Review Call of Duty – Modern Warfare Reboot: Pisau Tumpul Realita!

Reading time:
November 7, 2019

Call of Duty adalah sebuah nama yang unik di industri game. Tidak ada lagi nama game di industri game yang di setiap kali pengumuman seri terbarunya selalu diikuti dengan diskusi dan debat intens yang biasanya terjadi antara dua kubu: mereka yang sudah muak dengan rilis tahunan yang ia lakukan dan mereka yang masih secara konsisten menikmati setiap seri yang muncul. Bahwa terlepas dari fakta bahwa franchise ini ditangani oleh tiga tim developer yang berbeda yang terus berusaha menawarkan sesuatu yan baru dan berbeda, stigma ini sulit dihapus. Namun sesuatu yang berbeda terjadi di tahun 2019 ini, ketika tanggung jawab yang kini berada di pundak Infinity Ward dibayar dengan kembalinya nama ikonik – Modern Warfare.

Anda yang sudah membaca artikel preview kami sebelumnya sepertinya sudah memiliki gambaran yang lebih jelas soal kira-kira apa yang hendak ditawarkan oleh Call of Duty: Modern Warfare Reboot. Kesan pertama yang ia hadirkan memang mengesankan game yang lebih gelap dan berat, yang mengacu pada dua hal: kualitas visualisasi memesona yang ia usung dan tema cerita yang ia angkat untuk menawarkan cita rasa perang yang disebut sebagai Infinity Ward, lebih relevan. Terlepas dari beberapa perubahan yang pantas disambut dengan baik, tidak kesemua usaha untuk tampil berbeda ini bisa dibilang berhasil.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Call of Duty: Modern Warfare Reboot ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah seri yang tak ubahnya pisau “realita” yang tumpul? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Hadir sebagai seri “reboot”, terlepas dari kemiripan dengan karakter seri Modern Warfare sebelumnya, setiap karakter yang Anda temui adalah karakter berbeda dengan konflik dan latar belakang cerita yang baru.

Seri Modern Warfare untuk tahun 2019 ini memang sebuah seri reboot. Ini berarti, bahwa terlepas dari beberapa nama karakter yang kembali, tidak satupun dari mereka yang berbagi masa lalu dan keterkaitan sama sekali dengan trilogi Modern Warfare yang sempat dilepas Infinity Ward di masa lalu. Ini adalah sebuah kisah baru dengan karakter baru yang sekedar “meminjam” nama dan mungkin, kemiripan karakter, namun diposisikan sebagai entitas original di garis cerita yang berbeda.

Berusaha menawarkan kisah perang lebih relevan, Modern Warfare Reboot membawa Anda pada sebuah ancaman baru super menyeramkan – sebuah senjata kimia berbentuk gas yang berhasil dicuri dari militer Russia oleh sebuah organisasi teroris bernama Al-Qatala. Dipimpin oleh Omar “The Wolf” Sulaman, organisasi ini tentu saja langsung jadi buruan utama tentara khusus Amerika Serikat dan Inggris, terutama karena potensi serangan di kota penting mereka. Untuk bisa melacak dan memburu Omar, sekaligus mengamankan senjata gas tersebut, mereka harus bekerja sama dengan Farah – pemimpin pemberontak dari negara yang sama dengan asal Omar – Urzikstan.

Serangkaian aksi terror yang terjadi menimbulkan kekhawatiran soal pelepasan senjata kimia yang bahkan lebih destruktif oleh kelompok terkait.
Adalah Omar dari kelompok Al-Qatala yang diyakini sebagai dalang serangan.

Proses perburuan ini ternyata tidak hanya melibatkan Farah dan Urzikstan saja. Pelan tapi pasti, tentara khusus yang kini berada di bawah pimpinan Price, mau tidak mau juga harus bersinggungan dengan Russia. Russia yang menguasai Urzikstan lewat proses invasi yang dipimpin oleh Barkov – seorang perwira militer yang tak punya belas kasihan, menjadi musuh utama pasukan pemberontak Urzikstan. Bertukar utang budi antara Farah dan pasukan khusus Price menjadi pondasi dalam kerjasama untuk berburu Omar yang setiap detik eksistensinya, semakin berbahaya. Namun seperti yang bisa diprediksi, Omar bukan satu-satunya pihak yang bertanggung jawab di sini.

Bersama dengan pasukan khusus yang dikepalai Price, mampukah aksi terror ini dihentikan?

Lantas, mampukah Price dan pasukan khususnya seperti Alex dan Kyle berhasil mengamankan senjata kimia ini? Tragedi seperti apa yang harus dilalui Farah dan pasukan pemberontak Urzikstan milikya? Siapa pula yang bertanggung jawab atas semua aksi terror yang terjadi? Anda tentu saja harus memainkan Call of Duty: Modern Warfare Reboot ini!

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…

PlayStation

January 27, 2021 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Miles Morales: Pahlawan Generasi Baru!

Impresi adalah sesuatu yang esensial untuk memperkenalkan produk baru ke…
January 25, 2021 - 0

Preview Demon’s Souls Remake: Mati dalam Keindahan!

Mengukuhkan statusnya sebagai salah satu developer game-game Remake terbaik di…
January 22, 2021 - 0

Preview Playstation 5: Tibanya Sang Generasi Baru!

Harus menunggu selama setidaknya tiga bulan lamanya sebelum bisa menikmati…
December 28, 2020 - 0

Review Cyberpunk 2077: Terjebak Ilusi Korporasi!

Game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini, tidak ada…

Nintendo

July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.
April 15, 2020 - 0

Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Tumbuh menjadi sensasi internet dalam waktu singkat, banyak gamer yang…