20 Game RPG Playstation 2 Terbaik Sepanjang Masa!

Reading time:
March 9, 2020

Selamat ulang tahun ke-20, Playstation 2! Sang “raja”, konsol yang satu ini memang punya posisi yang istimewa di industri game. Kita bicara soal konsol yang berhasil terjual 155 juta unit selama masa hidupnya, angka yang masih belum bisa ditundukkan hingga saat ini. Sebagian besar mungkin tergoda dengan library game yang ia usung, namun tidak sedikit pula yang tergoda dengan statusnya sebagai salah satu DVD-Player paling murah di awal eksistensi keping disc tersebut tersedia di pasaran. Maka mengikuti apa yang berhasil mereka capai di era Playstation pertama, Playstation 2 juga dihujani dengan banyak game-game menggoda yang pantas untuk dibicarakan. Beberapa di antaranya menjadi awal dari franchise yang terus berlanjut hingga saat ini, namun tidak sedikit pula yang menjadi kelanjutan dari seri yang sempat tersedia di Playstation pertama.

Satu yang menarik adalah bagaimana popularitas genre RPG, terutama dari JRPG, yang berujung masih mendominasi rilis generasi yang satu ini. Beberapa yang datang dari Playstation pertama, memanfaatkan performa yang ditawarkan Playstation 2, dan menawarkan sesuatu yang baru dan berbeda – dari sekedar sisi visual hingga yang mengubah mekanik gameplay seri originalnya. Namun tidak sedikit pula game RPG yang muncul sebagai seri perdana dan berkembang menjadi sesuatu yang legendaris dan pantas untuk dibicarakan hingga saat ini. Ada begitu banyak “emas RPG” di era berkuasanya Playstation 2 sebagai raja yang kini muncul bak legenda.

Lantas, dari semua game RPG yang sempat tersedia di era Playstation 2, eksklusif ataupun tidak, game-game mana saja yang menurut kami pantas untuk disebut sebagai yang terbaik di antara yang terbaik? Berikut adalah versi JagatPlay:

  1. Legaia 2: Duel Saga

Berapa banyak dari Anda yang jatuh cinta pada JRPG karena Legend of Legaia di Playstation pertama? Game yang terlihat memiliki visual buruk saat eksplorasi ini berujung menawarkan salah satu sistem pertarungan JRPG paling unik, bahkan hingga saat ini sekalipun. Namun berapa banyak dari Anda yang sempat mencicipi seri keduanya – Legaia 2? Walaupun seri kedua ini tidak menawarkan daya tarik yang sama, terutama dari sisi cerita dan karakter, ia masih datang dengan sistem pertarungan ala game fighting yang mendefinisikan genre yang satu ini. Sayangnya, tingkat kesulitan yang cukup mudah dan cerita yang tidak se-epik seri pertamanya membuatnya tak sukses secara finansial.

  1. Musashi: Samurai Legend

Musashi di Playstation pertama adalah sebuah seri yang legendaris. Tidak ada satupun gamer di kala itu yang pernah memainkan game action RPG yang menggabungkan simulasi pengaturan waktu untuk berpetualang dan beristirahat dengan keharusan untuk “mencuri” kemampuan musuh sebagai daya tarik utama. Kembalinya Musashi, yang kini diperkuat dengan performa ekstra Playstation 2 berusaha mempertahankan identitas tersebut. Kini Musashi bisa belajar teknik baru yang bisa ia simpan secara permanen dalam dunia dan desain karakter bergaya anime yang kental. Di tengah minimnya game action RPG di kala itu, apa yang berusaha dilakukan Square Enix dengan seri ini tentu pantas diapresiasi. Di luar obsesi mereka untuk menciptakan karakter dengan rambut tergila yang pernah ada.

  1. Drakengard

Dari sisi gameplay, Drakengard memang bukanlah sebuah game yang revolusioner. Ada usaha yang jelas untuk berusaha menawarkan apa yang berhasil ditawarkan Koei Tecmo dengan Dynasty Warriors, namun kini dengan setting fantasi yang lebih kental. Sistem RPG yang lebih kuat juga diusung lewat sistem senjata yang kini memainkan peran lebih penting. Diperkuat dengan cerita yang percaya atau tidak, menawarkan salah satu ending teraneh yang dijadikan basis Square Enix untuk melahirkan seri NieR yang selama ini kita kenal, salah satu bagian terbaik Drakengard tentu berpusat pada kemampuan untuk mengendalikan naga dan membuatnya jadi senjata efektif untuk menghancurkan puluhan hingga ratusan pasukan sekaligus. Di era Playstation 2, ia menjadi salah satu game action RPG yang sulit untuk dilupakan begitu saja.

  1. Ar Tonelico: Melody of Elemia

Meracik sebuah game dengan cita rasa anime yang kental memang bukan sesuatu yang akan sering Anda temukan di era Playstation pertama, di luar pasar game-game “nakal” PC dari Jepang yang memang menjadikannya sebagai daya tarik utama. Ketika tren tersebut mulai tumbuh di era Playstation 2, ada beberapa game yang menarik untuk dibicarakan. Salah satunya datang dari Ar Tonelico: Melody of Elemia yang menghadirkan Anda setidaknya dua orang waifu yang bisa Anda kejar, yang akan mempengaruhi cerita dan skill seperti apa yang Anda miliki. Dipadukan dengan sistem pertarungan, cerita menarik, desain karakter menggoda, ia menjadi seri perdana Ar Tonelico yang kami nikmati. Namun sayangnya, seri perdana ini anehnya tidak membuat kami untuk terus tertarik menikmati seri-seri selanjutnya.

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…

PlayStation

April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…
March 9, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Housemarque (RETURNAL)!

Housemarque dan rilis konsol terbaru Playstation memang jadi kombinasi tidak…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…