Final Fantasy XVI Bagi Detail Perdana

Reading time:
October 29, 2020

Sebuah kejutan yang disambut dengan tangan terbuka, pengumuman perdana yang dilakukan Square Enix terkait Final Fantasy XVI di presentasi Playstation 5 beberapa bulan lalu memang harus diakui, tepat sasaran. Ia langsung datang dengan visualisasi in-game, berdurasi cukup panjang dengan begitu banyak elemen Final Fantasy yang bertebaran, dan mengesankan tema lebih gelap lewat banyak kematian dan darah dimana-mana. Ditangani oleh Naoki Yoshida dan Hiroshi Takai yang bertanggung jawab untuk Final Fantasy XIV, banyak fans yang tentu saja penasaran apa yang akan ditawarkan oleh seri utama terbaru ini. Berita baiknya? Detail perdananya akhirnya mengemuka!

Bersama dengan situs teaser yang akhirnya online, Final Fantasy XVI akhirnya berbagi detail perdana soal cerita, karakter, dan dunia seperti apa yang bisa Anda antisipasi dari game single-player yang satu ini. Ia juga diikuti dengan beberapa artwork terbaru untuk memperlihatkan dunia seperti apa yang hendak ia usung.

Selamat datang di Valisthea!

Final Fantasy XVI bertempat di sebuah daratan yang disebut sebagai Valisthea. Valisthea sendiri dipenuhi dengan gunung-gunung kristal bernama Mothercrystals yang sudah eksis selama begitu banyak generasi, “menghadiahi” mereka dengan aether. Maka seperti yang bisa diprediksi, usaha untuk menguasai Mothercrystals juga menghasilkan perang berkepenjangan antara beragam wilayah  seperti Grand Duchy of Rosaria, Holy Empire of Sanbreque, Kingdom of Waloed, Dhalmekian Republic, dan Iron Kingdom. Masing-masing wilayah ini akan punya budaya dan ideologinya masing-masing. Damai sempat dicapai, namun karena satu kejadian, statusnya yang rapuh kini kian terancam.

Lewat post yang sama, Final Fantasy XVI juga memperkenalkan setidaknya 3 karakter utama. Yang mengejutkan? Mereka juga memastikan bahwa karakter knight muda dan karakter pria dengan tato di trailer “Awakening” yang lalu ternyata adalah karakter yang sama. Ia mengusung nama Clive Rosfield yang akan berperan sebagai protagonis utama.

Karakter lebih dewasa dengan tato yang Anda lihat di poster ini dan karakter knight muda di trailer Awakening kemarin dipastikan adalah karakter yang sama – Clive Rosfield.
Clive Rosfield, Joshua Rosfield, Jill Warrick

Karakter kedua adalah sang adik yang bernama Joshua Rosfield. Joshua sendiri menyandang predikat sebagai “Dominants of Phoenix – Eikon of Fire” dan mengandalkan Clive untuk melindunginya dari ragam ancaman. Joshua diperkenalkan sebagai karakter bangsawan baik hati yang memperlakukan semua rakyatnya dengan setara, penuh hati. Kedua bersaudara ini berteman baik dengan karakter wanita bernama Jill Warrick sejak kecil, yang walaupun berasal dari lokasi dan negara yang berbeda, dianggap sebagai bagian keluarga Rosfield.

Summon di sini disebut sebagai EIKON dan memiliki kemampuan untuk membungihanguskan bangsa. Para EIKON tinggal di dalam manusia-manusia spesial yang disebut DOMINANTS.

Anda mungkin bertanya-tanya soal istilah “DOMINANTS” dan “EIKON”. EIKON bisa disetarakan dengan istilah “Summons” di seri-seri Final Fantasy sebelumnya, dimana di dunia Valisthea ini, mereka dilihat sebagai makhluk paling destruktif dan berbahaya. EIKON dianggap memiliki kekuatan yang bahkan bisa meratakan sebuah negara jika diinginkan. EIKON tinggal di dalam manusia-manusia terpilih yang disebut sebagai DOMINANTS. Setiap negara memperlakukan DOMINANTS dengan cara berbeda-beda. Ada yang melihatnya sebagai bangsawan, namun tidak sedikit pula yang melihat mereka sebagai senjata perang. Trailer Awakening yang lalu setidaknya sudah mengkonfirmasikan 4 EIKON – Phoenix, Titan, Shiva, dan Ifrit.

Naoki Yoshida sendiri berjanji akan berbagi lebih banyak informasi di masa depan, termasuk pengumuman besar di tahun 2021 nanti. Final Fantasy XVI saat ini baru dikonfirmasikan untuk Playstation 5 saja. Bagaimana dengan Anda sendiri? Tidak sabar lagi menjajal game yang satu ini?

Source: Final Fantasy XVI

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…
September 28, 2020 - 0

Review HADES: Super Duper Nagih!

Supergiant Games? Berapa banyak dari Anda yang pernah mendengar nama…

PlayStation

November 20, 2020 - 0

Review Genshin Impact: Inovasi dan Adiksi Uji Hoki!

Berapa banyak dari Anda yang saat ini tengah sibuk memainkan…
November 17, 2020 - 0

Review Kingdom Hearts – Melody of Memory: Nostalgia Telinga!

Menyebutnya sebagai salah satu franchise dengan plot paling kompleks memang…
November 13, 2020 - 0

Review Watch Dogs Legion: Bersatu Kita Teguh, Bercerai Tetap Seru!

Kontroversial, memancing cemooh di awal rilis, namun tetap berakhir sukses…
November 10, 2020 - 0

Preview Assassin’s Creed Valhalla: Dalam Lindungan Odin!

“Ini bukan lagi seri Assassin’s Creed”, pergeseran genre dengan cita…

Nintendo

July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.
April 15, 2020 - 0

Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Tumbuh menjadi sensasi internet dalam waktu singkat, banyak gamer yang…