Mass Effect 3: Tips & Trik

Reading time:
March 14, 2012
Mass Effect 3 491
You need tips and trick from me, Commander Shepard?

Sebagai salah satu game action RPG terbaik di jagat industri game, Mass Effect yang lahir dari tangan Bioware memang dikenal membawa mekanisme gameplay yang terhitung kompleks. Para gamer diberikan kebebasan lebih untuk menentukan jalur cerita yang diinginkan, sekaligus berhadapan langsung dengan setiap konsekuensi yang dapat muncul darinya. Mekanisme battlenya sendiri memang dibangun lebih sederhana dan mudah untuk dikuasai, namun bukan berarti dapat dianggap remeh begitu saja. Semua kerumitan yang terbungkus rapi ini lah yang menjadi daya tarik utama Mass Effect, termasuk seri penutup epiknya – Mass Effect 3.

Bioware tentu saja menyuntikkan beberapa fitur dan mekanisme gameplay yang baru untuk Mass Effect 3. Sebagian besar fitur tersebut memang menjadi penyederhanaan, pengembangan dan penyempurnaan dari fitur-fitur yang sudah ada di dua seri sebelumnya, tetapi tidak sedikit juga yang datang sebagai elemen baru yang menempati posisi yang krusial di dalam permainan. Jadi, tidak mengherankan jika Anda akan menemukan beberapa sistem yang terkesan “ambigu” dan tidak sepenting seri-seri dulu. Untuk membantu Anda merasakan game ini secara maksimal sekaligus mempermudah perjalanannya, seksi Tips & Trik ini dihadirkan. Apa saja yang perlu Anda perhatikan dari Mass Effect 3?

1. Kejar War Assests

Mass Effect 3 881
Kejar War Assets semaksimal mungkin!

Salah satu mekanisme baru yang dihadirkan Bioware di Mass Effect 3 adalah sistem War Assets yang didefinisikan sebagai kesiapan armada pimpinan Shepard untuk menghadapi serangan The Reapers. Bagi gamer? War Assets merupakan angka penting yang akan menentukan opsi ending yang mungkin Anda dapatkan di akhir permainan. Oleh karena itu, elemen yang satu ini memang memainkan peranan kunci yang tidak mungkin diabaikan. Usahakan untuk mengumpulkan War Assests sebanyak yang bisa Anda dapatkan, dari mengeksplorasi setiap sudut sistem antariksa, menyelesaikan sub-quest, dan memilih opsi terbaik di percakapan untuk memastikan bergabung armada perang yang lebih banyak. Bagi Anda yang membeli versi original? Sempatkan waktu untuk menikmati mode multiplayer online nya dan tingkatkan angka Readiness yang ada.

2. Abaikan Paragon dan Renegade!

Mass Effect 3 891
Jangan terperangkap pada sistem moral Mass Effect 3 yang tidak banyak berpengaruh

Gamer yang sudah mengenal seri Mass Effect sejak awal tentu mengenal dengan baik sistem “karma” yang diterapkan di Bioware di game ini. Status Paragon akan Anda dapatkan dengan mengambil keputusan dan tindakan yang dianggap “baik”, sementara Renegade diperoleh dengan berlaku keras, kejam, dan “jahat”. Jika seri sebelumnya, kedua poin ini cukup menentukan cerita yang ditempuh oleh Shepard, maka di Mass Effect 3, keduanya hanyalah merupakan kosmetik yang tidak signifikan. Oleh karena itu, abaikan angka Paragon dan Renegade yang akan Anda dapatkan dan berusahalah mengejar opsi terbaik (terutama yang berkaitan dengan War Assets), sebaik dan seburuk apapun hasilnya. Opsi yang terburuk? Keputusan yang membuat Anda kehilangan squad tempur yang ada.

3. Lebih Baik Pilih Skill dengan Gaya Min-Max

Mass Effect 3 73
Memilih skill dengan cara Min-Max akan membuat karakter Anda bertarung dengan lebih efektif

Bioware menyuntikkan jumlah skill yang cukup banyak untuk setiap pekerjaan yang diadaptasikan pada Shepard, termasuk anggota tim yang akan Anda temui. Memang bukan perkara mudah untuk memprediksikan skill mana saja yang akan berlaku efektif di dalam pertarungan dan harus dipilih. Saran kami? Dengan kebutuhan point yang meningkat untuk setiap level skill yang Anda pilih, ada baiknya Anda lebih berfokus pada satu atau dua skill yang ada dan melupakan sisanya atau Min-Max. Pilih skill yang paling sering Anda gunakan, tingkatkan hingga level maksimum, kemudian penuhi setidaknya satu skill pasif yang lain. Ini akan berjalan lebih efektif daripada Anda membuka semua skill yang ada dan tidak memaksimalkan satupun dari mereka.

4. Upgrade Senjata yang Anda Gunakan!

Mass Effect 3 Demo 215
Layaknya sebuah game RPG klasik, senapan-senapan ini merupakan equipment paling utama untuk memberikan damage. Pastikan Anda mengupgrade mereka!

Daripada sekedar mencari dan mengeksplorasi sistem untuk mencari senjata yang lebih kuat, Anda kini dapat memperkuat senjata yang Anda gunakan dengan sistem yang lebih sederhana. Anda hanya tinggal berkunjung ke lantai terbawa Normandy dan memilih salah satu terminal untuk melakukannya. Yang Anda butuhkan? Hanya uang yang cukup. Pastikan juga Anda memodifikasi senjata Anda dengan berbagai part yang ada, dari sekedar menambahkan akurasi hingga membuat damage Anda lebih besar. Untuk upgrade sendiri, Anda bisa melakukannya maksimal hingga level 5 untuk setiap senjata, dan level 10 jika Anda  memainkan new game plus. Mengarungi luasnya Mass Effect 3 tanpa memperkuat senjata? Seperti Anda memainkan sebuah game RPG klasik, berkunjung ke dungeon terakhir dengan senjata di level pertama.

5. Jadikan Shepard Anda sebagai Seorang Penggosip!

Mass Effect 3 44
Gosip apa tuh? apa tuh? apa tuh?

Semua sub-quest yang bisa Anda dapatkan dari Citadel memang seringkali ditemukan lewat people of interest yang terpampang jelas di map, namun tidak sedikit yang muncul dari gosip-gosip liar yang muncul dari percakapan karakter-karakter yang tidak signifikan. Jika Anda mendengar penduduk Citadel yang sedang berbincang dan muncul dalam bentuk subtitle di layar Anda, akan lebih bijaksana jika Anda mencari sumber percakapan tersebut dan menyimaknya. Mengapa? Karena kemungkinan besar Anda akan menemukan sub-quest “kecil” yang akan memberikan Anda ekstra uang, experience, atau bahkan war assets yang tentu saja penting di Mass Effect 3!

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…