Review Persona 5: Berhasil Mencuri Hati!

Reading time:
April 18, 2017
Persona 5 jagatplay part 1 (167)

JRPG adalah sebuah genre yang unik, sebuah fakta yang tak terbantahkan. Berbeda dengan RPG barat yang seringkali menjual konsep role-playing dalam kebebasan untuk mengambil keputusan dan membangun karakter apapun yang Anda inginkan, RPG Jepang menitikberatkkan pada karakter memorable, musik yang indah, hingga cerita linear yang siap untuk membuat Anda penasaran. Ada begitu banyak JRPG yang bertebaran di pasaran saat ini dengan daya tarik yang cukup untuk membuatnya memiliki basis fans yang fanatik. Salah satunya adalah Persona , sebuah JRPG yang terus disempurnakan dari satu seri ke seri lainnya, lintas generasi. Sebuah seri yang membuat Atlus tumbuh menjadi developer yang  karyanya selalu diantisipasi.

Anda yang sudah membaca preview Persona 5 kami tentu sudah punya sedikit gambaran soal apa yang ditawarkan oleh game yang satu ini. Kami sendiri menyebutnya sebagai sebuah game yang super duper keren. Buat Anda yang tak familiar dengan franchise ini, seri teranyarnya ini akan membuat Anda jatuh hati sejak pandangan pertama, terutama jika Anda merupakan penggemar JRPG turn-based. Sementara Anda yang sudah mengikuti sepak terjang franchise ini sejak masa lampau, ia terasa seperti sebuah seri yang bahkan berhasil disempurnakan lebih jauh. Sejauh ini, Atlus membuat setiap detik penantian untuk rilis versi baratnya terbayarkan manis, termasuk untuk urusan musik sekalipun.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Persona 5 ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah game yang akan berhasil mencuri hati Anda? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Anda akan berperan sebagai seorang remaja pria yang berusaha menempuh
Anda akan berperan sebagai seorang remaja pria yang berusaha menempuh “hidup yang baru” di kota yang berbeda.

Satu yang menarik dari seri Persona adalah konsistensi untuk menghadirkan pelajar sekolah tinggi sebagai karakter utama, sesuatu yang juga ditawarkan oleh seri kelima ini. Anda akan berperan sebagai karakter pria tanpa nama berkacamata dengan tampilan keren yang harus berhadapan dengan sebuah situasi yang buruk – dikeluarkan dari sekolah lamanya.

Entah apa yang terjadi, namun sekelibat usaha Anda untuk menyelamatkan seorang korban pelecehan seksual justru menjadi bumerang untuk nama baik Anda.
Entah apa yang terjadi, namun sekelibat usaha Anda untuk menyelamatkan seorang korban pelecehan seksual justru menjadi bumerang untuk nama baik Anda.
Kini tinggal di sebuah kafe kecil, Sojiro Sakura menjadi
Kini tinggal di sebuah kafe kecil, Sojiro Sakura menjadi “wali” Anda yang baru.

Dengan sekelibat masa lalu memperlihatkan aksinya menyelamatkan seorang wanita dari potensi kejahatan pelecahan seksual, Anda tiba-tiba menemukan fakta bahwa karakter utama Anda justru menjadi pihak yang disalahkan. Pernah menikmati masa penjara dan kini dipaksa untuk pindah sekolah ke kota lain, Anda harus bersiap memulai “hidup yang baru” di sebuah kota yang masih terasa begitu asing. Adalah Sojiro Sakura – seorang pria tua pemilik kafe kecil yang siap menampung Anda. Dengan masa percobaan selama 1 tahun, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah mencari masalah yang cukup untuk membuat Anda ditendang kembali.

