Review Fire Emblem – Three Houses: Darah, Takhta, Wanita!

Reading time:
August 23, 2019

Menjadi Guru

Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 360
Status Anda sebagai guru juga dipresentasikan ke dalam gameplay.

Secara garis besar, inti permainan Fire Emblem: Three Houses memang terbagi menjadi dua bagian besar. Untuk sesi kali ini, kita akan berfokus pada mekanik yang mungkin akan mengingatkan Anda pada cara Atlus menangani Persona 5 dengan kehidupan sekolah mereka sebagai anak remaja. Di Fire Emblem: Three Houses, permainan tidak bergerak seperti kebanyakan game strategi yang akan secar konsisten untuk bergerak dari satu arena pertempuran ke arena pertempuran yang lain. Memenuhi peran Anda dalam cerita, Anda juga dituntut untuk menjalankan tugas Anda sebagai seorang guru.

Berita baiknya? Sistem menjadi guru ini tidak berakhir seburuk dan sekompleks yang Anda bayangkan. Perjalanan Anda menjalani dunia dan cerita Fire Emblem: Three Houses akan dibagi ke dalam format kalender. Untuk setiap bulan yang Anda jalani, akan ada satu misi utama yang akan menggerakkan progress cerita dan kemudian melemparkan Anda ke bulan selanjutnya. Sembari menunggu event yang biasanya terjadi di akhir bulan itu terjadi, Anda akan diberikan waktu ekstra di minggu-minggu sebelumnya untuk menjalankan peran Anda sebagai guru. Aktivitas apapun yang Anda ambil akan secara otomatis membuat waktu bergerak maju satu minggu ke depan. Satu-satunya hari akan “berhenti” hanyalah jika memang ada event khusus, seperti acara sekolah atau hari ulang tahun siswa Anda yang lain.

Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 76
Aktivitas Anda sebagai guru dibagi per bulan yang biasanya di akhir akan ditutup misi cerita utama yang akan mendorong cerita serta membawa Anda ke bulan setelahnya.

Ketika Anda diminta menjadi guru, akan ada empat aktivitas yang bisa Anda pilih dan berakhir memajukan waktu satu minggu. Yang paling sederhana? REST – yang seperti namanya membuat karakter Anda beristirahat satu minggu. Salah satu tujuan dari fungsi terbaik sistem ini adalah kembali memulihkan jumlah penggunaan senjata istimewa yang memang butuh resource berharga untuk dibenahi jika Anda beralih ke Blacksmith. Aktivitas kedua adalah BATTLE – dimana Anda bisa terlibat dalam skenario pertarungan Skirmish, melawan musuh yang levelnya lebih tinggi atau rendah, atas nama grinding, leveling karakter yang terlibat, menyelesaikan misi sampingan, atau menyelesaikan misi per karakter yang biasanya punya konten cerita lebih berat.

Aktivitas ketiga Anda sebagai guru adalah dengan menyelenggarakan SEMINAR – dimana Anda bisa memilih satu guru spesifik untuk mengajarkan dua set skill terpisah yang akan secara otomatis mendorong progress status dari murid-murid yang memilih untuk mengikutinya. Sebagai contoh? Meminta Mercedes sebagai guru seminar akan memberikan ekstra EXP untuk status “Faith (White Magic)” dan “Reason (Black Magic)” untuk karakter yang mengikuti pelajaran ini. Anda tidak bisa memilih murid mana saja yang ikut, tetapi ada ekstra reward Motivasi untuk mereka yang mempelajarinya.

Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 102
Seminar – Anda bisa meminta para “Master” untuk mengajar anggota yang lain atas nama EXP spesialisasi status.
Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 140 1
Jika Anda memilih EXPLORATION, Anda akan masuk ke dalam Church of Seiros secara interaktif dan bisa memilih untuk mengakses ragam aktivitas. Namun aksi ini dibatasi jumlah action point yang bergantung pada level professor Anda.

