15 Game Terbaik Squaresoft!

Reading time:
April 6, 2015

7. Parasite Eve II

pe 2

Setelah Lara Croft dari Tomb Raider, Aya Brea dari Parasite Eve boleh dibilang sebagai ikon karakter wanita sensual yang tidak bisa diabaikan di masa lalu, apalagi jika kita membicarakan si seri kedua. Anda yang sempat memainkan game ini tentu masih ingat dengan adegan mandi air panasnya di sebuah motel yang ikonik. Memori kembali ke otak Anda? Memang bukan perkara mudah untuk melupakan Aya Brea begitu saja. Bertempur dengan monster-monster aneh dengan beragam ukuran, Parasite Eve mengadopsi sistem action RPG berbasis senjata api. Aya sendiri juga diperkuat dengan beberapa serangan spesial yang mematikan. Namun satu yang memorable dari seri ini adalah tingkat kesulitan puzzle yang ada. Dengan dunia yang cukup luas dan begitu banyak item key yang harus dikumpulkan, hampir mustahil meyelesaikan game ini tanpa walkthrough sama sekali.

6. Kingdom Hearts

kingdom hearts

Sebuah konsep gila yang mungkin hanya bisa dieksekusi oleh Squaresoft. Kesuksesan Kingdom Hearts boleh dibilang menjadi salah satu bukti nyata mengapa developer asal Jepang tersebut pantas disebut sebagai salah satu yang terbaik. Bayangkan saja, mereka berani menggabungkan dunia Final Fantasy dan Disney yang boleh dibilang, tak punya banyak kesamaan. Tidak hanya melebur keduanya, mereka juga membangun karakter dan cerita baru di atas, yang bertindak sebagai benang merah kreatif untuk membuatnya tetap “masuk akal”. Hasilnya? Begitu fantastis. Dunia penuh warna dengan cerita yang kuat berpadu dengan pengalaman unik action RPG yang tidak pernah ada sebelumnya. Hal yang unik mengetahui bahwa Anda bisa bertemu Cloud, Squall, Sephiroth di satu kota yang sama dengan Chip n Dale, Goofy, dan Donald. Kegilaan yang terbayar manis.

5. Final Fantasy Tactics

final fantasy tactics

Dari semua seri Final Fantasy yang sempat meluncur ke pasaran, Final Fantasy Tactics memang tidak bisa diabaikan begitu saja. Pendekatan genre strategi ke dalam franchise berbasis “ATB” ini dieksekusi nyaris sempurna di semua elemen yang ada. Kekuatan cerita, dialog setiap karakter yang terangkai solid, sistem pertempuran yang kompleks, hingga elemen Final Fantasy yang mengakar kuat membuatnya jadi salah satu game strategi yang tidak boleh terlewatkan, tidak hanya di kala itu, tetapi juga saat ini. Mengatur strategi dengan begitu banyak kelas karakter yang masing-masing punya daya tarik dan kemampuan berbeda juga begitu adiktif dan menantang.

4. Vagrant Story

vagrant story

Dari semua game yang sempat dirilis Squaresoft di masa lalu, Vagrant Story adalah game pertama yang membuat kami angkat tangan, mengumpat, dan akhirnya – beralih pada Gameshark untuk memastikan diri mampu menyelesaikannya. Ada yang begitu luar biasa dari game yang satu ini. Kita tidak hanya membicarakan kekuatan karakter dan dialog yang seolah memerangkap Anda pada dunia medieval penuh puisi yang indah dan mencekam di saat yang sama. Vagrant Story juga memuat salah satu mekansime game action RPG terkompleks yang pernah ada. Berbasis pada senjata apa yang Anda gunakan, Anda akan disuguhi dengan serangkaian skill yang hanya bisa diaktifkan dengan jarak terbatas. Uniknya lagi? Setiap senjata punya efektivitas tersendiri pada ras musuh yang ada. Berusaha membunuh Minotaur dengan senjata yang tidak punya spesialisasi di ras tersebut? Selamat menikmati damage “1” yang terus terpampang di layar, sementara Minotaur dengan HP 5.000 ini memangsa Anda seperti boneka kapas. Salah satu yang cukup memorable dari Vagrant Story juga berasal  dari tingkat kesulitan puzzle-nya yang siap untuk mengoyak mental Anda dan meninggalkan Anda dengan rasa frustrasi.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…