Namun seperti yang bisa diprediksi, hari sekolah Anda ternyata berakhir lebih “gila” dibandingkan dengan apa yang Anda pikirkan. Perjalanan biasa ke sekolah suatu hari tiba-tiba memerangkap Anda di dalam sebuah kastil misterius dengan raja yang menyerupai guru olahraga Anda. Tak hanya itu saja, Anda juga bertemu dengan seorang kucing yang bisa bicara bernama Morgana, yang berakhir menjadi penyelamat di saat yang genting. Sempat berada di kondisi terdesak dan hampir meregang nyawa karena eksistensi monster di dalam kastil yang menyeramkan, Anda tiba-tiba melahirkan sebuah makhluk kuat dari dalam tubuh Anda bernama Persona. Lewat kekuatannya, Anda berhasil selamat.

Perjalanan ke sekolah Anda suatu hari membuat Anda berakhir masuk ke dalam sebuah kastil misterius.
Perjalanan ke sekolah Anda suatu hari membuat Anda berakhir masuk ke dalam sebuah kastil misterius.
Di saat yang begitu genting, Anda membangunkan sebuah kekuatan baru dari dalam tubuh Anda bernama Persona.
Di saat yang begitu genting, Anda membangunkan sebuah kekuatan baru dari dalam tubuh Anda bernama Persona.

Pembicaraan lebih lanjut dengan Morgana membuka fakta bahwa yang Anda temui adalah sebuah tempat yang disebut sebagai “Palace”. Ia merepresentasikan intensi dan nafsu terjahat seseorang di dalam satu tempat. Karena sang guru olahraga melihat sekolah tak ubahnya kerajaan pribadinya bersama dengan budak dan selir, maka sekolah berubah menjadi kastil. Tak hanya itu saja, Palace juga seringkali lahir tingkah laku atau tindak kejahatan yang sudah mereka lakukan. Dengan kekuatan barunya, sang karakter utama, bersama dengan dua  teman yang akhirnya menemukan Persona mereka masing-masing – Ryuji dan Ann berusaha menundukkan Palace pertama mereka. Yang perlu mereka lakukan? Mencuri harta karun yang tersembunyi di dalam Palace itu sendiri.

Morgana menjelaskan bahwa dengan mencuri harta kartun terpenting di dalam Palace, Anda bisa mengubah hati dan tingkah laku sang pemilik Palace.
Morgana menjelaskan bahwa dengan mencuri harta kartun terpenting di dalam Palace, Anda bisa mengubah hati dan tingkah laku sang pemilik Palace.
The Phantom Thieves pun berusaha untuk menciptakan masyarakat Jepang yang lebih baik lewat kekuatan unik yang mereka miliki.
The Phantom Thieves pun berusaha untuk menciptakan masyarakat Jepang yang lebih baik lewat kekuatan unik yang mereka miliki.

Orang-orang yang harta karun di dalam Palace-nya tercuri akan mengalami perubahan tingkah laku yang signifikan. Seolah kehilangan semua niat jahatnya, mereka akan mengakui semua kejahatan terselubung mereka begitu saja ke publik dengan penuh penyesalan. Sadar akan kekuatan tersebut, sang karakter utama, Ryuji, Morgana, dan Ann memutuskan untuk membuat sebuah kelompok bernama The Phantom Thieves. Seperti halnya remaja-remaja penuh ambisi, mereka berniat untuk menyelesaikan beragam masalah sosial yang selama ini seolah dikesampingkan oleh orang-orang dewasa begitu saja. Tentu saja, semuanya dilakukan sembari meningkatkan popularitas The Phantom Thieves itu sendiri. Mereka harus menyakinkan publik, bahwa mereka mampu mencuri “hati” siapapun dan membuat dunia lebih baik.

Lantas, tantangan seperti apa yang harus mereka hadapi?
Lantas, tantangan seperti apa yang harus mereka hadapi?

Lantas, tantangan seperti apa yang harus dihadapi oleh para Phantom Thieves ini? Siapa yang akan menjadi musuh utama yang harus mereka lawan? Mampukah Phantom Thieves menghadirkan reformasi tatanan sosial dengan kemampuan baru mereka? Semua jawaban dari pertanyaan tersebut bisa Anda jawab dengan memainkan Persona 5 ini.

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…
March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…