Review Dragon Quest XI – Echoes of an Elusive Age: RPG Terbaik Tahun Ini!

Reading time:
September 26, 2018

Sensasi JRPG Klasik

Dragon Quest XI jagatplay part 1 87 1
Dragon Quest XI menawarkan sensasi JRPG turn-based klasik.

Terlepas dari beragam usaha untuk meracik sensasi yang lebih modern dengannya, terutama dari sisi presentasi visual dan audio, Dragon Quest XI tetap hadir dengan sensasi JRPG klasik yang seharusnya. Jika Anda tidak terlalu familiar, kita berbicara soal game JRPG berbasis turn-based yang meminta Anda untuk menyerang bergiliran tanpa ada informasi jelas soal giliran itu sendiri. Maka Anda akan berhadapan dengan sensasi JRPG klasik di tengah tren untuk mendefinisikan kata “RPG modern” sebagai game “action RPG”. Sebuah keputusan yang tentu saja, pantas disambut dengan tangan terbuka.

Berbasiskan HP untuk nyawa dan MP untuk resource mengakses serangan spesial, yang beberapa di antaranya spesifik pada karakter tertentu, Anda akan bertarung melawan beragam musuh yang kesulitannya lebih pada soal kesullitan memprediksi kecepatan dan kira-kira serangan apa yang bisa mereka lontarkan, terutama untuk boss yang ada. Namun sisanya, tampil sederhana. Tidak seperti game JRPG ala Persona yang menuntut Anda untuk memahami kelemahan musuh dan mengeksploitasi hal tersebut misalnya, Dragon Quest XI hadir dengan sistem yang lugas. Setiap musuh (selain yang hadir dari varian Metal) bisa Anda hajar dengan skill apapun yang Anda miliki, baik yang berbasis AOE ataupun tidak, atau sekedar serangan biasa untuk menundukkannya. Seperti halnya game JRPG, Anda juga akan dibekali dan harus menghadapi beragam efek buff ataupun status yang menjengkelkan.

Dragon Quest XI jagatplay part 1 185
Menggunakan MP untuk mengakses serangan spesial, sistemnya sendiri sederhana dan lugas.
Dragon Quest XI jagatplay part 1 241
Kompleksitas lebih muncul pada komposisi party yang Anda bawa.

Salah satu kunci kemenangan paling esensial dari Dragon Quest XI adalah mencari dan menemukan komposisi party terbaik untuk gaya bermain Anda. Jika melihat limitasi yang harus Anda hadapi, opsi yang satu ini memang terhitung fleksibel, baik karena tiap karakter jelas punya peran yang cukup jelas dan lebih efektif, tetapi juga dipengaruhi oleh fakta bahwa setiap dari mereka punya kebebasan untuk berganti ke satu atau dua senjata berbeda yang juga akan mempengaruhi jenis skill apa yang bisa mereka akses dan bawa ke pertempuan.

Sebagai contoh? Karakter companion Anda – Serena misalnya. Hadir sebagai peran yang serupa dengan “White Mage”, ada dua senjata yang bisa digunakan oleh Serena. Pertama adalah tombak yang secara rasional, tentu membuat damage serangan fisik yang ia lontarkan lebih mematikan, membuatnya efektif untuk line up ofensif Anda. Tetapi di sisi lain, Serena juga bisa dipersenjatai dengan Wand yang lebih memperkuat citranya sebagai seorang penyihir yang berfokus pada magic-magic penyembuhan dan buff. Fleksibilitas untuk memilih senjata dan peran seperti apa yang Anda igninkan untuk Serena dan kemudian melihat kira-kira apakah ia punya “tempat” untuk lineup yang Anda inginkan akan menentukan seberapa mudah atau sulitnya Anda memenangkan sebuah pertempuran.

Dragon Quest XI jagatplay part 2 12
Dengan masing-masing karakter bisa menggunakan dua senjata, Anda bisa menentukan peran dari sana.
Dragon Quest XI jagatplay part 1 208
Kerennya lagi? Anda bisa menggonta-ganti karakter dari tim inti dan reserve dengan bebas saat bertarung.

