Review LEGO Batman 2 – DC Super Heroes: Seri LEGO Terbaik Saat Ini!

Reading time:
June 22, 2012

Gameplay yang Serupa – Tetap Berfokus pada Penyelesaian Puzzle

Walaupun sudah dirilis dalam berbagai seri dengan adaptasi film dan komik yang bervariasi, sebuah game LEGO selalu menghadirkan ciri khas permaian dan identitas yang serupa satu sama lain. Daripada disebut sebagai sebuah game action,  seri LEGO lebih pantas dilihat sebagai sebuah game platformer yang lebih memfokuskan diri pada seberapa baik Anda menemukan logika untuk memecahkan setiap teka-teki yang ada. Sementara di sisi action? Musuh hanyalah rintangan tidak bermakna bagi Anda. Anda hanya perlu memukul musuh dengan beberapa pukulan untuk mengubah mereka menjadi kepingan. Gagal dan dikalahkan? Anda dapat respawn di tempat yang sama sebanyak mungkin yang Anda mau, dengan penalti hilangnya sejumlah studs – mata uang di game yang satu ini.

Inti permainan dari LEGO 2 Batman – DC Super Heroes ini sangatlah sederhana. Anda hanya diminta untuk bergerak dari satu titik ke titik selanjutnya. Namun, jangan berharap bahwa perjalanan ini akan mulus begitu saja. Anda akan dihadapkan pada serangkaian puzzle yang akan menuntut Anda untuk mengembangkan kemampuan untuk berpikir secara runtut dan details. Sebagian besar rintangan ini muncul dalam bentuk jalan yang terputus atau daerah yang tertutup karena alasan tertentu. Solusi untuk memecahkan puzzle ini? Jawabannya terletak pada kemampuan unik masing-masing karakter.

Lego Batman 2 12
Inti permainannya sendiri tidak banyak berubah? Anda akan lebih difokuskan untuk memecahkan puzzle untuk dapat bergerak ke area selanjutnya.
Lego Batman 2 4
Temukan pakaian yang tepat untuk memunculkan kekuatan khusus yang akan membantu Anda memecahkan puzzle yang ada

Batman mungkin tidak memiliki kemampuan super layaknya Superman, Wonder Woman, atau Green Lantern, tapi ia punya cukup uang untuk membangun apa yang ia inginkan. Robin sebagai side-kick juga “kecipratan” keuntungan yang satu ini. Hampir sebagian besar puzzle yang ditemukan di game ini akan dapat Anda selesaikan jika Anda berhasil menemukan suit / pakaian yang tepat untuk memanipulasi lingkungan yang ada. Contohnya? Pakaian Electrosuit milik Batman memungkinkannya untuk berjalan melewati listrik dan mematikan sumber tenaga, Power Suit membuatnya mampu meledakkan benda-benda dari LEGO berwarna perak, dan Sensor Suit memungkinkannya untuk menghilang. Sementara Robin? Ia memiliki Acrobat Suit untuk melompat lebih tinggi, Magnet suit untuk memanipulasi magnet, dan Chemical Suit untuk berhadapan dengan zat-zat kimia berbahaya. Inti dari permainan LEGO Batman 2? Tentu saja menyelesaikan setiap puzzle yang ada dengan memanfaatkan kemampuan spesial dari suit-suit / karakter ini.

Tenang saja, tidak ada puzzle yang cukup berat untuk membuat Anda jatuh pada tingkat frustrasi. Setiap puzzle ini dapat diselesaikan dengan cara-cara sederhana, cepat, dan mudah. Tentu saja, selama Anda menggunakan reaksi otot dan otak ketika memainkan LEGO Batman 2 ini. Anda juga akan diberi kebebasan untuk melakukan swap dan mengendalikan karakter yang berbeda di dalam permainan untuk mengakses kemampuan spesial mereka. Ingin merasakan gameplay yang jauh lebih menegangkan dan seru? LEGO Batman 2 menyediakan sebuah fitur yang begitu langka dan sulit ditemukan di pasaran saat ini. Benar sekali, kita sedang membicarakan mode multiplayer SPLIT-SCREEN! Bermain dan bekerja sama dengan teman Anda untuk mencari solusi dari setiap puzzle tentu akan membuat Anda lebih dapat menikmati LEGO Batman 2 ini dengan lebih sempurna.

