30 Karakter Paling Memorable di Generasi Gaming Saat Ini!

Reading time:
December 9, 2013
30 Karakter Paling Memorable di Generasi Gaming Saat Ini!

Cerita, musik, kualitas visual, atau mekanik gameplay inovatif yang mampu tampil dengan begitu luar biasa, ada begitu banyak alasan yang membuat sebuah video game tampil begitu memorable. Namun satu elemen yang seringkali diabaikan begitu saja adalah kemampuan developer untuk membangun atau menciptakan karakter protagonis dan antagonis yang memorable di dalamnya. Karena pada akhirnya, kemampuan untuk membangun cerita dan atmosfer pengalaman yang menggugah akan sangat tergantung pada seberapa unik dan hidupnya sebuah karakter. Selama sepak terjang konsol generasi saat ini selama tujuh tahun terakhir, ada begitu banyak karakter memorable yang ditawarkan, terlepas dari apakah gamenya sendiri sukses atau tidak di pasaran.

Sebagian besar karakter ini tentu saja menawarkan keunikan yang terhitung kuat, membuatnya berbeda dibandingkan sebagian besar karakter game yang lain. Dipadukan dengan ekspresi wajah dan voice acts yang tepat, Anda tak ubahnya sedang berhadapan dengan seorang aktor di panggung theater atau film layar lebar yang tengah berusaha membawa Anda ke dunia yang berbeda. Sensasi yang sama juga ditawarkan di video game. Kombinasi antara voice acting dan kemampuan developer meramu engine untuk menghasilkan pengalaman yang lebih realistis menjadi senjata paling efektif untuk menghasilkan karakter yang akan secara konsisten dibicarakan hingga beberapa tahun ke depan, atau bahkan hingga dua atau tiga generasi setelahnya.

Lantas dari begitu banyak karakter yang dilahirkan selama tujuh tahun kiprah generasi gaming saat ini, siapa saja 30 karakter paling memorable menurut JagatPlay? Here we go:

30. Monkey [Enslaved – Odyssey to the West]

monkey

Sebagian besar dari kita tumbuh besar menonton, membaca, atau bahkan mendengar tentang kisah legenda China – Perjalanan Menuju ke Barat yang seringkali diputar di televisi swasta Indonesia. Perjuangan Tripitaka untuk mencari pencerahan ke Barat bersama dengan empat muridnya yang setia kini divisualisasikan ulang di Odyssey to the West, dengan karakter dan cerita yang dirombak ulang. Walaupun mengusung tema yang jauh berbeda, Anda masih merasakan kuatnya karakter Monkey yang masih berbagi identitas yang kentara dengan Sun Wukong. Di sinilah letak pesonanya.

29. Kaim Argonar [Lost Odyssey]

kaim argonar

Hidup abadi, dua kata ini seolah tumbuh menjadi impian begitu banyak orang. Kesempatan untuk menikmati hidup tanpa perlu berhadapan dengan kematian memang terdengar menggoda, namun ternyata tidak seindah yang dibayangkan. Kisah Kaim Argonar di salah satu JRPG terbaik generasi ini – Lost Odyssey mungkin menjadi bukti yang paling nyata. Karena pada akhirnya, absennya kematian harus dibayar dengan ratusan tragedi yang terjadi di depan mata dan hidup Anda sendiri. Kaim merepresentasikan semua rasa sakit tersebut.

28. Martin Walker [Spec Ops: The Line]

Spec Ops The Line (47)

Berapa banyak gamer yang sempat mengira bahwa Spec Ops: The Line akan menjadi sebuah game military shooter remehan? Namun kualitas 2K yang berdiri di belakang game ini ternyata menghasilkan kejutan ekstra. Mengekspos kekejaman perang secara eksplisit, Spec Ops berhasil membuktikan diri sebagai seri yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Roda penggerak pengalaman ini? Tentu saja terletak di pundak sang karakter utama – Martin Walker yang penuh dengan plot twist. Lewat desain karakter inilah, “magic” Spec Ops: The Line mungkin untuk bekerja sempurna.

27. Alex Mercer [Prototype]

alex mercer1

Apa yang Anda lakukan jika Anda berhasil mendapatkan sebuah kekuatan yang mampu menghancurkan apapun yang berada di tangan Anda saat ini? Terlepas dari nilai moral atau seberapa baiknya Anda, kekuatan akan mengubah cara Anda melihat dunia. Tanpa ketakutan, tanpa kewajiban untuk tunduk di bawah nilai sosial masyarakat, dan punya kemampuan untuk menentukan siapa yang hidup dan mati saat itu juga, Anda akan perlahan namun pasti, berubah menjadi Alex Mercer di Prototype. Mengejar balas dendam pribadi tanpa peduli dengan hidup orang lain, Radical membangun sebuah alur cerita yang luar biasa ketika menjadikan Mercer sebagai tokoh antagonis di Prototype kedua.

26. John Marston [Red Dead Redemption]

john marston

Berpuluh-puluh jam lamanya Anda berpetualang di dunia Barat yang liar, berperan sebagai seorang koboi bernama John Marston. Seorang koboi yang tidak hanya berusaha bertahan dengan nilai-nilai hidup yang ia yakini, tetapi juga koboi sama yang menjalani hidup penuh ancaman dari berbagai pihak. Marston membangun keterikatan emosional yang kuat, apalagi setelah beragam tragedi yang harus ia hadapi. Dengan pengalaman sinematik yang selalu tersedia di setiap sudut permainan, John Marston seolah menjalani hidup yang selama ini hanya bisa Anda impikan, setidaknya hingga ia terjebak dalam ending yang ditawarkan Rockstar.

Pages: 1 2 3 4 5 6
Load Comments

PC Games

August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…