JagatPlay: Best Articles of 2015

Reading time:
December 28, 2015
jagatplay-best-articles

Sudah menjadi rahasia umum tampaknya bahwa eksistensi sebuah situs, bahkan untuk gaming sekalipun, akan sangat bergantung pada seberapa banyak pengunjung yang hadir dan menikmati konten yang ia tawarkan, terlepas dari apakah ia berkualitas atau tidak. Semakin memperlihatkan kecenderungan pertumbuhan yang positif, sebuah situs dengan komunitas besar tentu akan punya nilai jual lebih baik dan mampu menjalani kerjasama yang lebih solid dengan pihak lain yang juga punya kepentingan di dalamnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak situs saat ini mati-matian menawarkan konten unik satu sama lain untuk membangun identitas solid tersebut. Walaupun sayangnya, beberapa akhirnya harus jatuh ke “sisi kegelapan” dan sekedar menjual judul dan sensasionalisme semata untuk mencapai hal yang satu ini. Kehidupan sebuah situs bergantung pada aktifnya sang pengunjung.

Hal yang sama juga berlaku di JagatPlay sebagai situs gaming. Bahwa semua konten, terutama yang bersifat unik seperti review game, hardware, toplist, hingga beberapa news dengan pendekatan berbeda yang ia tawarkan menjadi sebuah jembatan untuk misi utama seperti ini. Dan sejauh ini, berita baiknya, cukup berhasil. Dibandingkan dengan tahun 2014 silam, JagatPlay memperlihatkan pertumbuhan visitor yang cukup signifikan, dengan sebagian besar tetap bertahan untuk terus menikmati konten yang ditawarkan. Kita sudah membicarakan Game of the Year atau game-game keren lainnya untuk tahun 2015 ini, namun kali ini, kita akan berbicara soal sesuatu yang berbeda. Soal JagatPlay itu sendiri.

Dengan penghujung tahun 2015 yang tinggal beberapa hari lagi, tidak momen yang lebih baik lagi selain mulai merangkum artikel-artikel apa saja yang sempat kami lemparkan selama 1 tahun terakhir ini yang paling minat Anda para Players. Artikel-artikel yang lewat data Google Analytics, berhasil mendapatkan porsi visitor paling dominan sepanjang tahun. Kami juga akan melemparkan sekelibat isi konten di setiap judul yang berhasil ini, sekaligus menyediakan link tautan untuk melompat langsung ke artikel yang dimaksud lewat judul yang ada.  Jadi artikel JagatPlay apa saja yang paling ramai tahun ini berdasarkan data jumlah visits per kategori? Ini dia:

NEWS

  1. DOTA 2 Usung Perubahan Besar di Update 6.84

dota-2-684-600x372

Bagi Anda yang tidak terlalu familiar dengan DOTA 2, Aghanim’s Scepter merupakan salah satu item kelas tinggi dalam game yang biasanya melahirkan efek yang lebih destruktif untuk serangan pemungkas (Ultimate) hero. Tidak hanya itu saja, beberapa bahkan mampu menambahkan sifat atau bahkan skill baru bagi hero yang memegang item yang satu ini. Namun, yang menarik? Aghanim’s Scepter hanya bisa menghasilkan efek tersebut hanya bagi beberapa varian hero khusus, terlepas dari ratusan yang dipersiapkan Valve. Secara perlahan namun pasti, Valve menambahkan efek Aghanim ini ke lebih banyak hero lewat beragam update yang ada. Di 6.84, jumlah hero dengan efek Aghanim langsung melejit tinggi.

  1. Harvest Moon Terbaru untuk PC Perlihatkan Bentuk Perdana

seeds-of-memories1-600x302

Informasi membahagiakan yang sempat dikonfirmasikan Natsume beberapa waktu yang lalu ini tentu saja membuat banyak gamer PC bahagia. Natsume akhirnya akan merilis seri Harvest Moon terbaru bernama Seeds of Memories untuk PC, Android dan Nintendo Wii U. Antisipasi menguat setelah mereka juga mengklaim bahwa seri terbaru ini akan mejadikan Harvest Moon lawas seperti Back to Nature sebagai inspirasi gameplay utama. Dan kini, setelah menjadi misteri, penampakan gameplay perdana untuk seri teranyar ini akhirnya mengemuka di dunia maya.