Kerennya lagi? Memilih anggota party seperti ini tidak lantas membuat mereka terkunci begitu saja. Anda tetap bisa mengganti line-up secara langsung di pertarungan, kapanpun Anda inginkan, jika Anda ingin beradaptasi dengan strategi tertentu atau sekedar ingin menarik keluar karakter yang tengah tewas atau kesulitan, misalnya. Memanfaatkan fitur seperti ini di beberapa pertarungan memang terasa esensial, apalagi jika Anda merasa karakter tertentu memang lebih efektif berhadapan dengan situasi tertentu, seperti pertarungan yang menuntut serangan AOE misalnya. Membawa Veronica atau Rab ke medan pertempuran akan membuat kondisi seperti ini lebih mudah untuk ditundukkan.

Dragon Quest XI juga menyuntikkan sebuah sistem AI bernama “Tactics” yang memungkinkan pertarungan berjalan secara otomatis. Untuk kondisi pertarungan berulang, apalagi jika Anda ingin melewati proses grinding menuju ke level selanjutnya, fitur yang satu ini akan sangat membantu. Terbagi ke dalam beberapa fungsi dari membiarkan karakter menyerang membabi buta tanpa memerhatikan MP atau berfokus pada healing misalnya, sistem Tactics ini untungnya cukup “cerdas” untuk beradaptasi pada sebagian besar skema pertarungan saat melawan musuh biasa. Namun untuk pertarungan boss, walaupun Tactics ini bisa menanganinya, kami sendiri lebih merekomendasikan Anda untuk mengendalikannya secara manual.

Dragon Quest XI jagatplay part 2 69
Malas memberikan perintah? Gunakan menu “Tactics” untuk menyuntikkan AI yang cukup cerdas.
Dragon Quest XI jagatplay part 1 98
Kenaikan level tidak hanya memperkuat status saja, tetapi juga Skill Points yang bisa Anda alokasikan untuk membuka petak-petak Skill tiap karakter yang terbagi atas beragam kategori.

Proses grinding memang tidak terpisahkan dari seri Dragon Quest, baik untuk seri masa lampau ataupun untuk seri kesebelas ini. Diwajibkan? Tentu saja tidak. Namun para penggemar JRPG sepertinya memahami bahwa ekstra waktu yang Anda dedikasikan untuk mencari level akan terbayarkan manis ketika Anda mulai memasuki end-game atau pertarungan boss di pertengahan cerita. Kenaikan level tidak hanya akan secara otomatis memperkuat status karakter saja, tetapi juga menghadiahi Anda sejumlah skill points yang bisa didistribusikan di Skills Grid yang terbagi atas beberapa kategori. Anda bisa membuka skill serangan baru, menyuntikkan skill pasif, hingga sekedar membuat Anda tampil lebih efektif dengan senjata yang Anda pilih seperti melakukan dual-wielding misalnya. Kenaikan level juga berkontribusi pada hal tersebut.

Untungnya, Dragon Quest tetap menyuntikan monster ikonik mereka – Metal Version dari beragam monster slime yang Anda temukan. Menemukan monster-monster yang muncul secara acak ini (walaupun punya probabilitas lebih tinggi di area-area tertentu) akan membuat proses grinding Anda lebih cepat. Susah dibunuh, cepat lari dari arena pertempuran, namun punya HP kecil, setiap varian monster Metal ini akan memberikan Anda jumlah EXP hingga 20 kali lipat dari sebagian besar monster di area yang sama. Menemukan mereka dan berhasil membunuh setiap dari mereka selalu meninggalkan rasa puas, apalagi jika ia membuat karakter Anda naik level langsung.

Dragon Quest XI jagatplay part 1 164
Bertemu dengan musuh tipe metal seperti ini adalah “mimpi basah” untuk Anda yang senang grinding.
Dragon Quest XI jagatplay part 1 296
Musuh terlihat jelas di area hingga Anda yang sedang malas melakukan encounter, bisa menghindari mereka.