Sementara untuk aktivitas keempat adalah EXPLORATION – dimana Anda secara interaktif, mengendalikan Byleth untuk mengeksplorasi Church of Seiros itu sendiri. Aktivitas yang Anda lakukan akan meningkatkan status Professor Level Anda yang terbagi dalam penilaian berbasis huruf. Semakin tinggi level Professor Anda, semakin banyak pula aktivitas yang bisa Anda lakukan selama proses eksplorasi ini. EXPLORATION menjadi kunci untuk mendekatkan diri dengan murid-murid Anda, dimana Anda bisa makan bersama untuk meningkatkan motivasi mereka, memasak untuk mendapatkan buff spesifik saat bertarung di bulan yang sama, bercocok tanam untuk mendapatkan material makanan, berbelanja, hingga sekedar ikut paduan suara untuk meningkatkan status tertentu. Anda juga bisa bertemu dengan para “Master” untuk mempelajari dan meningkatkan status spesifik untuk Byleth. Setiap aktivitas yang Anda pilih akan menghabiskan 1 point aktivitas, dimana proses eksplorasi akan berakhir ketika semua point ini habis.

Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 42 1
Ingin makan bareng murid Anda untuk meningkatkan level kedekatan dan motivasi mereka? Kenapa tidak!
Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 120
Anda bahkan bisa menyanyikan choir bersama.

EXPLORATION memang menjadi kunci untuk melakukan banyak hal di luar sistem pertarungan Fire Emblem: Three Houses itu sendiri. Anda bisa mengajak murid berbincang, memberikan mereka hadiah, mencari item hilang mereka, atau sekedar meminta mereka untuk minum teh bersama. Seperti yang sempat kami bicarakan sebelumnya, Anda juga bisa memeriksa dan memenuhi tuntutan murid-murid yang ingin Anda rekrut untuk berdiri di bawah bendera Anda. Akan ada juga Bulletin Board yang berisikan misi-misi sampingan yang siap memberikan reward untuk Anda selesaikan, yang biasanya meminta Anda mencari item tertentu hingga bertarung. Berita baiknya? Ada sistem fast-travel yang akan membantu Anda menghemat banyak waktu karena Anda bisa bergerak ke banyak lokasi di dalam Church of Seiros tanpa banyak waktu loading.

Maka terlepas dari apapun aktivitas yang Anda pilih, akhir minggu akan berakhir dan progress auto akan bergerak menuju minggu selanjutnya hingga Anda bertemu akhir minggu kembali dengan opsi-opsi pilihan ini muncul. Selama berjalannya hari dalam minggu, Anda akan melihat animasi bagaimana murid-murid Anda akan belajar dengan kesempatan untuk membuatnya lebih intens jika mereka memiliki ekstra point motivasi. Proses ini akan secara otomatis meningkatkan status murid-murid Anda.

Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 97
Spesialisasi status karakter Anda akan menguat setiap minggunya.

Karena penguatan karakter di Fire Emblem: Three Houses ini memang tidak bergantung pada level saja. Ia juga bergantung pada seberapa baik spesialisasi masing-masing karakter terhadap status dominan mereka. Sebagai contoh? Kelas Archer yang terus belajar dan menaikkan status Archery di akhir minggu akan mendapatkan proses spesialiasi yang pelan tapi pasti, dengan nilai berdasarkan huruf, akan tampil lebih efektif. Semakin tinggi spesialisasi Anda pada status tertentu, semakin efektif ia, semakin banyak pula skill dan buff permanen yang bisa Anda akses untuk membuat pertempuran Anda lebih mudah. Apalagi, sebagai Guru, Anda punya dua tanggung jawab ekstra yang lain – JOBS dan GOALS.

