By

March 14, 2013   ·  

Penolakan, kekhawatiran, dan ketakutan memang menjadi sebuah reaksi yang normal ketika berhadapan sebuah langkah ekstrim untuk merombak sesuatu yang sudah begitu familiar dan melekat. Kondisi seperti inilah yang tampaknya paling tepat untuk menggambarkan apa yang tengah terjadi di industri game saat ini. Tidak hanya sekedar melakukan HD Remake untuk membantu game-game lawas tampil maksimal dalam definisi tinggi, para publisher mulai mencari cara untuk menghidupkan kembali franchise mereka yang kian tenggelam. Salah satu cara yang dihitung paling rasional? Tentu saja dengan melakukan sebuah reboot, tidak hanya membangun sebuah franchise yang sudah mapan dari awal, tetapi juga merombak mekanisme gameplay dan beragam elemen yang dulu identik dengannya. Inilah yang berusaha dilakukan Crystal Dynamics dengan proyek terbaru mereka – Tomb Raider.

Anda yang sudah membaca preview kami sebelumnya tentu saja sudah mendapatkan sedikit gambaran apa yang ditawarkan oleh seri reboot yang satu ini. Alih-alih berperan sebagai sosok ikonik Lara Croft yang sudah mahir berpetualang, Crystal Dynamics membawa Anda menuju sang akar yang belum pernah tersentuh sebelumnya. Tomb Raider versi reboot ini membawa petualangan pertama sang Croft muda dengan kisah, tragedi, dan kepiluan yang membentuknya menjadi seorang karakter heroine yang selama ini dikenal oleh para gamer. Mereka juga merombak mekanisme gameplay yang ada untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren gaming saat ini. Lantas apakah formula ini berhasil? Anda yang sempat pesimis dan skeptis akan cukup terkejut dengan hasil yang berhasil dicapai oleh Square Enix dan Crystal Dynamics.

Lantas apa yang sebenarnya ditawarkan oleh seri reboot Tomb Raider ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai petualangan Lara Croft dengan sensasi yang benar-benar berbeda? Review ini akan mengupasnya lebih dalam.

Plot

Anda akan berperan sebagai Lara Croft muda, yang menjalani petualangan besarnya yang pertama. Petualangan yang membentuknya menjadi karakter yang selama ini kita kenal.

Menyandang nama Croft seperti sang ayah, Lara Croft muda tampaknya tidak bisa melepaskan diri dari hasratnya untuk berpetualang dan mencari jawaban atas beragam misteri yang ada. Petualangan pertamanya dimulai dari ekspedisi untuk mencari kebenaran dari legenda sebuah kerajaan kuno di sekitaran wilayah Jepang – Yamatai dan sang ratu – Himiko, sang ratu matahari yang diyakini memiliki kemampuan magis tertentu. Dengan sebuah kapal besar bernama – Endurance, Lara Croft ditemani oleh sebuah tim besar dengan perannya masing-masing, termasuk Roth sang guru dan Sam – teman terbaiknya. Mereka mencurigai Yamatai berada di sekitar Dragon’s Triangle, sebuah area laut yang selalu dipenuhi badai dan memakan banyak korban kapal dan pesawat terbang. Dengan penuh keberanian, Endurance bergerak menuju sang pusat. Benar saja, badai ini ternyata bukanlah sebuah lawan yang bisa dianggap enteng. Endurance hancur berantakan, melempar Lara Croft dan sisa krunya ke sebuah pulau asing yang tidak mereka kenal. Sebuah pulau penuh dengan atmosfer mistis, kematian, dan tragedi.

Berusaha menyelidiki sebuah pulau legendaris – Yamatai, badai justru merenggut kapal ekspeidisi Croft – Endurance dan membuat semua krunya terdampar, termasuk Lara.

Terdampar bersama kru-nya yang lain, Lara harus mencari cara untuk dapat keluar dari Yamatai – sebuah pulau terkutuk penuh kejadian supranatural.

