JagatPlay: Game of the Year 2017

Reading time:
December 30, 2017

Best Studio / Developer: Nintendo

nintendo logo

Tahun 2017 sepertinya memang jadi tahun untuk Nintendo, tidak lagi bisa dibantah. Belajar banyak dari apa yang terjadi dengan Nintendo Wii U di generasi sebelumnya, mereka berhasil memastikan bahwa Switch adalah sebuah produk yang punya nasib 180 derajat berbeda di tahun pertama rilis. Switch memang masih belum sempurna dan kehilangan banyak fitur “standar” yang seharusnya dimiliki oleh konsol generasi terkini. Namun komitmen yang diperlihatkan selama satu tahun terakhir ini, memang pantas untuk diacungi jempol. Switch memiliki game rilis tahun pertama terbaik di sepanjang sejarah industri game, dengan begitu banyak eksklusif yang berhasil mencuri hati banyak gamer. Tetapi bukan hanya soal itu saja. Komitmen Nintendo untuk terus melahirkan game-game yang berfokus pada pengalaman single-player di tengah argumen dan ketakutan bahwa kita akan perlahan tapi pasti, bergeser ke “hanya” game multiplayer seolah menjadi cahaya terang di terowongan gelap. Terlepas dari potensi besar untuk mendulang banyak uang darinya pula, tidak ada keserakahan dan ketamakan untuk menjual item dalam format lootbox atau sekedar DLC berbayar dengan konten minim, misalnya. Mereka juga tidak lagi ragu untuk menjajal hal baru untuk memperluas pasar yang ada, dari membiarkan game dengan tema “sensual” kentara untuk menjaring pasar berbeda hingga ketidakraguan untuk berkolaborasi dengan Ubisoft untuk proyek Mario + Rabbids, misalnya.

JagatPlay’s Game of the Year: The Legend of Zelda – Breath of the Wild

Legend of Zelda breath of the wild part 2 67

Di tengah mulai stagnannya game open-world yang mulai berubah menjadi game repetitif yang meminta untuk menyelesaikan beragam ikon yang tertera di peta sebanyak mungkin untuk mendapatkan ending sempurna atau mendapatkan senjata terkuat, Breath of the Wild hadir sebagai revolusi yang mengubah hal tersebut. Sebuah game open-world yang justru datang dengan skema peta buta yang tidak memuat informasi apapun untuk Anda, mendorong proses eksplorasi sebagai salah satu aktivitas yang direkomendasikan. Desain dunia yang secara konsisten terus memberikan Anda tantangan demi tantangan juga difasilitasi dengan kemampuan untuk menandai apa yang Anda temukan di peta. Kerennya lagi? Terlepas dari visual yang tidak terlalu terlalu ajaib, physics adalah salah satu kekuatan yang membuatnya terasa berbeda. Bahwa apa yang Anda pikirkan bisa terjadi dan dilakukan di dunia nyata, sebagian besar biasanya akan berakhir bisa dilakukan di Breath of the Wild. Memainkan Breath of the Wild berakhir menjadi salah satu pengalaman gaming paling seru, menyegarkan, menyenangkan, dan menegangkan yang kami dapatkan di tahun 2017 ini.

JagatPlay’s Readers – Most Anticipated Games for 2018

Monster Hunter World

monster hunter world 600x338 1

Dengan suara sekitar 11% dari total suara yang masuk selama proses voting, pembaca JagatPlay memilih game action RPG perburuan monster dari Capcom – Monster Hunter World sebagai game yang paling mereka antisipasi di tahun 2018 mendatang.

JagatPlay’s Readers – Game of the Year 2017

Persona 5

persona 51

Pertarungan yang super sengit terjadi dalam pemilihan Game of the Year 2017 versi pembaca JagatPlay yang sempat kami selenggarakan beberapa waktu yang lalu. Pertempuran hingga menit terakhir sebelum batas waktu voting resmi ditutup, dua nama besar – Persona 5 dari Atlus yang dilepas untuk Playstation 4 dan Playstation 3 bertarung berhadap-hadapan dengan Legend of Zelda: Breath of the Wild yang tersedia untuk Nintendo Switch dan Nintendo Wii U. Dengan selisih HANYA 2 suara saja, 222 suara melawan 220 suara, Persona 5 adalah Game of the Year 2017 – versi JagatPlay’s Readers.

Di atas adalah game dan elemen gaming terbaik di tahun 2017 menurut versi JagatPlay. Sebagian besar tentu saja dipilih berdasarkan pengalaman yang berhasil mereka tawarkan, baik di satu platform, maupun lintas platform yang ada.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Setujukah Anda dengan pilihan kami di atas? Jangan ragu untuk meninggalkan komentar, pendapat, atau bahkan game pilihan Anda sendiri yang menurut Anda sebenarnya lebih pantas untuk menyandang predikat dari salah satu kategori di atas. So, what is your game of the year?

Pages: 1 2 3 4 5 6
Load Comments

PC Games

January 20, 2023 - 0

Review A Space for the Unbound: Standar Tertinggi Game Indonesia Saat Ini!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh A Space for the Unbound?…
October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…

PlayStation

January 30, 2023 - 0

Review Dead Space Remake: Isak Tangis di Luar Angkasa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dead Space Remake ini? Apa…
December 22, 2022 - 0

Review Crisis Core – Final Fantasy VII Reunion: Reunian dengan Muka Baru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Crisis Core – Final Fantasy…
December 8, 2022 - 0

Review Star Ocean – The Divine Force: Bukan Melesat, Malah Meleset!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Star Ocean: The Divine Force?…
December 7, 2022 - 0

Review The Callisto Protocol: Permulaan yang Menjanjikan!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Callisto Protocol ini? Mengapa…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…