Review Legend of Zelda – Breath of the Wild: Kualitas Legendaris!

Reading time:
March 14, 2017
Legend of zelda breath of the wild jagatplay part 1 (5)

Zelda adalah sebuah nama yang tumbuh menjadi bagian yang tak terpisahkan dari industri game, terlepas apakah Anda termasuk penggemar Nintendo ataupun tidak. Eksistensinya selama puluhan tahun dengan genre yang definitif memang tumbuh menjadi kekuatan yang selalu diandalkan Nintendo setiap kali mereka meluncurkan produk baru ke pasaran. Gamer yang tak familiar mungkin melihat ini sebagai sebuah bentuk eksploitasi “malas” karena satu judul sama yang muncul berkali-kali. Namun tak ada satupun seri Zelda yang bisa dibilang “sama”. Tak sekedar menawarkan cerita atau tema baru, Nintendo juga secara konsisten menambahkan pendekatan visual, karakter, hingga mekanik gameplay yang berbeda. Seperti yang mereka tawarkan di seri terbaru – Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Anda yang sempat membaca preview kami sebelumnya sepertinya sudah punya sedikit gambaran soal apa yang ditawarkan oleh game yang satu ini. Konsep open-world fantastis yang membuat proses eksplorasi menjadi kegiatan yang terasa penuh penghargaan digabungkan dengan mekanik gameplay yang bekerja sempurna lewat physics dan logika membuatnya berakhir begitu istimewa. Di sisi yang lain, ia juga membuat Breath of the Wild terasa menyegarkan dan adikitf di saat yang sama. Terlepas dari sisi cerita yang sepertinya sudah kita sudah seringkali kita dengar di beragam media yang ada, Breath of the Wild juga berhasil membuat kisah “menyelamatkan” sang putri ini berakhir menjadi sesuatu yang fantastis, menegangkan, dan emosional di saat yang sama.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Legend of Zelda: Breath of the Wild ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai game dengan kualitas yang legendaris? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda!

Plot

Anda kembali akan menyelamatkan Hyrule sebagai Link.
Anda kembali akan menyelamatkan Hyrule sebagai Link.

Seperti seri Legend of Zelda sebelumnya, Anda kembali akan berperan sebagai Link di sini. Jika Anda termasuk gamer yang masih bingung dengan siapa “Link” yang memang seringkali berakhir salah dikenali sebagai “Zelda”, ia merupakan tokoh protagonis utama dari franchise yang sudah eksis selama puluhan tahun ini. Karakter Zelda yang menghiasi nama judul utamanya selama ini merupakan sosok sang putri yang seringkali berakhir menjadi fokus dalam cerita, terlepas dari tema apapun yang hendak ditawarkan. Jadi, jangan sampai Anda tak bisa lagi membedakan keduanya.

Di Breath of the Wild, Link tiba-tiba terbangun dari tidur panjangnya. Berinteraksi dengan beberapa orang di awal, Anda mulai memahami bahwa Kerajaan Hyrule saat ini berada di ujung tanduk. Bahwa entitas penuh kehancuran bernama Calamity Ganon sudah eksis selama 100 tahun terakhir ini dan siap untuk mengakhiri segala sesuatunya. Untungnya, dengan kekuatan magisnya yang terbatas, Princess Zelda berhasil menahan kekuatan tersebut di Kerajaan Hyrule selama kurun waktu yang sama. Pelan tapi pasti, Link mulai mengetahui siapa sebenarnya  dirinya. Bahwa ia lah kesatria legendaris Hyrule yang sempat berusaha mengalahkan Ganon 100 tahun yang lalu. Namun pertempuran bersama dengan 4 kesatria terkuat Hyrule yang berasal dari beragam ras yang dikenal sebagai Champions tersebut berakhir gagal.

Link terbangun di sebuah area misterius tanpa ingatan sama sekali.
Link terbangun di sebuah area misterius tanpa ingatan sama sekali.
Namun seiring dengan perjalanan, ia mulai mengenali dirinya sebagai kestaria pilihan Zelda yang gagal menghancurkan Calamity Ganon 100 tahun yang lalu.
Namun seiring dengan perjalanan, ia mulai mengenali dirinya sebagai kestaria pilihan Zelda yang gagal menghancurkan Calamity Ganon 100 tahun yang lalu.

Kini, ia harus menyelesaikan apa yang ia mulai di masa lalu. Pertempuran 100 tahun yang lalu berakhir bencana besar karena kombinasi teknologi mekanikal yang didesain untuk mengalahkan Calamity Ganon – Guardians dan Divine Beast justru berbalik menyerang mereka dan berakhir, dikendalikan oleh Ganon. Memulai segala sesuatunya kembali dari titik nol, Link kini harus mendapatkan kembali ingatannya soal signifikan peran Zelda dalam hidupnya, membebaskan Divine Beast dari pengaruh Ganon, menghancurkan para Guardians yang masih mengancam, menyelamatkan Zelda, dan membawa kedamaian ke Hyrule.

Ia kembali harus mengambil alih kendali para Divine Beasts yang awalnya didesain untuk menghancurkan Ganon.
Ia kembali harus mengambil alih kendali para Divine Beasts yang awalnya didesain untuk menghancurkan Ganon.
Dan tentu saja menyelamatkan Zelda yang sudah berusaha menahan tumbuhnya entitas tersebut selama 1 abad terakhir.
Dan tentu saja menyelamatkan Zelda yang sudah berusaha menahan tumbuhnya entitas tersebut selama 1 abad terakhir.

Lantas, tantangan seperti apa saja yang harus dihadapi oleh Link? Bagaimana perjalanan perang mereka di 100 tahun yang lalu? Apakah Zelda akan berakhir selamat? Semua jawaban dari pertanyaan tersebut bisa Anda dapatkan dengan memainkan Breath of the Wild ini.

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…