Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Reading time:
April 15, 2020

Kustomisasi Penuh Keimutan

Animal Crossing New Horizons jagatplay part 2 70
Super duper imut adalah kesan yang Anda dapatkan dari sisi presentasi AC: New Horizons.

Sulit rasanya untuk tidak jatuh hati pada sisi presentasi Animal Crossing: New Horizons, apalagi jika Anda termasuk gamer yang menyambut dengan tangan terbuka nilai-nilai “keimutan” berskala tinggi. Hampir semua sudut yang diracik Nintendo untuk game ini didesain sedemikian rupa untuk memastikan hati Anda tetap tenang dan gembira, senyum Anda merekah, dan Anda kian bermotivasi untuk melakukan segala sesuatunya. Sinyal keimutan ini sudah menyeruak kuat bahkan ketika Anda melakukan proses racik karakter yang juga diikuti dengan ragam bentuk wajah, warna kulit, jenis rambut yang begitu kartun. Semua yang ditawarkan oleh Animal Crossing dari sisi presentasi memang bisa didefinsikan dengan satu kata – Imut.

Keimutan ini juga menyebar lewat desain beragam penduduk yang bisa Anda ajak bergabung ke pulau Anda, yang memang sebagian besar memang didasarkan pada binatang tertentu. Yang membuatnya fantastis tidak hanya dari desain tiap karakter yang unik saja, tetapi juga bagaimana mereka memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Kepribadian yang bersinar dari tingkah laku, dialog, dan aktivitas mereka sehari-hari. Ada penduduk yang misalnya baru bangun pagi mulai dari pukul 9 pagi sementara yang lain sudah aktif sejak pukul 6. Ada penduduk yang senangnya menyirami bunga-bunga yang Anda tanam, sementara yang lain lebih tertarik untuk berolahraga kapanpun ia memiliki waktu luang. Dinamika interaksi dengan karakter-karakter yang juga akan tumbuh seiring dengan intensitas percakapan ini memang jadi salah satu highlight Animal Crossing: New Horizons.

Animal Crossing New Horizons jagatplay part 2 37
Setiap penduduk tidak hanya berbeda dari sisi desain, tetapi juga kepribadian dan rutinitas berbeda.
Animal Crossing New Horizons jagatplay part 2 12
Dengan menggunakan fitur kustomsasi yang begitu luas, Anda bisa membangun kamar Anda lengkap dengan poster favorit.

Walaupun di permukaan, kualitas imut ini memang didesain untuk mengusung cita rasa kartun yang kuat, Animal Crossing: New Horizons secara menakjubkan memberikan fitur kustomisasi yang begitu luas dan menawan. Selain kesempatan untuk menempatkan ragam item begitu saja di luar rumah atas nama dekorasi atau mendapatkan segudang item pakaian yang bisa Anda padupadankan dengan tema tertentu (yang tentu saja kesemuanya imut), Anda juga bisa menyuntikkan pattern unik Anda ke dalam game menggunakan fitur QR Code yang ditawarkan app Nintendo di perangkat mobile. Pola-pola yang dipadatkan dalam format piksel lawas ini kemudian bisa Anda jadikan sebagai visual signature Anda sendiri, dimana Anda bisa menempatkannya sebagai poster, bendera kota Anda, hingga pola pakaian yang Anda kenakan. Fitur kustomisasi di game ini benar-benar nyaris tidak berbatas.

Maka kombinasi visualisasi super imut ini juga dikombinasikan dengan presentasi audio yang tidak kalah menggemaskan. Animal Crossing: New Horizons tentu saja tidak menggunakan bahasa manusia untuk berkomunikasi dalam dialog. Mereka menggunakan sejenis bahasa unik yang keunikan untuk tiap karakternya didasarkan pada tinggi – rendah pitch. Walaupun terdengar seperti pembicaraan omong-kosong belaka di hampir semua situasi, namun pendekatan ini justru meningkatkan atmosfer super imut Animal Crossing: New Horizons yang harus diakui, sudah berada di posisi yang terhitung tinggi. Mendengar setiap dari karakter-karakter ini berkomunikasi lewat sistem yang sama, apalagi ketika Anda menggunakan fasilitas pesawat terbang milik Dodo, akan selalu efektif membuat hati Anda ikut riang.

animal crossing new horizons jagatplay part 1 66
Bahkan kondisi buruk sekalipun tetap akan membuat Anda tertawa.