Terdampar dan diculik, Lara menemukan dirinya tergantung di dalam sebuah gua dengan sebuah ritual yang mengerikan. Hampir menjadi korban, ia berhasil melarikan diri dan kini jatuh pada satu tugas sederhana, berusaha bertahan hidup seorang diri. Ia mulai belajar berburu untuk mencari makan dan membuat api untuk membuat tubuhnya tetap hangat di tengah terpaan badai yang seolah tidak bertahan diri.  Mencari teman-temannya yang tersebar di seluruh pula, Lara akhirnya bertemu dengan sang teman baik – Sam yang juga berhasil selamat, ditemani oleh seorang pria tua misterius yang memperkenalkan dirinya sebagai Mathias. Dipenuhi rasa lega, Lara kecolongan. Di kala dirinya tidak sadarkan diri, ia justru menemukan Sam menghilang dari pandangan. Usahanya untuk menemukan Sam justru membuat Lara jatuh ke dalam tragedi yang lebih dalam. Berhadapan dengan para pasukan bersenjata yang berada di bawah komando Mathias, Lara yang masih lemah hampir diperkosa oleh sang pemimpin. Dan untuk pertama kalinya, Lara Croft harus mengakhiri nyawa seorang manusia, untuk mempertahankan diri.

Sejak awal kemunculannya, sosok pria misterius yang memperkenalkan dirinya sebagai Mathias – tampaknya memiliki agenda misterius terhadap Sam – sahabat terbaik Lara.

Perjalanan untuk menolong Sam membawa Lara pada sebuah petualangan yang tidak pernah ia harapkan. Untuk pertama kalinya jugalah, ia harus mengakhiri nyawa manusia. Manusia yang berusaha untuk memperkosanya.

Lara menemukan bahwa jawaban untuk keluar dari Yamatai terletak pada sosok sang Ratu legendaris – Himiko dan legenda yang mengikatnya.

Setelah mengetahui identitas sang pulau yang diyakini benar merupakan Yamatai, Lara dan timnya yang lain berusaha mencari cara untuk menyelamatkan diri keluar dari pulau. Namun apa yang terjadi? Badai yang mengelilingi pulau ini seolah menjadi perisai yang tidak memungkinkan siapapun untuk masuk dan keluar. Kekuatan mistis kental dan petir yang terus menyambar membuat bala bantuan yang seharusnya datang menyelamatkan, berakhir menjadi korban. Pertempuran terus terjadi untuk mencari jawaban di balik misteri ini. Tidak hanya harus membunuh, Lara juga harus berhadapan dengan kepiluan melihat orang-orang yang ia kasihi juga menjadi korban. Kesedihan terus mendorongnya untuk mencari jalan keluar demi mereka yang berhasil mempertahankan diri. Jawabannya pun terletak pada satu sosok – sang legenda, Ratu Himiko yang dipercaya menjadi kunci sentral dari semua misteri yang ada, termasuk badai konstan yang membuat semua orang terperangkap. Namun perjalanan Lara tidak pernah mudah. Selain pasukan Mathias, ia juga harus berhadapan dengan ancaman lain yang jauh lebih mengerikan. Sebuah ancaman yang lahir dari masa lalu dan tetap bertahan, bahkan hingga masa hidup Lara saat ini.

Perjalanan penuh tragedi dan darah untuk mencari jawaban misteri Yamatai pun dimulai.

What the…..

Lantas siapa sebenarnya sosok Mathias? Mengapa ia begitu tertarik pada sosok Sam dan berusaha menculiknya? Kekuatan seperti apa yang sebenarnya dimiliki oleh Himiko? Mampukah Lara dan sisa krunya keluar dari Yamatai? Tragedi seperti apa lagi yang harus dipikul oleh sosok muda yang satu ini? Semua jawaban dari pertanyaan ini bisa Anda temukan  dengan memainkan Tomb Raider reboot ini.

Pages: 1 2 3 4

Related Articles:

Tags: , , , , , , , , , ,

Comments


Readers Comments ()