JagatPlay: Game of the Year 2017

Reading time:
December 30, 2017

Best Female Character: Senua

Mengembangkan seorang karakter wanita yang punya kepribadian yang kuat dan tidak mengandalkan desain tubuh atau kostum yang sensual yang “menjual” memang bukan pekerjaan yang mudah. Namun menyuntikkan sebuah kelemahan besar ke dalamnya dan kemudian menjadikannya sebagai sumber diskusi efektif untuk sebuah tema yang jarang dieksplorasi industri game sebelumnya adalah sebuah pencapaian di level yang lebih tinggi. Hal inilah yang ditawarkan oleh Ninja Theory pada sosok Senua di Hellblade. Bahwa wanita super tangguh yang satu ini tidak hanya harus bertarung melawan kerasnya alam masa lalu, tetapi juga isi pikirannya sendiri. Suara-suara yang terus muncul, menemani trauma yang sepertinya menolak untuk tenggelam begitu saja. Hasilnya? Adalah seorang karakter wanita yang luar biasa. Seorang pejuang yang tangguh, tetapi rentan di saat yang sama. Seorang karakter wanita yang sudah berhadapan dengan begitu banyak hal menakutkan, tetapi terus bergerak maju untuk mencari sebuah jawaban yang belum tentu ia temukan di akhir. Keunikan Senua mungkin berakhir jadi sesuatu yang tak akan lagi Anda temukan dala waktu dekat di industri game.

Best Action-Adventure: The Legend of Zelda – Breath of the Wild

Sebuah game action “adventure”, kapan terakhir Anda bertemu dengan game di genre ini yang memang benar-benar menawarkan sensasi petualangan yang fantastis? Bahwa alih-alih meminta Anda untuk menyelesaikan serangkaian misi sampingan repetitif dan reward yang terasa tidak menggoda, game ini memang didesain untuk mendorong Anda menjelajahi setiap celah dunia yang ada. Dibantu dengan kemampuan memanjat sebagian besar hal yang Anda temui, dari bangunan hingga gunung sekalipun, Breath of the Wild menyimpan begitu banyak rahasia secara horizontal ataupun vertikal. Di setiap langkah kaki, derap kuda, atau jarak yang Anda lewati dengan berselancar dengan menggunakan perisai Anda ketika hujan, fokus pada eksplorasi in memang menawarkan atmosfer petualangan yang begitu kental. Anda tidak pernah tahu apa yang akan Anda temui di setiap sudut Hyrule yan baru Anda singgahi. Puzzle? Musuh baru? Monster raksasa? Atau jangan-jangan, rangkaian equipment super kuat?

Best Platformer: Super Mario Odyssey

Bukan Nintendo namanya jika Anda tidak menemukan nama Mario di sana, untuk setiap generasi platform yang meluncur ke pasaran. Namun menawarkan sebuah proyek ambisius di tahun pertama rilis dengan kualitas yang fantastis? Hal inilah yang akan Anda dapatkan dari Super Mario Odyssey. Walaupun di atas permukaan, ia terasa seperti sebuah game open-world dengan kemampuan untuk merasuki beragam objek dan musuh yang ada, namun intisarinya tetap berkisar pada usaha untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya seefektif mungkin. Kali ini, dengan mencari bahan bakar “Moon” yang jadi sumber tenaga kapal Mario – Odyssey sebagai motivasi utama. Desain level yang hadir dengan bentuk dan ragam tantangan tersebar di beragam dunia yang juga terbagi dalam rangkaian tema yang berbeda satu sama lain. Kebutuhan untuk melompat dari satu platform ke platform lain ini selalu punya ruang terbuka untuk Anda eksploitasi selama Anda punya keahlian untuk memanfaatkan variasi kemampuan melompat Mario. Tidak pernah terasa membosankan, selalu membuat Anda secara konstan berpikir, dengan kesempatan bagi Anda untuk menguji keahlian Anda melompat, Super Mario Odyssey adalah sebuah game platformer yang luar biasa.

Best FPS: Wolfenstein II – The New Colossus

Seolah kian mengukuhkan dan menundukkan sebuah stigma bahwa game “berkualitas” harus menyuntikkan sebuah mode multiplayer di dalamnya, Bethesda dan MachineGames kembali membuktikan bahwa pernyataan tersebut tidak lebih dari sebuah omong kosong jika kita berbicara soal Wolfenstein. Setelah “New Order” yang berhasil menawarkan sebuah perjalanan yang brutal, menegangkan, dan menggugah di satu ruang yang sama, hadirlah seri sekuel – New Colossus yang bahkan berhasil membawa game ini ke level lebih tinggi. Kemampuan MachineGames untuk meracik cerita, karakter, hingga sekuens gameplay yang ada membuat New Colossus berujung jadi game FPS dengan kualitas yang luar biasa. Ada banyak inovasi berusaha mereka tawarkan, dari skema dunia yang sedikit lebih terbuka hingga sistem misi sampingan yang tak kalah serunya untuk Anda kejar. Namun yangn fantastis di mata kami adalah kemampuan untuk meracik sebuah game action yang padat, intens, gila, tetapi tetap mempertahankan karakter yang dalam dan emosional di saat yang sama.

Pages: 1 2 3 4 5 6
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…

PlayStation

April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…
March 9, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Housemarque (RETURNAL)!

Housemarque dan rilis konsol terbaru Playstation memang jadi kombinasi tidak…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…