Anda pernah memainkan game Final Fantasy di masa lalu, dimana ia hadir dengan sistem jobs dan evolusi di dalamnya? Fire Emblem: Three Houses juga mengusung sistem yang sama. Tidak hanya terperangkap dalam satu kelas / pekerjaan saja, Anda bisa terus meningkatkannya ke kelas lebih kuat yang tentu saja punya fungsi yang lebih mematikan dan efektif di saat yang sama. Jobs di seri ini terbagi ke dalam beberapa tingkat, dengan “Master” sebagai tingkat tertinggi. Kunci untuk mengakses tingkat pekerjaan ini memang ditentukan oleh seberapa tinggi level karakter Anda. Namun pada akhirnya, kesempatan untuk berubah pekerjaan paling ditentukan oleh status yang sudah Anda naikkan.

Sebagai contoh? Byleth baru saja menyentuh level 30 misalnya, dan akses Anda untuk pekerjaan Master bernama “Mortal Savant” yang menggabungkan antara serangan pedang dan Black Magic terbuka. Namun pekerjaan ini menuntut status spesifik yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu diluar item bernama “Seal” yang harus berada di inventory milik Anda. Mortal Savant ini misalnya menuntut sang calon pengguna karakter harus memiliki level status “Sword” di level A dan level status “Reason” di level A juga. Jika Anda tidak memenuhi setidaknya setengah dari syarat yang diminta di tingkat level yang dituntut pula, maka Anda tidak bisa menggunakan pekerjaan yang secara status, memang lebih kuat tersebut.

Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 310 1
Ada beberapa tingkat “JOBS” yang bisa Anda kejar untuk karakter Anda. Masing-masing butuh tingkat status spesifik sebelum bisa digunakan.
Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 185
Untungnya, Anda bisa mengatur GOALS agar karakter spesifik memperkuat status tertentu jika Anda tertarik mengejar “pekerjaan” impian.

Berita baiknya? Fire Emblem: Three Houses juga menyediakan satu sistem lain untuk memenuhi pekerjaan Anda sebagai guru – GOALS. Anda masih ingat bagaimana di paragraf sebelumnya kami membicarakan penambahan otomatis EXP untuk status spesialisasi masing-masing karakter di setiap akhir minggu kalender game? Berita baiknya, Anda berkesempatan untuk mengatur status mana di masing-masing karakter yang akan naik. Jadi misalnya, Byleth. Di awal, Anda mungkin hanya memilih GOALS-nya berkutat di “Sword” saja dan membuat level Sword-nya terus naik. Namun di satu titik ketika Anda mengejar pekerjaan tertentu misalnya, Anda bisa mengatur GOALS-nya untuk kini belajar menguasai “Lance” dan “Riding”, pelan tapi pasti, untuk berubah ke kelas Cavalry berkuda misalnya. Ada kesempatan untuk itu.

Fire Emblem: Three Houses juga menyuntikkan sedikit elemen online di dalam game ini. Namun tenang saja, tidak ada sesuatu yang terasa signifikan di sini. Ia hanya memberikan keuntungan yang bisa dibilang, minimal. Terhubung secara online akan membuat karakter-karakter gamer lain bercengkerama di kota Anda dengan username masing-masing di atas kepala, dimana Anda bisa membeli ragam item dari mereka. Konektivitas online juga memberikan ekstra loot saat bertarung, yang dinarasikan sebagai “sisa item” yang jatuh dari karakter-karakter tewas dari gameplay player lain. Loot ini akan berbentuk sebuah sinar kotak di dalam medan pertempuran, yang bisa Anda dapatkan secara otomatis jika ada satu karakter yang berdiri di atasnya. Sisanya? Anda bisa melihat persentase berapa banyak gamer yang memilih antara Eksplorasi – Seminar – Battle – Rest di minggu Anda berada.

Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 257 1
Konektivitas online akan membuat beberapa avatar player lain singgah di kota Anda dan menawarkan item menarik.
Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 329
Bagi gamer yang sudah menyelesaikan 1 skenario, akan ada ekstra konten New Game+ yang akan membuat progress skenario kedua yang Anda mainkan lebih mudah.