Sisa sensasi imut ini tentu saja berpusat pada beragam animasi dan reaksi yang diperlihatkan oleh tiap karakter yang ada, baik ketika mereka tengah bereaksi saat berkomunikasi dengan Anda atau ketika karakter Anda sendiri tengah panik karena dikejar puluhan tawon yang mengamuk dan membuat wajah Anda membengkak. Tidak ada bahaya di Animal Crossing: New Horizons layaknya game-game serupa kebanyakan, namun bukan berarti tidak ada ancaman yang bisa mengganggu sedikit gameplay Anda di sini. Namun setidaknya Nintendo memastikan bahwa semua hal yang bahkan mengganggu Anda sekalipun, tetap akan membuat Anda setidaknya tersenyum bahkan tertawa. Baik dari sekedar visualisasi ataupun suara efek yang ia hasilkan.

Di tengah begitu banyaknya game-game kelas AAA yang setengah mati mengejar realisme dengan ekstra dramatisasi dan begitu banyak kekerasan eksplisit di dalamnya, menemukan sebuah game seperti Animal Crossing adalah sebuah sensasi unik yang pantas dirayakan. Sebuah game yang dari awal hingga Anda lelah memainkannya, tidak akan pernah gagal meninggalkan pengalaman positif penuh keimutan dan keriangan di dalamnya.

Hidup Membayar Utang

Animal Crossing New Horizons jagatplay part 2 44
Mengumpulkan uang tetap jadi salah satu aktivitas utama, namun tidak berhubungan dengan aktivitas bertani sama sekali.

Bagi gamer yang tidak pernah mengenal nama Animal Crossing dan sekedar melihat gameplay New Horizons dari trailer atau video, ia memang menyiratkan kesan bak game simulasi tani yang saat ini sudah tersedia di pasaran. Namun bertani bukanlah hal yang ditawarkan Animal Crossing. Bahwa inti dari permainan tetaplah berpusat pada usaha mencari uang sebanyak mungkin yang bisa ditempuh dengan beragam cara, dari menangkap serangga, memancing ikan, menghancurkan batu atas nama barang tambang, hingga berinvestasi ala saham dengan sistem Turnip yang ia usung. Namun uang-uang tersebut tidak diarahkan untuk memperbanyak resource untuk menghasilkan lebih banyak uang dengan lebih cepat, seperti misalnya membeli sapi atau domba di Harvest Moon misalnya. Uang yang lebih banyak ini digunakan untuk misi utama: membangun kota yang Anda inginkan. Ini berarti, membangun rumah lebih besar, menata kota, dan mengudang penduduk yang Anda dambakan.

Menariknya? Alih-alih menuntut Anda untuk mengumpulkan semua uang yang Anda butuhkan secara langsung, ada beberapa fungsi ekspansi yang memberikan Anda keleluasaan dana dengan berutang terlebih dahulu kepada Nook. Sistem ini memungkinkan Anda untuk selalu memiliki dana segar untuk melakukan ekspansi, yang tentu saja nantinya harus diselesaikan dalam format cicilan, yang tumbuh menjadi motivasi ekstra untuk mengumpulkan. Sistem cicilan sesuai kemampuan ini juga akan menjadi jaring pengaman dana Anda mengingat Animal Crossing: New Horizons akan terus menuntut Anda untuk menggelontorkan ekstra uang, dari membeli furnitur yang menarik mata untuk berakhir menghiasi rumah, mengisi rumah dengan karpet dan wallpaper menggoda, atau membeli Tools-Tools Anda dari alat pancing hingga kapak yang punya sistem durabilitas. Benar sekali, Tools yang Anda gunakan di sini akan bisa hancur dan rusak setelah pemakaian beberapa kali.

