Review NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Cerita Indah Penuh Derita!

Reading time:
April 22, 2021
Nier Replicant remaster jagatplay 2

Dengan popularitas yang ia raih, hampir sebagian besar gamer memang baru mengenal franchise NieR lewat seri Automata beberapa tahun yang lalu. Bahwa seri yang di awal menjual kemolekan tubuh sang karakter utama ini berhasil mengejutkan banyak gamer lewat kekuatan musik, cerita, gameplay, serta tema penuh filosofi yang fantastis. Dengan gairah atas NieR yang kembali kuat, Square Enix terlihat kembali percaya pada kekuatan franchise yang satu ini. Namun tidak langsung mengeksplorasi dan melahirkan seri baru begitu saja, mereka memutuskan untuk kembali ke seri lawas yang mengawali segala sesuatunya. Benar sekali, kita bicara soal NieR Replicant.

Keputusan untuk kembali ke seri Replicant yang di masa lalu memang tidak pernah dilepas secara resmi untuk pasar barat tentu disambut oleh tangan terbuka oleh banyak gamer. Ditangani oleh Toylogic, serangkaian screenshot dan trailer perdana yang dilepas juga memperlihatkan proses modernisasi sepantasnya yang tidak hanya berkutat pada sisi visual saja, tetapi juga gameplay. Anda yang sempat membaca artikel preview kami sebelumnya sepertinya sudah mendapatkan gambaran soal apa yang kami bicarakan. Impresi pertama kami dengannya benar-benar positif.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh NieR Replicant™ ver.1.22474487139… (yang akan kami sebut sebagai NieR Replicant Remaster di sisa artikel untuk kemudahan) ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai cerita indah penuh derita? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda!

Plot

Nier Replicant remaster jagatplay 4
Bertempat di dunia yang terasa familiar, Anda berperan sebagai anak laki-laki yang berusaha melindungi adik perempuannya – Yonah.

 

Dari timeline cerita, NieR Replicant remaster memang diposisikan sebagai prekuel dari apa yang kita kenal dari NieR Automata. Namun keduanya punya jarak waktu cerita yang sebegitu jauhnya, hingga Anda bisa menikmati keduanya sebagai cerita yang terpisah. Bagi Anda yang memainkan serI Automata lebih dulu seperti kami, Replicant akan menyediakan pondasi cerita untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi pada dunia yang kita kenal ini.

Game dibuka dengan kisah seorang remaja pria di dunia post-apocalyptic yang berusaha menyelamatkan sang adik – Yonah yang tengah sakit. Di tengah situasi ini, sang karakter utama berujung harus bertarung melawan monster-monster hitam misterius yang berujung menginvasi mereka. Berakhir tanpa konklusi jelas, Anda tiba-tiba dilempar ke era ribuan tahun setelahnya. Karakter yang sama dengan sang adik yang sama – Yonah kini tinggal di sebuah desa kecil nan damai, di dunia yang tidak lagi kita kenali. Petualangan penuh misteri pun dimulai di sini.

Nier Replicant remaster jagatplay 10
Cerita kemudian bergerak ke karakter yang terlihat sama, namun kini di dunia yang tak lagi familiar.
Nier Replicant remaster jagatplay 27
Masih dalam misinya untuk menyelamatkan Yonah yang tengah sakit, karakter utama kita justru terserap dalam sebuah misteri besar.

Dengan pola berwarna hitam yang kian bertambah banyak di tubuh Yonah, karakter utama pun berjuang untuk mencari penyembuh yang seharusnya. Petualangan ini kemudian membuatnya bertemu dengan sebuah buku misterius yang mampu mengeluarkan kemampuan magis – Grimoire Weiss, yang juga efektif untuk menghancurkan monster bernama Shade yang kini mengancam hidup para manusia yang tersisa. Petualangan demi petualangan dilalui, beragam solusi obat dicoba, hingga sang karakter utama berujung bertemu dengan karakter pendamping lain seperti Kaine dan Emil.

Nier Replicant remaster jagatplay 88
Hadir dengan time-skip, perjalanan menyelamatkan Yonah pun semakin sulit.
Nier Replicant remaster jagatplay 110
Lantas, tantangan seperti apa yang menunggu karakter utama Anda?

Hingga di satu titik, desa mereka yang seharusnya damai tiba-tiba berujung diserang oleh sebuah Shade raksasa yang diketahui, ternyata dipimpin oleh seorang “raja” bernama Shadowlord. Shadowlord berhasil menculik Yonah dan mengalahkan sang karakter utama, Kaine, dan Emil yang sudah berjuang habis-habisan. Cerita pun bergerak melompat ke lima tahun ke depan, dengan karakter-karakter yang tumbuh dewasa dan menua. Bagi sang karakter utama? Ambisinya untuk menyelamatkan Yonah dari sang Shadowlord adalah yang terpenting.

Lantas, mampukah sang karakter utama menyelamatkan adik yang ia cintai – Yonah? Tantangan seperti apa yang harus ia hadapi? Apa yang sebenarnya membuat dunia NieR Replicant remaster berakhir seperti ini? Semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini bisa Anda dapatkan dengan memainkan NieR Relplicant remaster ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…