JagatPlay: Game of the Year 2020

Reading time:
December 31, 2020

Best Studio / Developer: Mediatonic

Puluhan juta user di puncak popularitasnya, dengan perhatian dari beragam sudut mengarah, Fall Guys:Ultimate Knockout menjadi sebuah fenomena kesuksesan yang tidak pernah bisa diprediksi oleh gamer manapun. Sesungguhnya dengan apa yang berhasil mereka capai, terutama di minggu-minggu awal rilis, sang developer sebenarnya bisa memanfaatkan momen ini untuk mendulang uang banyak. Bagaimana tidak? Hampir semua korporasi raksasa, dari gaming hingga makanan, berlomba-lomba hendak menyuntikkan kostum mereka di Fall Guys. Namun alih-alih memfasilitasi hal tersebut untuk keuntungan pribadi, mereka menggelar sayembara terbuka dimana keseluruhan pendapatan berujung dialihkan ke badan amal gaming terkait. Komunikasi via media sosial yang positif dan dukungan konten yang solid setelah rilis, Mediatonic sepertinya berhak menyandang predikat sebagai developer terbaik di tahun 2020 ini.

JagatPlay’s Game of the Year: Final Fantasy VII Remake

Menggapai kemustahilan, itulah yang berhasil dilakukan Square Enix dengan Final Fantasy VII Remake. Karena pada dasarnya, aksi remake ini adalah resep mimpi buruk yang nyaris mustahil untuk bisa dieksekusi dengan tepat. Kita bicara soal game yang butuh tampil lebih modern, butuh untuk memenuhi ekspektasi para gamer veteran, butuh menawarkan daya tarik bagi gamer pendatang baru, butuh untuk memastikan ia tetap terasa seperti game RPG yang lebih solid, sekaligus butuh untuk menawarkan sesuatu yang baru dan juga berbeda di dalamnya. Jika ia gagal? Tidak hanya ia akan menurunkan kepercayaan gamer pada Square Enix saja, tetapi juga mencederai nama Final Fantasy VII yang sudah melekat di hati banyak gamer sekaligus “mematikan” potensi lebih banyak seri remake Final Fantasy lawas di masa depan.

Ketika Final Fantasy VII Remake dirilis, semua keraguan tersebut sirna. Baik gamer veteran ataupun pendatang baru bisa mengapresiasi apa yang hendak ditawarkan Square Enix, bahkan lewat keputusan untuk menyajikan hanya wilayah Midgar saja untuk bagian pertama ini. Karakter kini punya lebih banyak kesempatan untuk bersinar, terasa lebih manusiawi, yang kini juga dibungkus elemen dan garis cerita penuh misteri yang membuat bagian keduanya tidak lagi terkunci seperti prediksi sebelumnya. Kita memang tidak pernah tahu apakah kelanjutan Final Fantasy VII Remake ini akan tetap fantastis. Namun untuk seri pertamanya, Square Enix berhasil membuat sebuah langkah beresiko super tinggi yang memancing banyak rasa skeptis di awal, menjadi sebuah produk manis yang dicintai dan dirindukan. Itu adalah sebuah pencapaian yang tidak mudah.

Di atas adalah game dan elemen gaming terbaik di tahun 2020 menurut versi JagatPlay. Sebagian besar tentu saja dipilih berdasarkan pengalaman yang berhasil mereka tawarkan, baik di satu platform, maupun lintas platform yang ada.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Setujukah Anda dengan pilihan kami di atas? Jangan ragu untuk meninggalkan komentar, pendapat, atau bahkan game pilihan Anda sendiri yang menurut Anda sebenarnya lebih pantas untuk menyandang predikat dari salah satu kategori di atas. So, what is your game of the year?

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…

PlayStation

April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…
March 9, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Housemarque (RETURNAL)!

Housemarque dan rilis konsol terbaru Playstation memang jadi kombinasi tidak…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…