Animal Crossing New Horizons jagatplay part 2 67
Utang! Utang! Utang!
Animal Crossing New Horizons jagatplay part 2 50
Tools bisa hancur jika digunakan berulang kali.

Untungnya, ada alternatif solusi yang ditawarkan oleh Animal Crossing: New Horizons di luar sekadar membeli. Benar sekali, seperti yang bisa Anda prediksi, sistem crafting juga memainkan peran penting di sini. Lewat beragam resep baru yang bisa Anda beli, atau dapatkan dari sebuah kotak hadiah yang dibawa balon udara secara acak ke dalam pulau Anda, atau temukan dari botol yang terdampar di pantai, atau dari penduduk kota yang sudah melihat Anda sebagai sahabat, Anda bisa meracik banyak hal dengan menggunakan resource yang Anda temukan. Tidak hanya meracik Tools saja, sistem crafting ini juga akan memungkinkan Anda membangun Tools dengan versi lebih kuat dan beragam furnitur keren yang lagi-lagi akan menggoda untuk Anda kejar atas nama kosmetik belaka.

Kombinasi kedua sistem ini kemudian menghasilkan dinamika tersendiri terkait resource yang Anda temukan. Jika Anda menemukan sebuah bijih besi misalnya, Anda kini punya dua opsi dengan konsekuensi masing-masing: Anda bisa menjualnya secara langsung untuk ekstra uang yang kemudian bisa Anda alihkan untuk membayar cicilan rumah atau Anda bisa menyimpannya di rumah sebagai bahan baku untuk proses crafting jika tiba-tiba Anda membutuhkannya di masa depan. Proses balancing yang menarik juga muncul di sini. Menjual berarti minim resource untuk crafting yang bisa membuat Anda berakhir harus membeli berulang kali Tools dan karenanya, menghabiskan uang. Menyimpan berarti memperkecil jumlah uang yang bisa Anda peroleh, yang mungkin menghemat uang untuk membeli tools atau furnitur, tetapi akan membuat proses membayar cicilan rumah berakhir semakin pelik. Anda sendirilah yang harus memutuskan apa yang Anda lakukan dengannya.

Tidak cukup sampai di sana saja, Animal Crossing: New Horizon juga menawarkan satu ekstra distraksi bagi Anda untuk tidak sekadar gegabah menjual beragam serangga atau ikan yang Anda tangkap, ataupun fosil yang baru saja berhasil Anda galih atas nama uang.

Animal Crossing New Horizons jagatplay part 2 5
Binatang atau fossil yang Anda dapatkan tentu bisa Anda jual untuk mendapatkan ekstra uang.
Animal Crossing New Horizons jagatplay part 2 4
Di sis lain, Anda juga bisa menyumbangkan hal-hal ini ke museum untuk memamerkannya.

Anda selalu punya opsi untuk mendonasikan varian-varian baru yang Anda temukan ke Museum yang berfungsi tidak hanya sebagai tempat untuk memamerkan semua hal yang berhasil Anda tangkap saja tetapi juga katalog untuk apa saja yang sudah sempat Anda miliki, mengingat beberapa jenis serangga dan ikan punya level kelangkaan-nya sendiri. Museum juga akan menjadi ekstra motivasi untuk melakukan banyak aksi di Animal Crossing: New Horizons yang pada akhirnya, berhubungan satu sama lain. Sebagai contoh? Mengingat ada beberapa jenis serangga yang hanya akan muncul jika Anda berhasil melakukan kawin silang warna bunga dan variannya, maka aksi memilih bibit bunga, menanamnya dalam posisi tertentu dan secara rutin menyiramnya setiap hari menjadi sesuatu yang harus Anda lakukan jika Anda ingin melengkapi isi Museum Anda.

