Review EKSA E900 Pro: Kualitas Cukup Mengejutkan!

Reading time:
July 29, 2020
EKSA E900 Pro jagatplay 31
EKSA E900 Pro

Anda dan kami, dan mungkin jutaan gamer PC yang lain di seluruh dunia mungkin belum pernah mendengar nama EKSA sebelumnya. Perusahaan asal China ini sendiri mengaku merupakan produsen OEM headphones untuk beberapa brand ternama di masa lalu, yang kini mulai hendak menawarkan lini produk mereka sendiri. Sebagai gamer yang tidak terlalu familiar dengannya, penawaran untuk menguji salah satu produk mereka – EKSA E900 Pro memang meninggalkan sedikit rasa skeptis dan khawatir, bahwa headset ini akan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Apalagi sekilas pandang, ia tidak terlihat “istimewa” bak headset gaming kebanyakan. Namun berita baiknya? Performanya ternyata mengejutkan.

Desain dan Fitur

EKSA E900 Pro jagatplay 1
Sekilas pandang, desain yang ia tawarkan memang tidak terlihat istimewa.

Dari sisi desain, apalagi jika dibandingkan dengan kebanyakan headset gaming saat ini yang selalu tampil super garang dan maskulin, lengkap dengan sisi kosmetik RGB yang menyala terang, apa yang ditawarkan oleh EKSA E900 Pro ini memang tidak terlihat seberapa istimewa. Yang Anda temukan hanyalah sebuah headset “standar” dengan warna hitam dominan, dan sebuah logo kecil di kedua sisi yang siap menyala terang jika Anda menghubungkannya dengan kabel USB. Satu bagian unik yang ia usung mungkin terletak pada desain Open-back yang ditawarkan, alih-alih Closed yang notabene lebih banyak Anda temukan di headset gaming. Maka seperti kebanyakan headset open yang lain, tingkat volume saat menikmati headset ini adalah sesuatu yang harus senantiasa Anda perhatikan.

Dengan berat yang terhitung ringan dan penopang yang cukup fleksibel, EKSA E900 Pro siap menawarkan kenyamanan yang Anda butuhkan, terlepas dari ukuran kepala Anda. Namun melihat dengan saksama bagian kiri dan kanan, Anda akan menemukan satu fitur ekstra nan istimewa yang ditawarkan oleh headset ini. Alih-alih hanya satu format saja, ia mendukung kabel jack dan USB, yang juga tersedia di paket penjualan.

EKSA E900 Pro jagatplay 35
Desain open-back yang jarang terlihat di headset gaming.
EKSA E900 Pro jagatplay 21
Pakai USB atau jack? EKSA sudah menyediakan kedua kabel tersebut di paket penjualan.

Ini berarti, EKSA E900 Pro super fleksibel untuk digunakan di banyak platform gaming: konsol, PC, hingga mobile. Tentu saja menghubungkannya dengan kabel USB di PC tidak hanya menawarkan ekstra LED merah di bagian sisi saja, tetapi juga ekstra power untuk aksi bass yang lebih “nendang” daripada hanya menggunakan kabel jack semata-mata. Kerennya lagi? Ia juga datang dengan nose-cancelling mic yang bisa dicopot-pasang untuk kemudahan mobilitas! Dengan semua fitur ini, bahkan hal sekecil volume control di bagian sisi, maka Anda bisa melihat ada perhatian ekstra yang diperlihatkan EKSA dalam desain headset ini. Bahwa selain nyaman, ia juga hendak memastikan bahwa ia siap memfasilitasi gamer, terlepas dari apapun platform dan kebutuhan mereka.

EKSA E900 Pro jagatplay 60
Noise-cancelling mic yang ia tawarkan bisa dicabut-pasang!
eksa software
Jika Anda menggunakan USB, Anda bisa memanfaatkan dukungan software yang ada. Namun bagi kami, opsi yang ia tawarkan justru mengacaukan nikmatnya suara default yang diusung headset ini.

Dipadukan dengan ear cushion berbahan dasar kulit yang nyaman dan tidak panas, apalagi dengan desain yang juga tidak terlalu menekan kepala, sesi gaming panjang dengan EKSA E900 Pro menjadi sesuatu yang rasional untuk bisa Anda antisipasi.

Tentu saja, headset ini juga didukung dengan perangkat lunak di PC jika Anda menghubungkannya dengan kabel USB. Berita buruknya? Kami sendiri tidak merekomendasikan Anda untuk banyak mengotak-ngatik dukungan software yang juga bisa menyuntikkan suara efek lingkungan, 7.1 virtual surround, hingga bass yang lebih dominan ini. Mengapa? Karena setidaknya dari pengujian kami, ia justru seringkali berakhir merusak kualitas suara EKSA E900 Pro yang secara default, jauh lebih memesona. Lihat software ini sekadar opsi “iseng” yang mungkin bisa Anda otak-atik begitu Anda mulai bosan dengan hasil suara yang muncul.

Untuk mendukung identitas-nya yang mobile dan dipastikan fleksible untuk semua platform dan kebutuhan, paket penjualan EKSA E900 Pro juga memuat kantong bawa dan sebuah kabel splitter audio di dalamnya. Hampir semua hal yang Anda butuhkan untuk memaksimalkan headset ini sejak Anda membukanya dari kotak disediakan oleh EKSA.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

January 20, 2023 - 0

Review A Space for the Unbound: Standar Tertinggi Game Indonesia Saat Ini!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh A Space for the Unbound?…
October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…

PlayStation

December 22, 2022 - 0

Review Crisis Core – Final Fantasy VII Reunion: Reunian dengan Muka Baru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Crisis Core – Final Fantasy…
December 8, 2022 - 0

Review Star Ocean – The Divine Force: Bukan Melesat, Malah Meleset!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Star Ocean: The Divine Force?…
December 7, 2022 - 0

Review The Callisto Protocol: Permulaan yang Menjanjikan!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Callisto Protocol ini? Mengapa…
November 11, 2022 - 0

Review Sonic Frontiers: Gaya Baru, Lumayan Seru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Sonic Frontiers ini? Mengapa kami…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…