan sematkan di bagian terbawah artikel:

death stranding
SIMULASI TUKANG PASANG KABEL TELEPON

Death Stranding adalah sebuah game yang punya cerita sederhana. Anda berperan sebagai Sam Porter Bridges yang diminta untuk berjalan dari Pantai Timur ke Pantai Barat Amerika Serikat, berusaha mengaktifkan beragam titik komunikasi di sepanjang perjalanan. Titik komunikasi ini akan menyiarkan pesan-pesan soal harapan soal Amerika Serikat yang di titik itu memang terpecah belah dan putus hubungan satu sama lain. Sam berusaha menyuarakan persatuan dan kesatuan.

Namun tidak sekedar berjalan tanpa tujuan. Anda akan mereka ulang langkah yang sempat berusaha dijalani oleh Amelie (Lindsay Wagner) – anak perempuan President of United Cities of America, yang memang juga ingin mengikuti jalur ziarah yang sama di masa lalu. Amelie ingin menciptakan garis komunikasi di sepanjang Amerika Serikat, dimana pusat komunikasi ini akan menyuarkan pesan-pesan dari sang ibu – Bridget. Bridget sendiri tengah sekarat di kala itu. Pesan Bridget? Ia ingin semua masalah di dunia tidak diselesaikan dengan kekerasan, tetapi dengan harapan.

Langkah ini diambil oleh Amelie setelah kota besar – Central Knot City berakhir hancur karena serangan teroris yang kebetulan memiliki kekmampuan bernama “Void Oouts” – kemampuan untuk kembali dari “Other Side”. Kehancuran ini membuat peradaban Amerika hancur, dimana banyak penduduk memutuskan untuk tidak lagi percaya pada permintah. Atas dasar ketakutan satu sama lain, tidak sedikit pula yang memutuskan untuk hidup di alam liar.

Di tepi Pacific adalah sebuah kota bernama Edge Knot City yang berisikan kelompok separatis dan teroris – Homo Demens, yang menuntut kemerdekaan mereka sendiri! Kelompok super berbahaya ini jugalah yang menangkap Emilie. Emlie sendiri akan menampilkan dirinya pada Sam dalam bentuk Hologram di hampir setiap situasi, tidak pernah menua, dan dengan pakaian sama saat ia berada di pantai. Emilie meyakinkan Sam bahwa ia aman, ia bisa memanfaatkan fasilitas Homo Demens dengan bebeas, ia tidak dipenjara, hanya saja ia tidak bisa mninggalkan Edge Knot City begitu saja.

Sam berusaha menyelamatkan Amelie yang aksinya, tentu saja dihalangi oleh Higgs – the ‘Man in the Golden Mask’ yang diperankan oleh Troy Baker. Sam harus memastikan pesan-pesan ini tersebar sebelum perpecahan lebih jauh terjadi.

GamesRadar sendiri menyebut bahwa hal inilah yang akan menjadi kisah utama dari Death Stranding itu sendiri. Memang ada beberapa misteri lain seperti karakter dan dunia “Other Side” yang tidak banyak dieksplorasi Kojima di trailer “BRIEFING” yang masih belum dilepas ke publik ini.

Situs ini juga menyebut bahwa aksi eksplorasi Sam untuk membuka node komunikasi dan mengirimkan parsel bisa disamakan dengan sebuah ZIARAH atas nama menyambungkan kembali “SOCIAL STRANDS” yang sempat disebut Kojima sebelumnya. Kalung misterius Sam juga disebut-sebut berperan tak lebih dari sekedar “kunci” untuk menjalankan aksi ini.

Secara sederhana, misi dan cerita utama Sam, setidaknya berdasarkan penjelasan GamesRadar ini bisa disamakan dan dianalogikan dengan “TUKANG PASANG KABEL TELEPON” di sebuah daratan yang belum terjamah teknologi komunikasi tersebut. Anda harus bergerak dari satu titik ke titik lain untuk memastikan pesan tersebut terhubung.

Death Stranding akan dirilis pada tanggal 8 November 2019 mendatang untuk PS4. Terdengar menarik?

Source: GamesRadar

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…