15 Game Terbaik Squaresoft!

Reading time:
April 6, 2015

3. Final Fantasy VI

final fantasy vi

Sebutkan satu seri Final Fantasy terbaik menurut Anda? Final Fantasy VII mungkin hadir dengan visual 3D, VIII dengan FMV pertama memesona, IX dengan dunia fantasi yang indah, X dengan voice acts, XI dengan online, dan XII dengan konsep MMO yang kentara, namun hampir semua gamer Final Fantasy tampaknya setuju satu hal – bahwa Final Fantasy VI lah yang pantas untuk menyandang predikat sebagai yang terbaik. Ia memuat villain paling kejam di sepanjang sejarah – Kefka yang ingin menghancurkan dunia hanya karena ia suka dengan kekosongan dan kehancuran, tanpa ada motif lain apapun. Namun di luar itu, ia memuat begitu banyak elemen luar biasa. Musik di setiap momen yang memanjakan telinga, cerita kuat yang bahkan mampu berfokus pada sisi cerita tiap karakter, momen memorable yang emosional, hingga mengejutkan.

2. Chrono Trigger

chrono trigger

Salah satu game JRPG terbaik yang pernah ada, predikat yang satu ini juga pantas disandang oleh Chrono Trigger. Tentu bukan karena karakter bisu kita yang tampaknya tidak punya banyak cara untuk mengekspresikan diri. Namun daya tarik Chrono Trigger tidak hanya berasal dari karakter dan cerita yang ada, tetapi juga mekanik  gameplaynya yang terhitung revolusioner di kala itu. Mengadopsi sedikit elemen action di dalamnya,  Chrono Trigger boleh dibilang bisa disebut sebagai game RPG yang terbuka. Anda diberi kebebasan sendiri untuk menentukan arah Anda bergerak, bahkan kapan tepatnya Anda hendak melawan sang boss terakhir – Lavos. Apakah Anda ingin menyelesaikan game ini super cepat? Atau Anda lebih tertarik untuk menyelaminya lebih dalam? Keputusan tersebut juga akan menentukan ending seperti apa yang Anda dapatkan. Di luar gameplay dan cerita, Chrono Trigger juga memuat musik-musik terbaik di sepanjang sejarah JRPG. Hari Anda sedang buruk? Mainkan Frog Theme, dan serap tenaganya!

1. Xenogears

xenogears wallpaper

Jika Anda bertanya pada semua orang yang pernah menyelesaikan Xenogears di masa lalu, mengapa mereka begitu mencintai game yang satu ini? Hampir sebagian besar dari mereka, kami yakin seperti kami, tidak pernah memiliki jawaban yang pasti mengapa. Sebagai awal, beberapa gamer mungkin langsung jatuh hati pada karakter dan pertempuran mecha raksasanya yang memesona. Beberapa mungkin jatuh cinta pada musik atau kualitas visual yang di kala itu begitu unik. Beberapa hanya mengingat sedikit soal waktu gameplay yang bisa mencapai 80-100 jam untuk tiba di akhir permainan. Namun ketika Anda bertanya soal plot yang diusung, sebagian dari kita akan terdiam. Terlepas dari semua konsep yang ia tawarkan, Xenogears memuat jalan cerita yang bisa disimpulkan, super berat, sesuai yang tidak pernah bisa dicapai oleh otak remaja di kala itu, yang sulit untuk mencerna setiap filosofi yang ia lemparkan. Membicarakan Tuhan dan Eve dalam format yang berbeda, meleburnya dalam pencapai teknologi seperti sebuah monumen bernama Zohar, ditambah dengan permasalahan kepribadian si karakter utama yang juga ternyata memiliki sisi jahat, Xenogears adalah satu game JRPG terkompleks yang pernah ada di industri game. Dan untuk alasan itu saja sudah cukup untuk membuatnya masuk sebagai game JRPG terbaik yang pernah diracik oleh Squaresoft.

Artikel ini semata-mata tentu saja dirilis untuk mengajak sebagian besar gamer yang sempat tumbuh besar dengan Playstation, untuk bercermin di masa lalu dan menemukan kembali alasan mengapa kita begitu jatuh hati dengan Squaresoft. Alasan yang sama mengapa kita begitu kecewa dengan tindak-tanduk Square Enix saat ini, yang bahkan tidak mampu memperlihatkan performa sepersepuluh dari apa yang dicapai Squaresoft dalam waktu singkat. Tentu saja, artikel ini juga berfungsi sebagai list rekomendasi, untuk gamer-gamer muda yang bahkan tidak pernah mendengar nama “Squaresoft” sebelumnya. Jika Anda termasuk gamer yang mengklaim diri sebagai pecinta JRPG, maka di atas adalah daftar game-game yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Tidak ada Playstation pertama? Anda selalu bisa mengandalkan emulator.

Sebagai seorang gamer yang begitu memuja Squaresoft di masa lalu, tidak ada harapan yang lebih besar bagi kami, untuk melihat developer Jepang ini kembali menguasai pasar dengan judul game-game berkualitas di persaingan platform generasi terbaru ini. Ada mimpi untuk melihat mereka berani mengambil resiko dan menghidupkan kembali franchise-franchise luar biasa. Karena apa yang terjadi di lapangan sekarang memang begitu mengkhawatirkan, apalagi melihat fokus game mobile mereka yang kian gencar dilakukan selama beberapa tahun terakhir ini. Kami jadi membayangkan, kira-kira skenario seperti yang akan muncul saat ini, jika deal 1 April 2003 itu tidak pernah terjadi.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Dari semua game yang sempat diluncurkan Squaresoft di masa lalu, mana yang menjadi favorit Anda?

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…