Review Soul Calibur VI: Pertarungan Panas Cahaya dan Kegelapan!

Reading time:
October 18, 2018
Soul Calibur VI jagatplay part 1 2

Begitu banyak franchise game fighting legendaris, begitu banyak mekanik berbeda yang membuat setiap dari mereka unik, namun hanya sedikit yang bisa bertahan melawan lompatan generasi yang sepertinya terus menggerus. Ketika seri baru lahir, antisipasi dari fans lawas dan rasa penasaran gamer baru menguat, mengharapkan sebuah nama yang memang pantas untuk merepresentasikan popularitas franchise itu sendiri. Bagi sang developer, seri baru ini bukan lagi sekedar soal membungkusnya dengan sekedar kualitas visualisasi baru, tetapi juga mendorong segi cerita, mendesain karakter baru sebagai roster, hingga menyuntikkan mekanik gameplay teranyar untuk menghadirkan sensasi gameplay yang menyegarkan. Sesuatu yang untungnya, disediakan oleh Bandai Namco dengan Soul Calibur VI.

Anda yang sempat membaca artikel preview kami sebelumnya sepertinya sudah punya gambaran yang cukup jelas apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Soul Calibur VI. Berita baiknya? Adalah inti permainan yang siap untuk membuat gamer veteran manapun bernostalgia, karena identitasnya sebagai game fighting dengan senjata yang tetap kuat dan mendominasi pengalaman yang ada. Namun di sisi lain, implementasi Unreal Engine 4 memungkinkan visualisasi lebih memesona, sistem kehancuran kostum yang membuat serangan terasa begitu destruktif, hingga ragam efek visual lainnya yang membuatnya terasa seperti game generasi saat ini. Sementara dari sisi gameplay, penambahan satu dan dua fitur baru membuatnya lapisan strategi baru mengemuka dan tidak sekedar gimmick.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Soul Calibur VI ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah game yang memuat pertarungan panas antara cahaya dan kegelapan? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Soul Calibur VI jagatplay part 1 4
Soul Calibur VI adalah sebuah seri “reboot’ dari sisi cerita. Anda akan menyelami lebih dalam kisah Soul Calibur I dan II dengan Soul Edge sebagai fokus.

Terlepas dari nama “VI” yang mengikuti seri keenam ini, Soul Calibur VI bukanlah sekuel dari Soul Calibur V. Kata yang paling tepat untuk menjelaskannya adalah sebuah seri reboot, seri yang diracik untuk memperkenalkan ulang event yang terjadi Soul Calibur I dan Soul Calibur II. Tetapi di sisi lain, juga mengubah sedikit elemen cerita dengan memperkenalkan beberapa karakter baru dan beberapa karakter yang harusnya baru muncul di seri-seri selanjutnya, sebagai bagian cerita. Bahwa karakter-karakter ini sebenarnya sudah eksis sejak awal pertarungan Soul Edge dan Soul Calibur, hanya saja tidak pernah terceritakan.

Dari garis cerita utama, Anda akan berperan menjadi Kilik sebagai karakter utama. Menjadi salah satu murid terbaik di perguruan yang harus berakhir dengan sebuah tragedi yang memilukan, Kilik mendengar soal rumor terkait munculnya sebuah senjata penuh kegelapan yang disebut sebagai Soul Edge yang kini dipegang oleh Nightmare. Nightmare sendiri tidak berjalan sendiri, tetapi juga membawahi prajurit mematikan lain seperti Astaroth, Ivy, dan juga Lizardman. Menemukan bahwa dirinya juga menyimpan sedikit porsi kekuatan kegelapan tersebut juga di dalam tubuhnya, Kilik tidak lagi sekedar memburu Nightmare untuk menghancurkan Soul Edge saja, tetapi juga mencari jawaban.

Soul Calibur VI jagatplay part 1 9
Kilik menjadi karakter utama untuk Chronicle of Souls.
Soul Calibur VI jagatplay part 1 88 1
Tentu saja, seiring dengan timeline yang sama, Anda juga bisa memainkan dan menikmati perspektif karakter yang berbeda.

Maka seperti seri-seri Soul Calibur sebelumnya, mode cerita utama “Chronicles of Souls” ini juga akan memungkinkan Anda untuk memerankan karakter lain. Untuk setiap karakter yang Anda pilih, Anda akan memainkan porsi cerita masing-masing di tengah garis cerita utama soal perburuan melawan Nightmare ini. Untuk karakter yang sempat bersinggungan dengan Kilik, Anda akan mendapatkan ekstra latar belakang cerita. Sementara beberapa karakter lain bisa mengambil setting sebelum atau sesudah perjalanan Kilik itu sendiri.

Soul Calibur VI juga menyuntikkan satu mode ekstra baru yang disebut sebagai “Libra of Soul” yang kali ini akan meminta Anda memainkan karakter racikan Anda sendiri dalam format gameplay ala game RPG yang akan kita bicarakan nanti. Libra of Soul akan mengambil garis cerita yang sama seperti Chronicle of Souls, namun lebih mengeksplorasi kisah belakang layar dari apa yang terjadi di cerita utama. Seiring dengan progress permainan, Anda akan mendapatkan lebih banyak informasi baru terkait karakter teranyar seperti Geralt of Rivia dari The Witcher dan juga Azwel atau Groh. Potongan cut-scene juga disuntikkan untuk beberapa momen tertentu.

Soul Calibur VI jagatplay part 1 122 1
Libra of Souls menawarkan cerita “sampingan” dengan menggunakan karakter racikan Anda sendiri. Seperti yang kami lakukan dengan karakter kami yang merupakan prajurit wanita berdada besar dengan celemek telanjang bertema corak kulit sapi. Ada masalah?
Soul Calibur VI jagatplay part 1 259 1
Libra of Souls lebih berfokus pada sepak terjang karakter baru SC VI – Azwel.

Lantas, kisah seperti apa yang akan Anda dapatkan dalam pertarungan antara cahaya melawan kegelapan ini? Siapa pula sosok karakter baru seperti Azwel dan Groh? Bagaimana peran mereka “mengubah” garis cerita dari Soul Calibur itu sendiri? Semua jawaban dari pertanyaan tersebut tentu saja harus Anda dapatkan dengan memainkan Soul Calibur VI itu sendiri.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…