Review Granblue Fantasy Versus: Percaya Pada Kemenangan!

Reading time:
February 13, 2020
gbf versus title jagatplay

Nama Granblue Fantasy di pasar mobile memang bukan lagi sesuatu yang asing. Desain karakter wanita super menarik dengan kualitas “waifu” tingkat tinggi menarik jutaan gamer di seluruh dunia untuk terjun masuk ke dalam pusaran gacha-nya. Bagi beberapa gamer yang lain, ini menjadi perangkap tanpa jalan keluar yang terus menyita perhatian dan waktu mereka hingga saat ini. Namun yang menarik, sang empunya franchise – Cygames kini berusaha memperluas popularitas Granblue Fantasy ke platform yang lebih serius dengan menggandeng beberapa developer kawakan. Salah satunya datang dari veteran game fighting – Arc System Works via judul teranyar, Granblue Fantasy Versus.

Anda yang sudah membaca artikel preview kami sebelumnya sepertinya sudah memiliki gambaran yang cukup jelas soal apa yang hendak ditawarkan oleh Granblue Fantasy Versus. Sebagai gamer yang tidak pernah terjun masuk ke dalam game mobile / browser miliknya, Versus berhasil membuat kami jatuh hati pada pandangan pertama. Upaya fantastis Arc System Works untuk mentranslasikan desain karakter dua dimensi ke format tiga dimensi berakhir fantastis, dengan cita rasa anime super kental dan animasi serangan yang begitu mulus. Sementara dari sisi gameplay, mekanik yang ia usung menawarkan kesempatan bagi gamer pendatang baru untuk menikmatinya, tetapi juga lapisan cukup dalam untuk dijajal oleh mereka yang ingin serius. Semuanya dibalut dengan mode unik yang berusaha mensimulasikan sensasi RPG di seri originalnya.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Granblue Fantasy Versus ini? Mengapa kami memilih tagline “percaya pada kemenangan” untuk mendeskripsikannya? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 9
Tidak seperti kebanyakan game fighting yang menawarkan cerita dari mode Arcade / Campaign, GBF Versus justru mengaplikasikannya di sebuah mode unik – RPG Mode.

Tidak seperti kebanyakan game fighting yang menawarkan mode cerita via mode Arcade atau “Campaign” yang biasanya memuat sisi cerita di dalamnya, terlepas dari apakah ia sinematik atau tidak, Granblue Fantasy Versus hadir dengan pendekatan berbeda. Ia memang masih mengusung mode Arcade, namun ia berujung sekedar mode pertarungan melawan AI dalam sekuens yang bisa Anda pilih. Cerita yang sebenarnya disajikan dalam mode yang akan kita bicarakan lebih lanjut nanti – RPG Mode.

Menariknya lagi, ia tidak berusaha untuk menjelaskan segala sesuatunya dari awal. Anda hanya mendapatkan sedikit gambaran lore soal dunianya dan kemudian langsung terjun dalam petualangan sang karakter utama – Gran untuk melindungi seorang gadis istimewa bernama Lyria. Dalam perjalanannya, mereka menemukan sebuah fenomena yang aneh. Ada begitu banyak karakter pendukung yang sempat mereka temui di masa lalu kini tiba-tiba tidak lagi mengenali mereka sama sekali. Mereka bersikap, bertingkah, dan bercakap bak orang asing untuk alasan yang misterius. Beberapa di antaranya bahkan tidak ragu untuk mengangkat senjata melawan Gran dan Lyria itu sendiri.

Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 163
Ia berfokus pada kisah Gran dan Lyria yang berusaha mencari jawaban atas misteri hilangnya ingatan teman-teman mereka dan Primal Beasts.
Granblue Fantasy Versus jagatplay part 2 24
Mencari tahu siapa yang sebenarnya bergerak di belakang layar menjadi fokus cerita.

Berdasarkan informasi dari entitas super kuat yang berhasil mereka tundukkan dan mendapatkan memori mereka kembali – Primal Beasts, Gran dan Lyria akhirnya mengetahui bahwa sebuah kekuatan gelap nan misterius yang bekerja di balik fenomena yang satu ini. Bahwa kemampuan mereka untuk mengubah memori tidak hanya terjadi pada karakter biasa saja, tetapi juga para Primal Beasts yang memang memiliki kemampuan luar biasa kuat. Seperti yang bisa diprediksi, dalam perjalanan melintasi beragam wilayah yang berbeda, Gran dan Lyria berusaha mencari tahu siapa yang bertanggung jawab. Dan tentu saja dengan menggunakan kemampuan mereka, berusaha menundukkannya.

Granblue Fantasy Versus jagatplay part 2 20 1
Tantangan seperti apa yang harus dihadapi Gran dkk?

Lantas, siapa yang sebenarnya bertanggung jawab untuk misteri yang satu ini? Mampukah Gran dan Lyria mengembalikannya ke posis semula? Tantangan seperti apa yang harus mereka hadapi? Semua jawaban dari pertanyaan tersebut bisa Anda dapatkan dengan memainkan RPG Mode Granblue Fantasy Versus ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…