Final Fantasy XVI Bagi Detail Perdana

Reading time:
October 29, 2020
final fantasy xvi new details

Sebuah kejutan yang disambut dengan tangan terbuka, pengumuman perdana yang dilakukan Square Enix terkait Final Fantasy XVI di presentasi Playstation 5 beberapa bulan lalu memang harus diakui, tepat sasaran. Ia langsung datang dengan visualisasi in-game, berdurasi cukup panjang dengan begitu banyak elemen Final Fantasy yang bertebaran, dan mengesankan tema lebih gelap lewat banyak kematian dan darah dimana-mana. Ditangani oleh Naoki Yoshida dan Hiroshi Takai yang bertanggung jawab untuk Final Fantasy XIV, banyak fans yang tentu saja penasaran apa yang akan ditawarkan oleh seri utama terbaru ini. Berita baiknya? Detail perdananya akhirnya mengemuka!

Bersama dengan situs teaser yang akhirnya online, Final Fantasy XVI akhirnya berbagi detail perdana soal cerita, karakter, dan dunia seperti apa yang bisa Anda antisipasi dari game single-player yang satu ini. Ia juga diikuti dengan beberapa artwork terbaru untuk memperlihatkan dunia seperti apa yang hendak ia usung.

final fantasy xvi new details1
Selamat datang di Valisthea!

Final Fantasy XVI bertempat di sebuah daratan yang disebut sebagai Valisthea. Valisthea sendiri dipenuhi dengan gunung-gunung kristal bernama Mothercrystals yang sudah eksis selama begitu banyak generasi, “menghadiahi” mereka dengan aether. Maka seperti yang bisa diprediksi, usaha untuk menguasai Mothercrystals juga menghasilkan perang berkepenjangan antara beragam wilayah  seperti Grand Duchy of Rosaria, Holy Empire of Sanbreque, Kingdom of Waloed, Dhalmekian Republic, dan Iron Kingdom. Masing-masing wilayah ini akan punya budaya dan ideologinya masing-masing. Damai sempat dicapai, namun karena satu kejadian, statusnya yang rapuh kini kian terancam.

Lewat post yang sama, Final Fantasy XVI juga memperkenalkan setidaknya 3 karakter utama. Yang mengejutkan? Mereka juga memastikan bahwa karakter knight muda dan karakter pria dengan tato di trailer “Awakening” yang lalu ternyata adalah karakter yang sama. Ia mengusung nama Clive Rosfield yang akan berperan sebagai protagonis utama.

final fantasy xvi new details4
Karakter lebih dewasa dengan tato yang Anda lihat di poster ini dan karakter knight muda di trailer Awakening kemarin dipastikan adalah karakter yang sama – Clive Rosfield.
final fantasy xvi new details2
Clive Rosfield, Joshua Rosfield, Jill Warrick

Karakter kedua adalah sang adik yang bernama Joshua Rosfield. Joshua sendiri menyandang predikat sebagai “Dominants of Phoenix – Eikon of Fire” dan mengandalkan Clive untuk melindunginya dari ragam ancaman. Joshua diperkenalkan sebagai karakter bangsawan baik hati yang memperlakukan semua rakyatnya dengan setara, penuh hati. Kedua bersaudara ini berteman baik dengan karakter wanita bernama Jill Warrick sejak kecil, yang walaupun berasal dari lokasi dan negara yang berbeda, dianggap sebagai bagian keluarga Rosfield.

final fantasy xvi new details3
Summon di sini disebut sebagai EIKON dan memiliki kemampuan untuk membungihanguskan bangsa. Para EIKON tinggal di dalam manusia-manusia spesial yang disebut DOMINANTS.

Anda mungkin bertanya-tanya soal istilah “DOMINANTS” dan “EIKON”. EIKON bisa disetarakan dengan istilah “Summons” di seri-seri Final Fantasy sebelumnya, dimana di dunia Valisthea ini, mereka dilihat sebagai makhluk paling destruktif dan berbahaya. EIKON dianggap memiliki kekuatan yang bahkan bisa meratakan sebuah negara jika diinginkan. EIKON tinggal di dalam manusia-manusia terpilih yang disebut sebagai DOMINANTS. Setiap negara memperlakukan DOMINANTS dengan cara berbeda-beda. Ada yang melihatnya sebagai bangsawan, namun tidak sedikit pula yang melihat mereka sebagai senjata perang. Trailer Awakening yang lalu setidaknya sudah mengkonfirmasikan 4 EIKON – Phoenix, Titan, Shiva, dan Ifrit.

Naoki Yoshida sendiri berjanji akan berbagi lebih banyak informasi di masa depan, termasuk pengumuman besar di tahun 2021 nanti. Final Fantasy XVI saat ini baru dikonfirmasikan untuk Playstation 5 saja. Bagaimana dengan Anda sendiri? Tidak sabar lagi menjajal game yang satu ini?

Source: Final Fantasy XVI

Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…
March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…