Sisa misi Anda adalah dengan mulai mengisi kota Anda dengan penduduk yang memang Anda inginkan. Di awal, Anda harus mengunjungi pulau-pulau misterius acak untuk menemukan varian penduduk ini dan mengundangnya ke kota Anda. Tentu saja, keputusan tersebut bergantung sepenuhnya pada konsep kota seperti apa yang Anda racik. Anda selalu punya kebebasan untuk tidak mengundang penduduk yang Anda temukan dan terus berpindah dari satu pulau misterius ke pulau lainnya hingga Anda menemukan penduduk yang Anda inginkan. Beberapa dari Anda mungkin menilai dari sisi desain karakter, namun tidak sedikit pula yang lebih memilih kepribadian sebagai pondasi penilaian utama. Seiring dengan progress kota Anda, sistem pengambilan penduduk ini juga akan tumbuh dan berkembang dimana di satu titik, mereka akan secara otomatis mendatangi kota Anda dan muncul sebagai kandidat. Anda tetap punya kebebasan absolut untuk memilih atau tidak memilih mereka.

Animal Crossing New Horizons jagatplay part 2 24
AC: New Horizons memberikan kebebasan bagi Anda untuk memilih dan mengundang penduduk mana saja ke kota Anda.
Animal Crossing New Horizons jagatplay part 2 85
Dengan semua elemen yang ia tawarkan, hampir mustahil dua player di Animal Crossing akan merasakan pengalaman bermain yang sama.

Maka dengan semua kombinasi gameplay ini, bersama dengan motivasi estetika yang menghuni masing-masing player, tidak ada pengalaman Animal Crossing: New Horizons yang sepertinya akan berakhir sama di setiap player yang mencicipinya. Mereka akan memprioritaskan hal yang berbeda, mereka akan memilih penduduk yang berbeda-beda, mereka akan punya strategi mendulang uang yang berbeda, mereka akan mendesain kota mereka dengan cara berbeda, mereka akan berpakaian berbeda, mereka akan memilih furnitur dengan tema berbeda pula untuk rumah mereka. Dengan semua hal yang ia usung, potensi Animal Crossing: New Horizons seperti tidak terbatas.

Jika hal tersebut masih belum cukup, Animal Crossing: New Horizons juga mendukung fitur multiplayer dimana Anda bisa mengunjungi kota player lain atau mengundang mereka ke kota Anda. Bergantung pada apakah Anda berakhir memberikan mereka status “Best Friends” atau tidak, maka akses fungsi yang bisa mereka lakukan juga akan terbatas. Jika sudah diberikan akses “Best Friends”, ini berarti user yang mengunjungi Anda juga diperbolehkan untuk melakukan beberapa aksi mengambil resource, dari menggali tanah untuk mencari fossil hingga menebang pohon yang mereka inginkan. Sistem seperti ini memberikan ekstra lapisan keamanan untuk mencegah kota Anda berakhir “dibinasakan” para trolls.

Animal Crossing New Horizons jagatplay part 2 34
Kunjung-mengunjungi teman dalam format multiplayer selalu jadi pengalaman menyenangkan.
Animal Crossing New Horizons jagatplay part 2 71
Jika sudah menjadi “Best Friends”, penduduk kota bahkan akan bergosip riang tentang mereka.

Yang lebih fantastisnya lagi, tidak sekedar datang dan mengunjungi saja untuk sekedar melihat-lihat, player yang saling bertemu juga bisa saling berbagi item, resource, hingga uang jika mereka menginginkannya. Ini memberikan kesempatan bagi player-player yang lebih veteran untuk membantu gamer pendatang baru untuk mempersiapkan diri, mungkin dengan memberikan mereka “modal usaha” atau mempersiapkan mereka akses ke tools-tools penting lebih awal dari seharusnya. Akses kunjung-mengunjungi kota ini juga menjadi hal yang esensial jika Anda ingin menyempurnakan pengalaman Animal Crossing Anda. Mengapa? Karena satu sistem unik yang terus menjadi identitasnya – Real-time.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…