15 Sosok Karakter Wanita “Terkuat” di Franchise Final Fantasy!

Reading time:
April 21, 2020
  1. Freya [Final Fantasy IX]

freya

Jujur saja, hampir semua gamer yang sempat memainkan Final Fantasy IX di masa lalu, apalagi dengan bahasa Inggris yang terbatas, tidak akan pernah mengira bahwa Freya adalah seorang wanita ketika pertama kali bertemu dengannya. Namun menyelami ceritanya lebih mendalam akan membuka tabir kisah cinta penuh tragedi yang menyayat hati. Merindukan kekasihnya – Sir Fratley untuk waktu yang begitu lama, sulit untuk membayangkan betapa hancurnya hati seorang Freya ketika menemukan bahwa pria yang ia cintai tersebut ternyata tidak lagi mengingat siapa dirinya dan masa lalu yang sempat mereka bangun bersama. Namun alih-alih jatuh pada kisah romantis omong kosong dimana Freya berujung jatuh dalam pusaran kesediahan, kekuatan Freya sebagai karakter mengemuka. Ia memutuskan untuk bergerak menuju ke masa depan, menyimpan kisah cintanya sebagai memori indah, dan membantu Zidane serta Garnet menyelamatkan dunia. Ia menjadi bukti kekuatan hati seorang wanita yang dilebur bersama dengan peran penting dalam cerita utama.

  1. Jessie [Final Fantasy VII]

final fantasy vii remake jagatplay 65

Dengan seri Remake yang berhasil mengeksplorasi lebih dalam karakter-karakter yang sempat ditemui Cloud di Midgar, banyak gamer yang sepertinya jatuh hati dengan apa yang ditawarkan Jessie. Kita berbicara soal karakter wanita yang membuang status sosialnya sebagai keluarga terpanding Shinra untuk bergabung dalam aksi penuh bahaya yang ia percaya, akan bisa menyelamatkan dunia. Kekuatan karakter Jessie mengakar pada fakta bahwa ia pada akhirnya, terasa seperti seorang manusia yang seharusnya alih-alih mengikat pada “kewanitaan” yang ia miliki. Kita bicara soal karakter yang terus dihantui oleh rasa bersalah karena bomb-nya diyakini membunuh banyak orang tidak bersalah, rela untuk mencari solusi walaupun membuatnya berada dalam posisi bahaya, sembari menggunakan setiap detik yang ia miliki untuk mencuri hati seorang Cloud dengan aksi dan gebrakan manis.

  1. Terra Branford [Final Fantasy VI]

terra

Selain Lightning dari Final Fantasy XIII, Terra merupakan satu dari sedikit karakter protagonis utama Final Fantasy yang kebetulan merupakan seorang wanita. Hadir sebagai sosok non-manusia yang tidak memahami siapa jati dirinya sendiri, Terra yang menjadi fokus roda cerita Final Fantasy VI memainkan peran penting sejak detik pertama, baik dari plot ataupun perannya dalam pertempuran yang tidak tergantikan. Usaha untuk mencari jati diri adalah motivasi seorang Terra, sembari membuka ragam misteri yang dengan mudahnya, bisa berujung menjadi mimpi buruk yang tidak ingin ia rasakan dan terima begitu saja. Namun bersama dengan Celes, ia menemukan sisi kemanusiaannya.

  1. Lulu [Final Fantasy X]

lulu

Memasukkan Lulu ke dalam daftar ini mungkin sedikit membingungkan. Karena hanya berangkat dari desain kostum Black Mage yang ia usung, yang jelas menonjolkan sisi sensualitasnya, Lulu seharusnya “jatuh” ke dalam stereotipe banyak karakter wanita di cerita fisik yang hanya hadir sebagai kosmetik belaka tanpa kedalaman karakter sama sekali. Namun seiring dengan proses Anda menyelami cerita dan dunia Final Fantasy X, Anda akan memahami bahwa Lulu adalah karakter wanita yang kompleks. Ia berperan sebagai seorang ibu yang tidak pernah dimiliki Yuna, yang siap untuk berdiri di sampingnya dalam suka dan duka, berperan tidak hanya sebagai pancang sandar untuk Yuna tetapi juga suara-suara rasional nan bijak setiap kali masalah mengemuka. Semuanya ia lakukan dengan mengerti dan memahami bahwa “anak perempuan” yang begitu ia cintai ini, harus berakhir mengorbankan nyawa di akhir.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

June 29, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yoko Taro (NieR Series)!

Menyebutnya sebagai salah satu developer paling eksentrik di industri game…
June 24, 2021 - 0

Preview Scarlet Nexus: Bak Menikmati Anime Aksi Berkualitas!

Komitmen Bandai Namco untuk menawarkan game-game dengan cita rasa anime…
June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…