Review Horizon Forbidden West: Lebih Indah, Lebih Garang, Lebih Liar!

Reading time:
February 14, 2022

Penanganan Misi Sampingan yang Solid

Horizon Forbidden West Jagatplay 130
Ada begitu banyak hal yang ditawarkan Horizon Forbidden West untuk membuat Anda sibuk.

Maka mengikuti pakem game open-world, seperti yang sudah mereka dorong sejak seri pertama, Horizon Forbidden West juga datang dengan segudang misi sampingan dan aktivitas untuk Anda selesaikan. Aktivitas tentu saja datang sederhana, dimana Anda mengerti objektif yang harus Anda penuhi tanpa banyak bumbu cerita. Ada aksi balapan super seru yang mengingatkan Anda pada Mario Kart lengkap dengan senjata, ada arena untuk menguji kemampuan melee Anda, ada board game bernama Machine Strike yang seru dan strategis, hingga sekadar Relic untuk meracik hologram-hologram untuk mengingat perayaan keagamaan besar apa saja yang sempat dirayakan umat manusia di masa lalu. Hey, untuk urusan terakhir ini, mereka bahkan menyediakan opsi hologram untuk Idul Fitri.

Dari semua aktivitas yang tersedia, yang paling seru menurut kami adalah Arena. Guerrilla Games sepertinya memahami bahwa pertarungan melawan para mesin adalah daya tarik game ini dan karenanya, arena tercipta. Seperti yang bisa diprediksi, ia akan memuat kesempatan untuk menguji kemampuan Anda melawan set mesin yang sudah ditentukan sebelumnya. Arena menjadi tempat terbaik untuk mengejar resource spesifik – Medal yang bisa ditukarkan dengan senjata, armor, dan aksesoris terkuat di dalam game. Kerennya lagi? Untuk tantangan terakhir di masing-masing kategori, game ini juga menyediakan Leaderboards global untuk melihat user mana yang berhasil meraih waktu tercepat menyelesaikannya. Ini mungkin bisa membuat Anda termotivasi untuk beraksi lebih efektif dan menguji ulang kemampuan Anda.

Namun dari semua hal ekstra yang ditawarkan Horizon Forbidden West, acungan jempol memang pantas diarahkan untuk cara mereka menangani misi sampingan yang ada. Bahwa seperti halnya di seri pertama, belajar dari kesuksesan The Witcher 3, misi sampingan yang ditawarkan seri ini juga bukan lagi sekadar permintaan-permintaan kosong yang meminta Anda mengumpulkan atau membasmi sesuatu, tanpa cerita yang jelas. Setiap misi sampingan yang Anda temui akan datang dengan cerita solid, yang beberapa di antaranya bahkan berhasil menyentuh hati kami. Ini adalah pendekatan yang terbaik.

Horizon Forbidden West Jagatplay 88
Penanganan dialog untuk misi sampingan terasa lebih baik lewat ragam sudut kamera yang tak lagi monoton.
Horizon Forbidden West Jagatplay 200
Setiap side quest datang dengan kisah unik yang beberapa di antaranya, tak sulit untuk membuat Anda tergugah.

Sebelum menyelam dalam, Guerrilla Games juga tampaknya menjadikan sisi presentasi misi sampingan ini sebagai salah satu prioritas penyempurnaan. Jika di seri pertama kebanyakan misi sampingan hadir dalam gaya cerita yang hambar, dimana cerita biasanya disajikan hanya dalam dialog antar Aloy dan karakter NPC dengan zoom wajah bergantian, ia kini punya variasi sudut kamera lebih banyak di Horizon Forbidden West. Zoom out, blur, reaksi wajah, latar belakang dunia yang kini terlihat jelas, efek tata cahaya, segala sesuatunya membuat sisi presentasi ini terlihat jauh lebih baik. Beberapa bahkan datang dengan cut-scene khusus yang membuat segala sesuatunya lebih dramatis.

Solidnya side mission ini juga mengakar dari sisi reward yang sebagian besar terasa pantas untuk dikejar. Namun pada akhirnya, kualitas dan variasi cerita lah yang membuatnya memesona. Fakta bahwa kualitas cerita ini sama solidnya antara misi sampingan dengan NPC acak yang Anda temukan di kota dan karakter-karakter companion yang penting juga di cerita utama menjadi testimoni dari apa yang berhasil dicapai Guerilla Games dengannya. Berita baiknya? Setiap misi sampingan ini juga dari apa yang kami lewati, datang dengan pengenalan, konflik, dan konklusi yang selalu memuaskan.

Salah satu cerita terfavorit kami? Ketika kami diminta bantuan untuk melacak seorang pejuang tua yang hilang dari sebuah desa. Sedikit proses eksplorasi membuatnya mudah dilacak, dimana ia bisa ditemui tengah mengintai sekelompok mesin yang bergerak di area yang sama. Si pejuang tua meminta tolong Aloy untuk membersihkan mesin yang ada dan menyelamatkan tim patroli-nya yang ia percayai tengah mengalami kesulitan. Perjuangan bersama dengan si NPC yang masih ikut aktif membantu mengatasi para mesin ini berakhir dengan kisah yang menyentuh. Ia hanya menemukan sebuah monumen peringatan kecil berisikan senjata-senjata anggota patroli-nya yang kini tersusun rapi. Tidak ada ancaman, tidak ada konflik, hanya seorang veteran yang bertarung dengan dementia yang terus membawanya mengulang situasi genting tersebut. Hati kami terenyuh.

 

SPOILER BERAT DI HALAMAN SELANJUTNYA. JIKA ANDA BERKEBERATAN DENGAN SPOILER, SILAKAN LANGSUNG MELOMPAT KE HALAMAN 5 UNTUK KESIMPULAN DAN BARISAN SCREENSHOT HIGH-RES DARI VERSI PLAYSTATION 5

 

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

PC Games

January 20, 2023 - 0

Review A Space for the Unbound: Standar Tertinggi Game Indonesia Saat Ini!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh A Space for the Unbound?…
October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…

PlayStation

January 30, 2023 - 0

Review Dead Space Remake: Isak Tangis di Luar Angkasa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dead Space Remake ini? Apa…
December 22, 2022 - 0

Review Crisis Core – Final Fantasy VII Reunion: Reunian dengan Muka Baru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Crisis Core – Final Fantasy…
December 8, 2022 - 0

Review Star Ocean – The Divine Force: Bukan Melesat, Malah Meleset!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Star Ocean: The Divine Force?…
December 7, 2022 - 0

Review The Callisto Protocol: Permulaan yang Menjanjikan!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Callisto Protocol ini? Mengapa…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…