Maka dengan sistem permainan seperti ini, ada sensasi yang melegakan dan menyenangkan bahwa game strategi yang satu ini tidak selalu berkutat pada pertempuran demi pertempuran, tetapi juga memfasilitasi mekanik agar Anda memang merasa bahwa Anda memang tengah menjadi guru yang sesungguhnya. Kerennya lagi? Opsi ini mau tidak mau membuat Anda harus membangun prioritas setiap minggunya, agar sesuai dengan rencana besar Anda untuk menentukan aspek mana yang lebih penting. Apakah Anda ingin terus bertarung via Battle untuk menaikkan level murid Anda? Ataukah eksplorasi harus dilakukan lebih sering untuk mendekatkan diri Anda dan memastikan modus merekrut murid dari kerajaan lain berhasil? Ataukah tidak ada lagi momen untuk melakukan Seminar, mengingat ada status spesifik untuk satu karakter yang Anda kejar agar ia naik ke pekerjaan selanjutnya? Anda yang menentukan.

Menjadi Jenderal

Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 250
Selain menjadi guru, Anda juga seorang jenderal di medan pertempuran.

Maka selain menjadi seorang guru, Anda juga akan mengisi sebagian besar waktu Anda memainkan Fire Emblem: Three Houses dengan menjadi seorang Jenderal. Bahwa di hampir setiap medan pertempuran yang harus Anda lewati, murid-murid yang memercayakan hidup mereka ke tangan Anda akan meminta Anda untuk memimpin mereka, baik atas nama kemenangan ataupun sekedar keselamatan. Di sisi gameplay? Ia tidak berbeda dengan banyak game taktikal RPG / strategi pada umumnya.

Sistem pergerakan berbasis kotak dengan jarak yang berbeda-beda bergantung pada pekerjaan dan karakter yang Anda pilih, sistem pertarungan akan terbagi ke dalam fase Player dan fase Musuh yang akan menyerang secara bergantian. Bergantung pada karakter dan jarak yang ada, pihak yang diserang juga bisa menyerang balik di saat yang sama, membuat proses ini bisa berakhir lebih sulit dari yang seharusnya. Sistem critical terkadang membuat Anda menyerang dua kali berturut-turut untuk damage lebih besar. Dan tentu saja, berdasarkan status karakter Anda, perjalanan pertarungan juga bisa diisi dengan efek seperti “Miss” yang membuat serangan tidak menghasilkan damage sama sekali hingga level kedekatan dengan unit lain yang juga bisa mempengaruhi besar defense dan damage yang Anda hasilkan.

Berita baikya? Terlepas dari format ala game taktik RPG seharusnya dimana begitu banyak elemen mempengaruhi hasil pertarungan, bahkan termasuk terrain dimana karakter berdiri, Fire Emblem: Three Houses adalah game yang terhitung sederhana. Salah satu alasan utamanya? Karena ia menyediakan sistem untuk memprediksi hasil pertarungan sebelum Anda memilih mengeksekusinya. Ia akan memperlihatkan jumlah besar damage yang akan Anda kirimkan dan akan Anda dapatkan secara akurat sebelum Anda memutuskan, menjadikannya sebagai dasar bahan pertimbangan yang bijak. Dengan hanya mengandalkan sistem ini saja, Anda akan bisa mengunci di sebagian besar pertempuran.

Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 130
Ia mengusung sistem taktikal RPG yang sederhana dan familiar.
Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 205 1
Varian musuh yang Anda hadapi juga melibatkan monster raksasa dengan sistem Shield.