Sementara dari proses eksplorasi, Dragon Quest XI juga menawarkan kenyamanan tersendiri. Selain bentuk encounter dengan musuh yang terlihat, hingga bisa Anda hindari jika mood untuk bertarung berada di titik terendah, Anda juga akan dibekali dengan sebuah magic bernama “Zoom”. Dengan magic yang tidak menguras MP ini, Anda bisa meloncat ke kota manapun yang pernah Anda kunjungi yang bisa saja, memuat side mission di dalamnya. Anda juga dibekali dengan mini-map pula untuk setiap area untuk membantu Anda menemukan jalan kemana Anda harus melangkah. Kerennya lagi? Ada beberapa jenis monster yang jika Anda tundukkan dan biasanya hadir berkilau, yang bisa Anda tunggangi. Tunggangan ini akan memungkinkan Anda mengakses area yang lebih luas di lokasi yang sama.

Salah satu elemen pertarungan lain yang akan membantu Anda bertarung adalah kondisi “berserk” yang di Dragon Quest XI ini disebut sebagai Pep Powers. Berbeda dengan game JRPG lain yang kondisi khusus ini biasanya punya pemicu yang jelas, seperti jumlah HP kritis dan sejenisnya, Pep Powers di Dragon Quest XI hadir dengan sistem acak. Ini berarti, Anda tidak bisa memprediksi seberapa sering dan apa saja yang memicu karakter Anda masuk ke dalam fase ini. Namun jika ia masuk dalam fase ini, sang karakter bisa mengakses serangan-serangan spesial yang juga ditentukan oleh party yang Anda bawa dalam pertarungan, mengingat sifatnya yang mengarah pada proses kolaborasi antara dua karakter atau lebih. Tidak hanya soal menyerang dengan damage besar, Pep Powers bisa berujung pada proses healing, buff, atau melemparkan efek status pada musuh.

Dragon Quest XI jagatplay part 1 184
Sejenis “limit break” tapi hadir acak, Pep Powers memungkinkan Anda mengakses beragam serangan spesial.
Dragon Quest XI jagatplay part 2 36
Pertempuran di Dragon Quest XI, terutama saat melawan boss, terhitung menantang.

Maka di luar memilih dan menentukan party Anda, melakukan sedikit proses grinding untuk mempermudah perjalanan, maka sisanya adalah menentukan dan belajar soal apa yang bisa dilakukan dan tidak dilakukan oleh skill karakter Anda dan menentukan timing yang tepat untuk mengaksesnya. Karena di beberapa pertarungan, terutama saat melawan boss, tidak jarang Anda akan bertemu dengan musuh yang bisa melakukan 2-3 kali aksi untuk setiap turn yang ada. Terkadang, Anda memang harus membuat satu anggota party untuk berfokus hanya pada fungsi saja untuk memastikan Anda bisa bertahan hidup. Karena pada akhirnya, untuk ukuran sebuah game JRPG, Dragon Quest XI sendiri bukanlah game yang terhitung mudah.

Ragam Aktivitas

Dragon Quest XI jagatplay part 1 167
Ada beberapa misi sampingan yang bisa Anda selesaikan di sini.

Maka pendekatan yang lebih “modern” untuk Dragon Quest XI juga ditawarkan lewat konsep ragam aktivitas yang bisa Anda lakukan, selain menyelamatkan dunia dari kegelapan yang mengancam. Namun jangan berharap bahwa Anda akan menikmati misi sampingan dengan kualitas yang serupa dengan The Witcher 3: Wild Hunt misalnya,  yang semuanya dibangun dengan cut-scene khusus, pilihan respon, atau cerita yang kuat. Hampir sebagian besar misi sampingan di Dragon Quest XI hadir sederhana, dimana Anda “hanya” diminta untuk membunuh monster tertentu, mencari seseorang, atau mengumpulkan item tertentu. Rewardnya sendiri pantas dikejar, karena ia biasanya menawarkan equipment ataupun material. Sayangnya, tidak EXP Points.

Material? Benar sekali, karena Dragon Quest XI juga memuat fitur crafting di dalamnya. Bahkan, sebagian besar senjata dan equipment terkuat yang bisa Anda gunakan dalam game semuanya berpusat pada proses crafting itu sendiri. Selain mengumpulkan resep yang dibutuhkan (yang bisa didapatkan dari beragam sumber, peti ataupun buku bacaan di rumah NPC), Anda juga harus memastikan bahwa semua material yang dituntut juga sudah tersedia.

