15 Game Paling Menyita Waktu!

Reading time:
May 26, 2015

3. The Sims

the sims1

Konsepnya agak aneh memang. Siapa yang mengira bahwa usaha untuk mensimulasikan kehidupan nyata bagi gamer, yang sebagian besar berusaha lari dari dunia nyata, ternyata jadi sebuah franchise yang sukses luar biasa. Apa yang membuat The Sims menjadi game yang membuat waktu seolah tidak relevan? Kunci psikologisnya terletak pada ilusi untuk menawarkan sebuah kehidupan impian yang tidak bisa kita capai di dunia nyata. Mendesain rumah sesuai dengan apa yang kita inginkan? Membangun keluarga menyenangkan? Melakukan segala sesuatunya semudah point dan click? Dengan begitu banyak hal yang bisa terjadi di dalamnya selama proses tersebut dengan hasil akhir yang tidak pernah pasti, The Sims menawarkan pengalaman berbeda untuk setiap tangan yang memainkannya. Ratusan jam untuk mesimulasikan sebuah hidup yang Anda impikan dan melihatnya secara visual di depan mata? Sesuatu yang sangat bisa dimengerti.

2. DOTA 2

dota 2 mafia

Tidak pernah ada satupun pertempuran yang terasa sama, kalimat pendek ini tampaknya cukup untuk menjadi alasan yang logis mengapa DOTA 2 begitu menyita waktu. Setiap pertempuran memang hanya berjalan sekitar 30-60 menit, namun sensasi setelah menyelesaikan pertempuran inilah yang membuat Anda bisa tidak beranjak dari kursi untuk waktu yang lama. Anda menang di pertandingan sebelumnya? Anda akan ingin menang lagi, dan menjajal satu lagi ekstra pertandingan sembari bergumam, “Satu match lagi deh”. Anda kalah? Maka Anda akan bermain lagi dengan harapan untuk meraih kemenangan kali ini sembari bergumam, “Satu lagi deh, pengen menang”. Dan ketika proses di otak ini mulai berhenti dan tangan Anda mulai lelah? Anda melihat dunia luar yang tadinya terang benderang, kini gelap dengan sinar lampu di mana-mana dengan perut keroncongan menemani. Pertempuran 60 menit ini bisa berakhir menjadi berjam-jam dan terakumulasi hingga ribuan jam tanpa terasa. Waktu Anda berharga? Tidak relevan di mata DOTA 2.

1. Elder Scrolls V: Skyrim

skyrim-wallpaper

Game yang paling menyita waktu Anda? Benar sekali, tidak perlu diragukan lagi, adalah masterpiece dari Bethesda – Elder Scrolls V: Skyrim. Tidak mudah rasanya untuk melepaskan game yang satu ini, bukan hanya karena dunianya yang luas, tetapi juga karena “sifat”nya yang tidak bisa diprediksi. Skyrim adalah sebuah dunia hidup yang dinamis, apa yang Anda temui saat ini belum tentu Anda temukan  besok. Ia mungkin menawarkan rangkaian side quest yang minim, namun ada begitu banyak gua, reruntuhan, monster yang menunggu hasrat berpetualang Anda. Memainkan game ini hingga puluhan jam tanpa pernah menyentuh mode cerita sama sekali? Kami sendiri pernah mengalami hal tersebut. Memasuki ratusan jam untuk mengeksplorasi setiap sudut Skyrim yang tidak pernah berhenti menawarkan kejutan yang tidak pernah disangka sebelumnya? Sudah pasti. Menyentuh ribuan jam untuk sekedar menjajal beragam mods yang bertebaran di Nexus yang siap untuk memastikannya mampu berkompetisi dengan game-game generasi terbaru yang baru dirilis? Sebuah pilihan yang bisa dimengerti. Jika ada satu dunia fiktif yang terus berevolusi dan tidak bisa “mati” begitu saja, maka Skyrim memenuhi semua indikator tersebut. Anda bisa berteriak “Fus Ro Dah” pada waktu Anda begitu Anda mulai jatuh hati padanya.

Di atas adalah game-game yang menurut kami – JagatPlay merupakan game-game yang paling menghabiskan waktu, baik karena konsep gameplay yang ditawarkan developer, konten, atau sekedar karena kecintaan gamer dan popularitas game itu sendiri. Menghabiskan waktu di sini tentu saja tidak dalam pengertian hanya dari keseluruhan waktu untuk menyelesaikan cerita yang ada, tetapi juga mengakar pada side quest atau kebebasan eksplorasi yang tampaknya tidak pernah disia-siakan oleh gamer penggemar masing-masing franchise di atas. Puluhan jam? Ratusan jam? Ribuan jam? Game-game yang cukup untuk membuat Anda bahwa setiap dihabiskan untuknya, memang sesuatu yang pantas untuk dilakukan.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Dari semua game yang pernah Anda mainkan selama ini, manakah yang menurut Anda game yang paling menghabiskan waktu? Feel free to comment and expand the list!

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…