JagatPlay: Game of the Year 2017

Reading time:
December 30, 2017

Best PC Exclusive: Divinity – Original Sin 2

Mendefinisikan kembali kata “Role-Playing” di dalam sebuah game RPG, itulah yang ditawarkan oleh Larian Studios lewat seri Divinity: Original Sin 2 yang memesona. Alih-alih menyediakan kepada Anda sebuah petualangan yang terkunci dan tertutup sesuai dengan skenario utama sang penulis cerita, ia memungkinkan Anda untuk meracik cerita Anda sendiri. Di atasnya, ia memuat gameplay yang tetap menuntut sebuah strategi yang akan memeras otak Anda, bahkan di skala pertarungan sekalipun. Kebebasan yang nyaris absolut memang menjadi kekuatan utama Divinity – Original Sin 2, dimana Anda tidak pernah dikurung untuk hanya punya satu solusi atau gaya untuk berhadapan dengan setiap tantangan yang ada. Ada banyak solusi, ada banyak eksperimen yang bisa Anda eksekusi, ada banyak karakter yang bisa digunakan dengan latar belakang cerita yang solid, dan ada begitu banyak misi sampingan dan utama yang bisa Anda selesaikan atau, lewatkan begitu saja. Kombinasi ini menghasilkan sensasi permainan peran yang sesungguhnya, sebuah game RPG yang memfasilitasi apa yang ingin Anda kejar, ingin Anda capai, dan berujung pada rasa pencapaian dan penghargaan yang terbayar manis di akhir.

Best Music: NieR Automata

Sebuah game yang berakhir lebih dalam daripada yang kita bayangkan, tidak ada lagi kalimat yang lebih tepat untuk menjelaskan apa yang ditawarkan oleh Platinum Games dan Yoko Taro lewat NieR: Automata. Sebagian dari Anda mungkin jatuh hati karena desain karakter utama yang super sensual – 2B, namun kami yakin, bertahan karena cerita hingga gameplay yang menawan. Jika ada satu elemen dari NieR: Automata yang berakhir begitu fantastis adalah musik pengiring yang menemani Anda selama menyelami dunia penuh misteri ini. Tangan dingin sang komposer – Keiichi Okabe berhasil melahirkan sensasi misterius dan juga magis di hampir setiap detik perjalanan Anda di dunia yang sepertinya memang, tidak lagi memuat banyak harapan ini. Diperkuat dengan lirik dengan bahasa yang tak bisa Anda mengerti, ia mampu memperkuat atmosfer dan memproyeksikan emosi yang kuat dengan apa yang Anda lihat di depan layar kaca Anda. Sebuah kombinasi fantastis yang membuat pengalaman NieR Automata kian tak terlupakan.

Best Strategy: Mario X Rabbids – Kingdom Battle

Pernahkah Anda membayangkan dua ikon industri game yang berbeda – Mario dan Rabbids di satu ruang yang sama? Tidak hanya itu saja, keduanya juga melebur tidak dalam game action atau platformer, tetapi sebuah game strategi dengan pendekatan ala XCOM dengan semua kompleksitasnya. Ditangani oleh Ubisoft, proyek eksklusif untuk Nintendo Switch ini berakhir fantastis. Kesetiaan untuk mempertahankan daya tarik dunia Mario yang ceria dan penuh warna, tetapi tetap memastikan karakter dan kepribadian gila para Rabbids yang tetap tercermin optimal, Mario + Rabbids Kingdom Battle akan membuat Anda jatuh hati sejak pandangan pertama. Kehadiran beragam senjata dan manuver yang bisa Anda lakukan untuk mengalahkan ragam tantangan yang ada, apalagi dengan konten ekstra yang tetap bisa dijelajahi setelah menyelesaikan cerita utama, membuatnya tampil sebagai sebuah game strategi yang solid. Ini bukanlah sekedar sebuah game yang sekedar “menjual” Mario dan Rabbids saja, tetapi berhasil mengemuka sebagai game strategi yang siap untuk membuat penggemar genre yang satu ini, jatuh hati karena kualitasnya.

Best Trailer Announcement for 2018 Release: Spiderman PS4

Seperti halnya tahun 2017, tahun 2018 juga terlihat seperti sebuah tahun yang siap untuk membuat dompet gamer kosong dalam waktu yang cepat. Lusinan game raksasa dengan hype luar biasa siap menyambut Anda, bahkan dari awal tahun sekalipun. Memilih satu game yang paling diantisipasi dari jajaran tersebut tidak mudah. Setiap developer yang hadir di panggung utama sekelas E3, Gamescom, Paris Games Week, hingga TGS juga melemparkan rangkaian screenshot dan trailer yang tidak kalah menggoda. Namun apa yang ditawarkan oleh Insomniac Games lewat trailer gameplay dan cerita Spiderman yang akan meluncur di tahun 2018 mendatang, memang berbeda. Ia seolah menegaskan komitmen bahwa ini akan jadi game Spiderman terbaik yang pernah Anda nikmati sejauh ini, dengan kualitas visual memesona yang dibalut dengan skema open-world yang indah. Di beberapa momen, Anda juga akan melepas topeng manusia laba-laba tersebut dan menikmati cerita dari kacamata seorang Peter Parker, yang tentu saja, berkesempatan untuk menawarkan pengalaman Spiderman yang definitif. Ditambah dengan banyak bumbu misteri dan potensi, seperti kehadiran Miles Morales yang dikonfirmasikan misalnya, tahun 2018 memang tidak bisa lagi datang lebih cepat.

Pages: 1 2 3 4 5 6
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…

PlayStation

April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…
March 9, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Housemarque (RETURNAL)!

Housemarque dan rilis konsol terbaru Playstation memang jadi kombinasi tidak…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…