15 Sosok Karakter Wanita “Terkuat” di Franchise Final Fantasy!

Reading time:
April 21, 2020
  1. Lunafreya Nox Fleuret [Final Fantasy XV]

Selain Ashe, Lunafreya juga menjadi pencitraan karakter putri kerajaan memesona yang berhasil dicapai oleh Square Enix dengan Final Fantasy. Terlepas dari elemen cerita klise seperti “pernikahan” atas nama cinta dan upaya untuk menggabungkan kekuatan dua kerajaan raksasa, Lunafreya memosisikan diri sebagai karakter wanita independen yang tidak selalu terikat dan harus menunggu instruksi Noctis. Ia siap mengambil langkah apapun yang ia butuhkan untuk menyelamatkan rakyat, pria yang ia cintai, dan kerajaan yang ia sayangi tanpa keraguan. Kekuatan seorang Lunafreya dalam cerita Final Fantasy XV disajikan dalam kisah penuh emosi dan tragedi yang siap menggetarkan hati. Namun di sisi lain, cukup untuk memancing apresiasi tinggi soal bagaimana ia ditulis.

  1. Garnet [Final Fantasy IX]

Maka dari semua karakter “putri kerajaan” yang sempat ditawarkan Final Fantasy, terutama terikat pada era Playstation pertama yang masih diisi dengan banyak kisah dongeng yang memuat karakter wanita dengan sterotipe yang kesemuanya sama, Garnet menjadi salah satu pendobrak yang efektif untuk sosok karakter wanita yang kuat. Garnet juga berujung memesona jika kita membandingkannya dengan sosok protagonis wanita utama dari FF VIII – Rinoa yang memang lebih terikat pada konsep “Damsel in Distress” yang lebih kental. Garnet tumbuh menjadi seorang putri manja, menjadi karakter wanita dengan misi dan resolusi, tumbuh dewasa, dan pada akhirnya lebih dari karakter wanita satu dimensi saja. Perpindahan dari Rinoa ke Garnet adalah potret karakter wanita yang pantas untuk disambut dengan tangan terbuka.

  1. Yuna [Final Fantasy X]

Maka dari semua karakter wanita yang sempat ditawarkan oleh Final Fantasy, karakter “terkuat” sepertinya menang pantas disandang oleh protagonis utama wanita dari Final Fantasy X – Yuna. Kita berbicara soal seorang Summoner yang menjalani sebuah jiarah penuh tantangan berat untuk menyelamatkan dunia yang ia cintai – Spira. Semuanya ia lakukan dengan memahami betul bahwa di akhir perjalanan, ia harus mengorbankan nyawa-nya atas nama kedamaian bersama. Ada tanggung jawab yang harus ia pikul dengan mengesampingkan semua kebutuhan dan mimpi pribadi yang ia miliki. Salah satu hal fantastis dari seorang Yuna adalah bagaimana ia ditulis tanpa mengabaikan sisi kewanitaan-nya sendiri. Ketika momen itu tiba, ketika ia begitu menginginkan seseorang dimana ia berkeluh kesah, dimana ia merasa bahwa ia butuh alasan ekstra mengapa dunia pantas untuk diperjuangkan, ia tidak ragu untuk membuka pintu hatinya untuk Tidus. Kekuatan Yuna dari sisi cerita dan karakter adalah hal yang membuatnya begitu memesona.

Di atas adalah 15 karakter wanita Final Fantasy yang menurut kami pantas menyandang predikat sebagai yang “terkuat” di antara yang “terkuat”. Sekali lagi kita berbicara tidak hanya soal kekuatan fisik saja, tetapi juga bagaimana setiap dari mereka ditulis dan diproyeksikan dalam kisah kompleks setiap seri Final Fantasy. Satu hal yang paling mengagumkan dari artikel toplist untuk artikel hari Kartini ini adalah menemukan bahwa sebagian besar karakter wanita franchise JRPG super populer ini ditulis dengan emansipasi yang kuat. Hanya ada beberapa karakter wanita lemah, seperti Rinoa di Final Fantasy VIII atau bagaimana sensualitas Vanille di Final Fantasy XIII yang terlalu ditonjolkan yang menjadi contoh buruk di puluhan tahun eksistensi franchise racikan Square Enix ini. Sisanya? Ia memuat karakter wanita yang punya peran, watak, dan aksi yang luar biasa.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Dari semua karakter wanita Final Fantasy yang sempat mengemuka selama puluhan tahun terakhir ini, manakah yang Anda kategorikan sebagai yang “terbaik” di antara yang “terbaik”? Feel free to comment and expand the list!

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…

PlayStation

December 28, 2020 - 0

Review Cyberpunk 2077: Terjebak Ilusi Korporasi!

Game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini, tidak ada…
December 15, 2020 - 0

Preview Cyberpunk 2077: Berandal Masa Depan!

Menyebutnya sebagai game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini…
December 4, 2020 - 0

Review Assassin’s Creed Valhalla: Saga Sang Penjarah!

Tidak lagi mengusung sistem rilis tahunan dan memberikan sedikit ruang…
December 3, 2020 - 0

Preview Immortals Fenyx Rising: Dewa dan Monster!

Perhatian untuk proyek yang satu ini memang terhitung besar ketika…

Nintendo

July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.
April 15, 2020 - 0

Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Tumbuh menjadi sensasi internet dalam waktu singkat, banyak gamer yang…