Review Astral Chain: Ikat Rantai Aksi!

Reading time:
September 9, 2019
Astral Chain jagatplay part 1 28

Dengan begitu banyak genre yang tersedia di industri game, tidak mengherankan jika beberapa developer, indie ataupun ternama, berakhir menjadi developer spesialis untuk genre spesifik. Kombinasi pengalaman, skill, dan pengetahuan yang mendalam terkait genre tersebut membuat mereka mampu meracik produk berkualitas yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Di genre action hack and slash yang juga terkadang memuat sedikit elemen RPG di dalamnya, nama Platinum Games menjadi “raja”. Berkolaborasi dengan banyak publisher raksasa yang tidak ragu menyerahkan tanggung jawab atas judul penting mereka, Platinum Games akhirnya kembali dengan game eksklusif Nintendo Switch yang memesona – Astral Chain.

Anda yang sempat membaca artikel preview kami sepertinya sudah memiliki gambaran terkait apa itu Astral Chain. Kami dengan tanpa rasa ragu menyebutnya sebagai game dengan visualisasi terbaik di Nintendo Switch sejauh ini. Terlepas dari keterbatasan performa perangkat Nintendo yang satu ini, Platinum Games berhasil membangun sebuah game dengan cita rasa anime kental yang dibalut dengan permainan warna dan bayangan yang memesona. Bahkan pendekatan seperti ini harus diakui, membuatnya bahkan terlihat lebih cantik dibandingkan “game anime” Bandai Namco misalnya. Sementara dari sisi aksi, Anda mendapatkan cita rasa Platinum yang seharusnya, namun dalam format yang lebih kompleks.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Astral Chain? Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang menawarkan ikat rantai aksi? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda!

Plot

Astral Chain Part 2 jagatplay 24
Astral Chain mengambil setting masa depan, dimana manusia berhadapan dengan ancaman kepunahan.

Astral Chain mengambil setting masa depan yang runyam. Terlepas dari kemajuan teknologi yang berhasil mereka capai, manusia justru terancam punah. Namun menolak untuk menyerah begitu saja, umat manusia berhasil mengesampingkan perbedaan dan membangun sebuah kapal raksasa bernama “Ark” yang berfungsi layaknya sebuah pulau di angkasa. Di atasnya, manusia berusaha membangun segala sesuatunya kembali. Seperti yang bisa Anda prediksi, ia tidak akan berjalan semulus yang dibayangkan.

Umat manusia harus berhadapan dengan ancaman baru – monster-monster bernama “Chimeras” yang datang dari sebuah dimensi lain bernama Astral Plane. Monster beragam bentuk ini sepertinya menjadikan proses penculikan dan penarikan manusia-manusia dari bumi menuju dunia mereka sebagai motivasi utama. Sayangnya, sekedar manusia biasa tidak akan bisa melihat dan merasakan mereka. Setiap proses kemunculan mereka hanya termanifestasi dalam bentuk kehancuran, kematian, dan kekacauan saja.

Astral Chain jagatplay part 1 22
Di tengah masa genting ini, monster bernama “Chimeras” muncul dari dimensi lain bernama Astral Plane. Mereka anehnya, begitu tertarik untuk menarik manusia masuk ke dalam dimensi mereka.
Astral Chain jagatplay part 1 20 1
Menggunakan “Chimeras” yang kini bisa dirantai dan dikendalikan bernama Legion, manusia melawan balik.

Masalah inilah yang harus dihadapi oleh sepasang kembar yang menjadi karakter protagonis utama Anda, ketika mereka harus berhadapan dengan Chimeras untuk pertama kalinya. Peralatan dan kemampuan mereka sebagai polisi tidak cukup untuk menghadapi ancaman yang bahkan tidak bisa mereka lihat. Di situasi yang begitu genting ini, mereka tiba-tiba direkrut oleh pasukan khusus bernama NEURON. Divisi sudah menemukan solusi untuk melawan para Chimeras, dengan menciptakan alat yang mampu mengikat dan mengendalikan mereka. Sebuah rantai yang akan membuat mereka berubah menjadi monster yang berdiri di pihak kita – Legion. Sebuah solusi yang benar-benar efektif.

Namun sayangnya, ini hanyalah awal dari sebuah masalah yang lebih besar. Dengan lebih banyak kemunculan para Chimeras di semua bagian Arc, salah satu anggota lawas NEURON – Jena tiba-tiba terlihat di kota dengan pakaian yang acak-acakan. Namun tidak seperti anggota lain yang butuh Legion untuk masuk ke dalam Astral Plane, Jena sepertinya tidak kesulitan untuk keluar dan masuk dimensi tersebut. Setelah bersinggungan beberapa kali, sepertinya jelas bahwa Jena memang punya sebuah ambisi yang hendak ia kejar bersama dengan para Chimeras. Misi utamanya sepertinya berkutat pada sosok Yoseph – pemimpin para NEURON itu sendiri.

Astral Chain jagatplay part 1 156
Sosok misterius bernama Jena sepertinya menjadi dalang di balik kekacauan ini.
Astral Chain Part 2 jagatplay 83
Tantangan seperti apa yang harus dilakukan si duo kembar ini untuk menyelamatkan Ark?

Lantas, apa sebenarnya para Chimeras ini? Apa pula yang menjadi motivasi utama Jena? Tantangan seperti apa yang harus dihadapi oleh si kembar untuk menyelamatkan Ark? Semua jawaban dari pertanyaan ini bisa Anda dapatkan dengan memainkan Astral Chain ini.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…