JagatPlay: Game of the Year 2017

Reading time:
December 30, 2017

Best Graphic Quality: Horizon Zero Dawn

Playstation 4 kembali memperlihatkan tajinya sebagai konsol dengan optimalisasi yang fantastis. Setelah berkutat dengan seri Killzone untuk waktu yang sangat lama, Guerrilla Games akhirnya melemparkan produk teranyar mereka – Horizon Zero Dawn di awal tahun. Hadirnya DECIMA Engine yang lebih sempurna menghasilkan sebuah game open-world yang luar biasa. Detail visual yang ditawarkan Horizon Zero Dawn hanyalah awal dari pengalaman visual yang ditawarkan. Begitu Anda menyelami dunianya yang dipenuhi dengan vegetasi yang ikut berayun bersama dengan angin dan cuaca yang dinamis, maka serangkaian efek partikel yang muncul ketika Anda berusaha menundukkan sebuah robot dinosaurus raksasa yang begitu mengancam, keren, brutal, tetapi juga futuristik di saat yang sama adalah sebuah pengalaman yang memang, tidak tergantikan di tahun 2017 ini.

Best Story: Horizon Zero Dawn

Tahun 2017 adalah tahun dimana industri game bergerak menjadi media yang lebih dari sekedar menawarkan hiburan semata. Ada beberapa usaha untuk menjadikannya sebagai ruang cerita interaktif yang lebih interaktif untuk menyentuh tema yang sensitif, seperti yang dilakukan Ninja Theory dengan Hellblade, misalnya. Namun kekaguman pantas diarahkan untuk apa yang diracik oleh Guerrilla Games dengan Horizon Zero Dawn itu sendiri. Bahwa penantian yang begitu lama terkait misteri mengapa sebuah suku dengan persenjataan terbatas bisa hidup di sebuah dunia yang dipenuhi dengan beragam robot raksasa berakhir manis. Penjelasan untuk dunia post post-apocalyptic ini berakhir rasional, dengan lore yang bahkan menyentuh beragam celah pertanyaan potensial soal apa yang bisa atau tidak bisa terjadi. Sebuah pemenuhan yang pantas untuk diacungi jempol. Guerrilla sebenarnya bisa saja “malas” dengan mengarahkan semua cerita ini pada alien atau sebuah kekuatan yang tidak bisa Anda mengerti. Namun yang terjadi justru sebaliknya. Ia dijelaskan dalam sebuah benang merah cerita yang secara rasional bisa diterima dan percaya atau tidak, mungkin terjadi di dunia nyata. Pada saat yang sama, tetap melemparkan kritik terselubung pada isu lingkungan, kekhawatiran pada masalah perkembangan teknologi, sekaligus sifat serakah manusia yang sepertinya, tidak terelakkan.

Best Racing: Gran Turismo Sport

Sony akhirnya kembali. Setelah kegagalan Driveclub dan dominasi nama Forza di produk kompetitor yang bahkan didorong menjadi salah satu daya tarik utama, proyek perdana Gran Turismo untuk Playstation 4 akhirnya tiba! Memanfaatkan dengan cukup optimal ekstra performa yang mereka dapatkan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Gran Turismo Sport menjadi game racing dengan presentasi yang luar biasa. Diperkuat dengan Photo Mode, apalagi dengan mode baru – SCAPES yang fenomenal, batas antara nyata dan tidak pun menjadi kian kabur dengan implementasi yang fantastis. Satu yang cukup mengejutkan? Polyphony juga sepertinya mengerti dan memahami bahwa ada banyak gamer pendatang baru yang sekedar ingin terjun ke seri ini karena rasa penasaran belaka. Membuka ruang baru di luar sensasi simulasi yang memang melekat kuat pada namanya, Sport juga berujung bersahabat dengan gamer pendatang baru. Kerennya lagi? Update teranyar yang disuntikkan juga menghadirkan mode single-player yang sudah diminta oleh para fans, secara cuma-cuma.

Best RPG: Persona 5

Bagi gamer yang mengikuti sepak terjang Persona sebagai franchise JRPG, selalu menakjubkan untuk melihat langkah apa yang akan ditempuh oleh Atlus untuk membawa franchise ini ke level yang lebih tinggi. Bagaimana caranya ia meramu cerita yang lebih berkesan, musik yang lebih fantastis, gaya dengan cita rasa anak muda yang lebih kental, karakter yang lebih menarik, tema utama yang lebih merefleksikan realita sosial, hingga gameplay yang lebih menuntut Anda untuk mengatur waktu antara menjadi seorang tokoh superhero atau seorang pelajar biasa dibandingkan dengan seri sebelumnya. Lewat Persona 5, semua batas tersebut terlampaui dengan kualitas yang siap untuk membuat gamer JRPG manapun jatuh hati. Pilihan yang tepat di semua elemen kemudian terikat dengan sebuah benang kreativitas yang secara ajaib, menghadirkan kepada Anda sebuah game JRPG yang siap untuk membuat Anda jatuh hati sejak pandangan pertama.

Pages: 1 2 3 4 5 6
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…

PlayStation

April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…
March 9, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Housemarque (RETURNAL)!

Housemarque dan rilis konsol terbaru Playstation memang jadi kombinasi tidak…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…