Review Horizon Forbidden West: Lebih Indah, Lebih Garang, Lebih Liar!

Reading time:
February 14, 2022

Terbang dan Implikasi Seri Selanjutnya

Jika Anda cukup cermat memerhatikan semua clue yang sudah dilepas oleh Sony selama beberapa bulan terakhir ini untuk Horizon Forbidden West, baik dari trailer sinematik hingga cover utama yang ada, Anda sepertinya sudah mengerti dan mengetahui kira-kira gebrakan terbesar apa yang tengah dipersiapkan Guerilla Games dan Sony untuk seri yang satu ini. Seri dimana untuk setiap langkah promo yang ada,selalu memperlihatkan Aloy dan seekor mesin bernama Sunwing di dekatnya. Benar sekali, Aloy kini bisa terbang.

Kemampuan yang bisa Anda dapatkan mendekati akhir cerita ini tentu saja membuka pengalaman baru yang belum pernah ditawarkan Horizon sebelumnya. Apalagi penanganannya juga jauh lebih baik daripada aktivitas menyelam yang justru terasa hambar. Dengan menggunakan ikon spesifik, Sunwing bisa dipanggil di hampir semua area selama Anda tidak berada di dalam kota. Ia biasanya akan berakhir menjemput Anda dengan dua animasi – antara ia mendarat dan Anda harus menungganginya secara manual, atau ia akan menjemput Anda secara otomatis dan menempatkan Anda langsung ke punggungnya. Sunwing juga bisa diperintahkan untuk terbang tinggi atau rendah dalam mode Hover, atau terbang selayaknya burung. Tenang saja, ada lokasi dan juga misi yang hanya bisa diselesaikan bersama dengannya.

Satu hal yang tidak bisa kami singkirkan dari otak ketika mulai bisa mengendalikan Sunwing? Memikirkan implikasinya pada seri ketiga seri Horizon, yang sepertinya sudah bisa Anda prediksi, tidak akan selesai di seri kedua ini. Mengingat banyak kemampuan Aloy dari Horizon Zero Dawn seperti aksi override beberapa monster langsung tersedia di awal permainan Horizon Forbidden West, sepertinya rasional untuk mengharapkan sesuatu yang sama di transisi seri kedua ke seri ketiga selanjutnya. Tentu saja, masa depan bisa saja tampil berbeda, namun izinkan kami ber-teori.

Horizon Forbidden West Jagatplay 192
Kegirangan kami dengan kedatangan Sunwing justru muncul karena implikasi desain yang terpengaruh di seri ketiga nanti jika Guerrilla menjadikannya sebagai kemampuan standar baru milik Aloy.

Di otak kami, kehadiran kemampuan terbang sejak awal permainan mau tidak mau akan mengubah desain dunia seri ketiga Horizon nantinya. Kemampuan terbang berarti kesempatan untuk menabrak semua batas fisik lokasi dan tiba di semua point of interest lebih cepat tanpa hambatan. Ini berarti ada kebutuhan bagi si seri ketiga untuk melakukan banyak hal. Pertama, menawarkan dunia lebih besar yang tidak bisa dilintasi dengan super cepat dan singkat dengan binatang terbang seperti ini. Semoga saja ia tidak lantas berakhir dengan dunia dengan begitu banyak area kosong untuk memfasilitasi hal tersebut.

Kedua? Mau tidak mau, proses racik open-world bergaya Metrodvania pun harus beradaptasi dengan kemampuan terbang ini. Anda bisa membayangkan rasa frustrasi yang bisa tercipta ketika Anda bisa melenggang bebas menyusuri beragam titik misi dan menemukan sebagian besar dari mereka tidak bisa Anda selesaikan karena kemampuan yang dibutuhkan oleh Aloy ternyata belum a dapatkan. Ketiga? Ini berarti melahirkan kebutuhan untuk meracik beberapa misi sampingan yang memang didasarkan pada kebutuhan Anda mengendalikan Sunwing. Ia bisa berujung jadi sesuatu yang butuh keahlian atau sesuatu yang hanya bisa diakses oleh binatang terbang yang satu ini.

Keempat dan yang paling signifikan? Apapun seri ketiga Horizon yang ditawarkan Guerrilla nantinya,ia mulai harus memikirkan sebuah kejutan yang bahkan lebih emosional, menggugah, atau bahkan gila daripada terbang menggunakan Sunwing di seri kedua ini. Untuk saat ini, sulit untuk memikirkan apa yang bisa mereka lakukan. Karena sesungguhnya, terlepas dari apapun yang mereka rencanakan,  ia tidak bisa lagi “terkunci” pada kemampuan seperti menunggangi Tremortusk ataupun mesin yang lebih besar nantinya. Terbang adalah sesuatu yang baru, menunggangi sesuatu yang lebih besar tidak akan lebih istimewa dari hal tersebut.

Namun tetap saja, apa yang ditawarkan dari kemampuan menunggangi Sunwing di seri ketiga nantinya berujung membuat rasa penasaran dan hype kami berada di puncak. Karena jika ia memang dipertahankan dari awal, Guerrilla Games akan punya tugas berat untuk mulai mengubah bagaimana cara open-world mereka bekerja. Tetapi seperti biasa, selalu ada opsi mereka menihilkan hal tersebut dan membuat Aloy tak lagi bisa menunggangi Sunwing lagi di seri ketiga, sesuatu yang tentu saja akan terlihat buruk di mata para fans.

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

PC Games

January 20, 2023 - 0

Review A Space for the Unbound: Standar Tertinggi Game Indonesia Saat Ini!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh A Space for the Unbound?…
October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…

PlayStation

January 30, 2023 - 0

Review Dead Space Remake: Isak Tangis di Luar Angkasa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dead Space Remake ini? Apa…
December 22, 2022 - 0

Review Crisis Core – Final Fantasy VII Reunion: Reunian dengan Muka Baru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Crisis Core – Final Fantasy…
December 8, 2022 - 0

Review Star Ocean – The Divine Force: Bukan Melesat, Malah Meleset!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Star Ocean: The Divine Force?…
December 7, 2022 - 0

Review The Callisto Protocol: Permulaan yang Menjanjikan!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Callisto Protocol ini? Mengapa…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…