Dragon Quest XI jagatplay part 2 21
Crafting memainkan peran penting untuk mendapatkan senjata / equipment terkuat di game ini. Tidak otomatis, Anda akan disuguhkan mini-game khusus untuk meraciknya di kualitas tertinggi.
Dragon Quest XI jagatplay part 2 26
Tepat sasaran, Anda bisa menghasilkan senjata / equipment +3.

Yang menarik? Adalah sistem crafting itu sendiri yang ternyata, tidak pasif. Anda diharuskan untuk menempa sendiri equipment yang Anda inginkan. Mini-game akan mengemuka, dimana Anda harus memastikan bahwa tempaaan Anda masuk ke dalam zona aman untukk setiap bagian yang ada. Sang karakter protagonis akan dibekali dengan beberapa kemampuan, dari memanaskan suhu material untuk pukulan yang lebih efektif atau sekedar memukul beberapa bagian secara instan. Jika dilakukan dengan baik, Anda bisa mendapatkan kualitas “+3” dengan status lebih kuat untuk senjata, armor, ataupun aksesoris. Gagal? Jangan khawatir. Ada kesempatan untuk menempa ulang mereka dengan resource spesifik tertentu.

Dragon Quest XI jagatplay part 1 188
Kumpulkan mini-medal atas nama reward!
Dragon Quest XI jagatplay part 1 190
Judi menjanjikan kemenangan.
Judi menjanjikan kekayaan.

Dragon Quest XI juga menyimpan beragam rahasia di dunianya, yang tentu saja berbeda dengan misi sampingan yang jelas tercatat di jurnal. Ada pintu-pintu rahasia yang sesuai progress cerita baru bisa Anda temukan kuncinya, yang berisikan reward cukup menarik untuk mendorong Anda untuk mengeksplorasi dunia ini kembali dan merebutnya. Ada skema sedikit semi open-world di titik cerita dimana Anda berkesempatan untuk menentukan sendiri kemana Anda harus bergerak dan melangkah, ada sistem mengumpulkan Mini-Medal untuk reward, sekedar aktivitas memanah beragam target yang tersembunyi di beberapa lokasi, hingga berjuang untuk menjadi yang terbaik di aksi balapan kuda atau mengatasi gelombang musuh sebagai latihan. Salah satu yang paling adiktif? Tentu saja kasino yang memuat banyak barang yang terlalu berharga untuk dilewatkan begitu saja.

Untungnya, hampir semua misi sampingan yang ada ini juga memiliki detail soal hadiah seperti apa yang akan Anda dapatkan jika berhasil menyelesaikannya. Jadi jika Anda tidak tertarik dengan reward yang ada dan tidak banyak ambil pusing dengan trophy, Anda selalu bisa mengabaikannya.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

November 29, 2024 - 0

Palworld Dan Terraria Crossover Event Akan Hadir Pada 2025

Palworld dan Terraria umumkan event crossover yang akan digelar pada…
October 29, 2024 - 0

Review Call of Duty – Black Ops 6 (SP): Ternyata Keren!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh mode campaign / single-player Call…
July 3, 2024 - 0

Review Wuthering Waves: Penuh Pasang dan Surut!

Apa yang ditawarkan oleh Wuthering Waves? Mengapa kami menyebutnya sebagai…
June 28, 2024 - 0

Impresi Zenless Zone Zero (Build Terbaru): Lebih Cepat, Lebih Ketat!

Kami berkesempatan menjajal build terbaru Zenless Zone Zero. Apakah kami…

PlayStation

December 7, 2024 - 0

Preview Infinity Nikki: Game Indah Di Mana Baju Adalah Pedangmu

Kesan pertama kami setelah memainkan Infinity Nikki selama beberapa jam;…
November 15, 2024 - 0

Review LEGO Horizon Adventures: Kurang Kreatif!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh LEGO Horizon Adventures ini? Mengapa…
November 13, 2024 - 0

Review Dragon Age – The Veilguard: Seru Tanggung karena Canggung!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon Age: The Veilguard ini?…
November 1, 2024 - 0

Preview Dragon Quest III HD-2D Remake: Sebuah Mesin Waktu!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon Quest III HD-2D Remake?…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…