Call of Duty “Sumbang” 42 Triliun Rupiah untuk Activision Selama 1 Tahun Terakhir

Reading time:
December 4, 2020
zeus home campaign

Rilis tahunan bukanlah masalah, apalagi jika sang pemilik berujung mampu mendistribusikan dana pengembangan ke setidaknya tiga tim developer berbeda yang notabene berisikan ratusan hingga ribuan pekerja untuk menanganinya. Investasi yang digelontorkan Activision untuk Call of Duty, yang popularitasnya tidak memperlihatkan tanda-tanda mereda ini tentu tidaklah kecil. Namun keputusan ini terasa rasional dan bisa dimengerti ketika kita mulai melihat berapa besar pendapatan yang berhasil diraih Activision dari franchise game FPS bertema militer yang satu ini. Seperti yang bisa diprediksi, ia berujung fantastis.

Activision baru saja mengumumkan sekaligus “memamerkan” performa fantastis yang berhasil dicapai oleh Call of Duty selama 12 bulan terakhir. Franchise ini dipastikan berhasil meraih pendapatan setidaknya USD 3 miliar atau sekitar 42 Triliun Rupiah!

wz social share
Activision mengaku meraih pendapatan sebesar USD 3 miliar atau 42 Triliun Rupiah dari franchise COD selama 1 tahun terakhir.

Angka ini merupakan akumulasi dari beragam sumber, dari microtransactions yang menjadi basis bisnis COD: Warzone dan COD: Mobile, merchandise, dan tentu penjualan versi fisik game Call of Duty berbayar seperti Modern Warfare dan Black Ops Cold War. Activision melaporkan kenaikan keuntungan bersih sekitar 80 persen, dengan 40% unit produk terjual lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Di kesempatan yang sama, Activision juga mengumumkan bahwa setidaknya ada 200 juta gamer yang memainkan beragam seri dan produk Call of Duty di tahun 2020 ini. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sempat atau bahkan masih, memainkan setidaknya satu seri Call of Duty tahun ini?

Source: Eurogamer

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…