JagatPlay: Menjajal Sekiro – Shadows Die Twice – 2 Jam Pertama!

Reading time:
March 7, 2019
Sekiro 33

Mengkhawatirkan dan mengejutkan di saat yang sama, ini mungkin dua kata yang paling tepat untuk menggambarkan reaksi sebagian besar gamer penggemar seri Souls ketika From Software untuk pertama kalinya membuka tabir misteri Sekiro: Shadows Die Twice beberapa waktu yang lalu. Mengejutkan, karena terlepas dari beragam wawancara yang mengindikasikan mereka hendak menarik diri dari game-game dengan cita rasa Souls yang kuat, Sekiro tampak mengusung DNA yang serupa. Mengkhawatirkan? Karena tidak lagi berdiri di bawah bendera Bandai Namco, game yang sempat disebut-sebut hampir berujung jadi seri terbaru Tenchu ini ternyata berdiri di bawah bendera Actvision yang notabene, selalu melekat dengan citra kebijakan yang berpihak pada uang. Namun pelan tapi pasti, Sekiro mulai memperlihatkan bentuk yang kian menggoda dan mengagumkan.

Kami termasuk salah satu gamer yang cukup beruntung untuk menjajal apa yang sudah digodok oleh From Software selama bertahun-tahun ini lebih cepat. Bertempat di Bangkok, Thailand bersamaan dengan event media preview Days Gone, kami lebih tepatnya bisa disebut menjajal versi final dari Sekiro: Shadows Die Twice ini. Berbeda dengan event demo sebelumnya yang berkisar pada usaha untuk menundukkan boss “Corrupted Monk”, demo kali ini memungkinkan kami memainkan Sekiro dari awal hingga 2,5 jam ke depan. Ada sedikit pergantian skenario di 30 menit terakhir, dimana kami “dilemparkan” ke progress lebih jauh dengan tipe musuh yang berbeda pula.

Lantas, apa yang ditawarkan oleh Sekiro: Shadows Die Twice di event media preview kali ini? Apakah ia menjadi sebuah game yang layak untuk diantisipasi? Impresi ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda:

Cerita Definitif

owl sekiro
Berbeda dengan seri Souls selama ini, Sekiro hadir dengan cerita definitif.

Apa yang sebenarnya terjadi? Siapa karakter yang Anda gunakan? Konflik apa yang sebenarnya tengah terjadi dan mengapa Anda terlibat di dalamnya? Siapa boss yang baru saja Anda tundukkan dan hubungannya dengan lore yang diusung? Hampir semua gamer Souls pasti mengerti dan sempat menelurkan pertanyaan-pertanyaan seperti ini. Sejak era Demon’s Souls yang kemudian diikuti tiga buah seri Souls dan Bloodborne, Hidetaka Miyazaki – sang otak di balik franchise ini memang selalu menawarkan pendekatan cerita yang implisit. Bahwa untuk bisa memahami apa yang sudah terjadi, tengah terjadi, dan akan terjadi, gamer harus rutin membaca deskripsi item yang didapatkan. Tidak heran jika Youtuber yang berfokus untuk membicarakan dan menganalisa lore Dark Souls misalnya, punya popularitas tinggi.

Berita baiknya untuk Anda yang tidak pernah menyukai aspek seri Souls yang satu ini, Sekiro hadir dengan cerita yang definitif. Fakta bahwa Anda menggunakan satu karakter utama spesifik yang sudah ditentukan sebelumnya sepertinya memberi ruang bagi Miyazaki untuk membangun sebuah cerita yang lebih jelas dengan potongan cut-scene yang sedikit mengikuti formula game-game AAA single player pada umumnya.

Anda berperan sebagai seorang karakter yang sering dipanggil sebagai “Lone Wolf” atau sekedar “Shinobi”. Menjadi salah satu korban perang besar penuh darah di era Sengoku saat ia kecil, sifatnya yang tidak takut kematian akhirnya membuatnya direkrut oleh Shinobi yang lebih tua – Owl. Di bawah kepemimpinan dan pelatihannya, karakter utama kita tumbuh menjadi ahli pedang yang fantastis. Owl yang sudah berperan selayaknya seorang ayah meminta kita untuk berdiri di bawah bendera salah satu pemimpin feudal yang ada, dimana kesetiaan kita akan bernaung. Namun seperti yang bisa diprediksi, kesetiaan ini berujung diiuji. Sang pemimpin yang masih begitu muda diculik dan menjadi tanggung jawab Anda lah untuk menyelamatkannya. Sebuah perjuangan yang justru berakhir dengan tangan yang hilang. Sisanya? Anda sepertinya sudah bisa memahami apa yang terjadi.

Menemukan sebuah game yang berbagi DNA Souls namun punya cerita yang lebih definitif tentu saja menjadi pendekatan baru yang pantas disambut dengan baik. Namun perlu diingat, Anda yang mencintai aspek seri Souls ini juga tidak perlu banyak khawatir. Wawancara Miyazaki beberapa waktu yang lalu juga sudah mengkonfirmasikan bahwa untuk bisa memahami dunia dan lore Sekiro yang sebenarnya, strategi untuk mencari ragam informasi tersebut dari deskripsi item misalnya, tetap akan dihadirkan. Apalagi sekarang Sekiro kini juga punya satu fitur baru – Menguping, yang bisa dipicu ketika Anda berdiri dekat musuh yang tengah berbincang. Menguping ini tentu akan membantu Anda mendapatkan gambaran lebih jelas soal situasi yang tengah terjadi, namun bukan jadi sesuatu yang harus jajal jika Anda hanya datang atas nama ingin membunuh dan menyelesaikan level secepat mungkin.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…