Namun tentu saja, Anda tidak bisa sekedar menyerang membabi buta dengan sekedar mengandalkan sistem ini. Mengapa? Karena sesuai dengan elemen “strategi” yang ia usung, ada beberapa jenis musuh yang kuat dan lemah pada unit spesifik. Sebagai contoh? Ada tipe musuh dengan sebuah perisai besar di depan yang mengesankan kuat bahwa mereka adalah tanker. Berusaha menyerang mereka dengan senjata melee (kecuali karakter Anda sudah OP) adalah lelucon terbesar yang pernah ada. Mereka akan mengirimkan counter-attack dengan damage lebih besar dengan damage Anda yang berakhir kecil. Cara mengalahkan mereka? Benar sekali, dengan menggunakan serangan berbasis magic oleh karakter Mage yang Anda bawa. Musuh lain berbentuk Monster juga akan hadir dengan sistem Shield dan lapisan darah yang juga menuntut strategi berbeda untuk ditundukkan.

Hal lain yang melimitasi Anda untuk tampil “menggila” di setiap pertarungan yang ada adalah sistem senjata dengan angka durabilitas yang bisa berakhir Anda ciintai atau benci setengah mati. Dipresentasikan dalam angka, setiap senjata yang Anda bawa ke pertarungan akan menggunakan 1 durabilitas setiap kali menyerang, aktif ataupun saat counter-attack. Serangan spesial untuk pekerjaan Anda juga akan mengorbankan durabilitas senjata yang Anda pilih untuk mengeksekusinya, alih-alih menggunakan elemen seperti MP, misalnya. Anda memang bisa memperbaiki senjata ini dengan uang dan material di Blacksmith, namun hanya bisa dilakukan setelah pertempuran. Jika Anda gagal memperhitungkan ini dan Anda lupa membawa senjata cadangan? Senjata rusak akan membuat damage yang Anda hasilkan, benar-benar rendah.

Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 333 1
Senjata fisik punya sistem durabilitas.
Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 95 1
Sementara sistem Magic, ofensif ataupun defensif, punya limitasi jumlah pemakaian.

Namun sistem yang berbeda diusung untuk unit yang menggunakan Magic sebagai basis gerakan, baik untuk defensif (Healing / Buff) ataupun ofensif (Black Magic). Mengingat tidak ada sistem MP di sini dan sejalan dengan sistem durabilitas untuk karakter bersenjata, sistem Magic di Fire Emblem: Three Houses menggunakan sistem penggunaan terbatas layaknya item. Bedanya? Ia akan secara otomatis terisi kembali setiap kali Anda masuk ke medan pertempuran yang baru. Sebagai contoh? Mercedes dengan Magic Healing bernama Fortify untuk pemulihan AOE misalnya, hanya bisa digunakan 4 kali dalam satu pertarungan. Jumlah Magic yang bisa Anda gunakan dan akses akan bergantung pada level karakter dan pekerjaan yang Anda pilih tentu saja.

Maka dengan menggunakan semua sistem ini, Anda sepertinya sudah punya gambaran seperti apa pertempuran di Fire Emblem: Three Houses terjadi. Bersama dengan setiap musuh yang Anda bunuh, Anda akan mendapatkan EXP Points dan juga EXP spesialisasi status yang sempat kami bicarakan sebelumnya. Namun, ada satu sistem unik lain yang diusung oleh game yang satu ini – kesempatan untuk memutar balikkan waktu.

Diimplementasikan sebagai kekuatan khusus sang karakter utama – Byleth yang memang diceritakan sebagai entitas yang bukan sekedar manusia, Anda bisa memutar balikkan waktu saat bertarung. Begitu mengaktifkannya, barisan event-log yang terjadi di sepanjang pertarungan dimana Anda bisa menemukan laporan aktivitas apa saja yang baru Anda dan musuh lakukan akan tersedia di bagian paling kanan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih log dimana Anda ingin kembali, yang biasanya super efektif untuk mengulang kembali aksi yang Anda rasakan sebagai satu blunder besar. Tentu saja, Anda tidak bisa mengaktifkannya terus-menerus. Seperti halnya item, ada jumlah terbatas dan spesifik untuk kekuatan over-powered yang satu ini.

Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 293
Byleth juga diperkuat dengan kemampuan untuk membalikkan waktu, yang tentu saja efektif untuk “membenahi” blunder gerak Anda.
Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 198
Sistem Battalions akan memperkuat karakter yang Anda sematkan.

Sistem baru yang ditawarkan oleh Fire Emblem: Three Houses juga ditawarkan dalam bentuk Battalions. Jadi alih-alih sekedar bertarung sendiri di pertempuran, Anda bisa menyematkan pasukan khusus untuk unit-unit ini yang kecocokannya bergantung pada level Authority yang mereka miliki. Battalion akan mempengaruhi status yang biasanya berakhir memperkuat karakter yang Anda sematkan, sembari memberikan efek serangan spesial yang disebut sebagai GAMBITS. Bergantung pada jenis Battalion yang Anda pasang, GAMBITS bisa berakhir menjadi serangan dua jalur yang juga membuat musuh tidak bisa bergerak hingga yang sekedar memberikan buff defense untuk karakter di sekitarnya. Mengatur Battalion mana yang disematkan untuk karakter mana juga akan membantu perjalanan Anda.

Kerennya lagi? Ada sistem “Adjudant” pula dimana Anda bisa memasang satu karakter dengan karakter lainnya, yang akan membantu Anda menyerang atau bertahan. Karakter yang jadi ajudan ini tetap akan mendapatkan EXP Points, namun tidak bisa tewas selama karakter yang dipasangkannya tetap bertahan. Ini menjadi mekanisme terbaik jika Anda ingin menaikkan level karakter spesifik yang sudah terlalu lemah untuk ikut bertarung melawan musuh-musuh level tinggi misalnya. Jadikan saja mereka ajudan untuk mendapatkan EXP Points sembari menikmati keistimewaan bebas ancaman yang ditawarkan.

Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 292
Ingin menaikkan level karakter yang terlalu lemah untuk bisa membunuh dan menyerang musuh? Jadikan ia ajudan untuk karakter yang lebih kuat!
Fire Emblem Three Houses jagatplay PART 1 284
Beberapa misi juga punya objektif lain daripada sekedar “meratakan” musuh saja. Ia biasanya diikuti dengan daftar karakter yang tidak boleh tewas di medan pertempuran.

Maka sisa hal yang perlu Anda perhatikan adalah objective dari setiap misi yang Anda lewati. Karena terlepas dari fakta bahwa sebagian besar dari mereka bisa diselesaikan dengan “meratakan” musuh yang ada, beberapa misi biasanya punya objektif lainnya. Satu yang selalu hadir? Bahwa ada keharusan untuk menjaga set karakter tetap hidup di pertempuran, yang biasanya berakhir menjadi Byleth dan juga pemimpin dari kerajaan yang Anda pilih. Namun ada pula misi lain yang meminta Anda untuk mencapai titik tertentu atau sekedar menghajar jenderal sang musuh yang akan otomatis mengakhiri pertempuran.

Berita baiknya? Selain tingkat kesulitan yang cukup bersahabat, Fire Emblem: Three Houses juga memberikan ruang bagi Anda yang “teledor” untuk membenahi diri sebelum masuk ke dalam pertempuran apapun. Lewat menu yang akan tersedia di awal setiap pertempuran, Anda bisa mengakses ragam fungsi penting, dari Marketplace untuk berkunjung ke Blacksmith atau Item Shop untuk membeli senjata, hingga sekedar melakukan cabut pasang Abilities yang menurut Anda penting. Tentu saja, opsi untuk mengatur posisi unit dan siapa saja yang Anda bawa juga tersedia di sana. Anda yang sempat melewatkan proses atur-mengatur ini saat proses eksplorasi tak perlu banyak khawatir.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…