Lego Batman 2 5
Traveller’s Tale tetap menyertakan mode multiplayer split-screen yang jarang lagi ditemukan di game-game yang dirilis belakangan ini

Dari sisi gameplay dasar, hampir tidak ada yang membedakan LEGO Batman 2 dengan seri-seri game LEGO sebelumnya. Ia tetap datang sebagai sebuah game yang menuntut Anda untuk menyelesaikan setiap tantangan yang lebih banyak hadir dalam bentuk puzzle. Suits dan berbagai kemampuan khusus karakter menjadi kunci jawaban dari semua puzzle ini selama Anda berhasil mengeksekusinya dalam pola yang runtut dan tepat. Lantas, apa yang membedakan LEGO Batman 2 dengan seri game LEGO lainnya? Apa istimewanya game yang satu ini hingga kami menyebutnya sebagai seri LEGO terbaik? Semua kekuatan seri ini akan kami tunjukkan pada bagian berikutnya.

It’s a Bird! It’s a Plane! It’s Superman!!

Lego Batman 2 36
It’s a bird, it’s a plane, it’s Superman!!

Traveller’s Tale tentu saja tidak menamakan sub-judul “DC Super Heroes” jika mereka tidak menyertakan karakter-karakter DC di dalam LEGO Batman 2 ini. Dengan ancaman yang datang dari otak kriminal tertinggi di Metropolis, Gotham City tentu saja tidak hanya membutuhkan Batman dan Robin, tetapi juga sang ikon manusia super – Superman. Walaupun game ini mengambil judul Batman di dalamnya, bukanlah sesuatu yang mengherankan jika Anda justru akan jatuh cinta dengan sosok karakter Superman ala LEGO ini. Mengapa? Karena Traveller’s Tale berhasil mengadaptasikan sosok Superman dengan begitu akurat, terutama kekuatan super yang disandangnya. Anda akan merasakan secara langsung perbedaan kekuatan yang kentara ketika menggunakan Superman dengan Batman atau Robin. Bagaimana tidak? Ia dapat terbang, menembakkan sinar laser dari matanya, menyemburkan kekuatan es, menggunakan kekuatan X-Ray, menarik dan mengangkat benda-benda berat, serta membunuh musuh manapun dengan 1 kali pukulan. Hebatnya lagi? Ia tidak dapat dilukai oleh 90 persen senjata di LEGO Batman 2 ini. Wow!

Lego Batman 2 16
Ketika Batman dan Robin harus bersusah payah menaiki tangga, Superman dapat terbang dengan mudahnya.
Lego Batman 2 33
Adaptasi sosok Superman di LEGO Batman 2 memang harus diacungi jempol. Hampir semua kekuatan yang identik dengan sosok yang satu ini dapat Anda eksekusi. seperti sinar laser ikonik ini.
Lego Batman 2 52
Superman is riding a bicycle! Your argument is invalid!

Seperti di versi filmnya, satu-satunya kelemahan Superman hanyalah Kryptonite yang akan Anda temukan seiring dengan berjalannya permainan. Ia tidak akan dapat mengakses daerah yang sudah terkontaminasi batu yang satu ini. Selebihnya? Superman akan tumbuh menjadi karakter favorit Anda. Ia seolah tampil sebagai pahlawan dengan kekuatan super dalam paket lengkap, sesuatu yang harus susah payah diakses oleh Batman dan Robin lewat beragam suit yang merepotkan. Hal lain yang akan membuat Anda semakin jatuh cinta dengan Superman? Ketika Anda menggunakannya untuk mengakses Gotham City dalam mode open-world, Anda akan disuguhi theme song original Superman untuk menemani terbang Anda. Epik!

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…