  1. Emulator Playstation 3 untuk PC Mulai Berjalan

Playstation-3

Lewat sebuah video yang dirilis di situs video Youtube, salah satu user berhasil menjalankan game komersial pertama Playstation 3 di PC, menggunakan sebuah program emulasi yang masih berada dalam masa pengembangan – RPCS3. Walaupun masih dipenuhi dengan begitu banyak bug, dengan framerate yang super kacau, bahkan terkesan laggy untuk sebuah game dengan visualisasi “ringan”, fakta bahwa game Playstation 3 ini bisa dimainkan di PC menjadi pencapaian tersendiri. Sebuah permulaan yang menarik untuk disimak perkembangannya di masa depan.

  1. Playstation 4 Sudah Bisa Dibajak

Infamous-Second-Son-JagatPlay-15-600x337

Yang lebih menarik, informasi tersebut nampaknya bukan sekadar omong kosong belaka. Seorang jurnalis dari media ternama asal Brazil, UOL Jogos, telah mengkonfirmasi kebenarannya. Sang jurnalis membuktikan dengan mencobanya pada PS4 yang ia bawa ke toko tersebut. Bagaimana caranya untuk bisa memainkan game PS4 bajakan? Modal utama si pembajak adalah sebuah konsol PS4 dengan berbagai game ORIGINAL yang telah ter-install di dalamnya. Nantinya, game-game tersebut akan di-copy ke konsol konsumen.

  1. Na’Vi DOTA 2 Pecat Semua Anggota Tim!

dota 2 navi

Performa buruk selama beberapa bulan terakhir jadi pemicu. Gagal masuk The Fall Major dan tersingkir di babak-babak awal The International 2015 sudah jadi indikator bahwa Na’Vi memang butuh berbenah. Bahwa tim yang kini berisikan Dendi, Xboct, Funn1k, Sonneiko, dan PSM ini butuh sesuatu yang ekstrim untuk mengembalikan kembali performa mereka yang sudah jadi legenda tersendiri. Namun management Na’Vi berkata lain. Mereka memilih cara yang tampaknya tak lagi terhindarkan.

  1. PES 2016 Tetapkan Tanggal Rilis Pasti!

PES-2016-teaser-4-600x338

PES 2016 juga  disebut akan memiliki sistem kontrol 1vs1 dengan sistem respon yang lebih baik pula. Tidak hanya itu, dari sisi defense – sebuah tackle yang sempurna akan membuka kesempatan untuk melakukan counter dengan cepat. AI juga disempurnakan untuk lebih reaktif pada apa yang Anda butuhkan, termasuk mengambil posisi one-two tanpa perlu Anda picu secara manual. Sementara di baris pertahanan terakhir – kiper, mekanisme baru yang mereka suntikkan akan melahirkan lebih banyak variasi gerakan untuk menangkap dan membuang bola keluar zona berbahaya tersebut. PES 2016 juga menjanjikan perbaikan di sisi kosmetik, dari animasi selebrasi dan pergerakan baru, physics bola, cuaca dinamis, hingga varian kamera Wide yang baru. Perbaikan di sisi komentator juga dijanjikan!

  1. PES 2016 versi PC Dapatkan Respon Negatif

pes 2016 pc vs ps4

Apa pasal? Benar sekali, semuanya terjadi karena keengganan Konami untuk melakukan proses porting yang optimal untuknya. Seperti yang terjadi di 2015, alih-alih mendasarkan versi PC ini dengan visual Playstation 4 atau Xbox One, PES 2016 PC tetap mengakar pada versi last-gen. Tentu saja, hal ini memicu ketidakpuasan para pemilik game originalnya, apalagi komparasi memperlihatkan perbedaan yang cukup signifikan. Salah satu user Youtube – Candyland membandingkan dan memperlihatkan perbedaan kedua versi tersebut lewat sebuah video yang jelas. Anda bisa melihat bagaimana perbedaan tekstur yang kentara di antara keduanya.

  1. Harga GTA V PC Original di Indonesia

new-gta-v-pc-screenshot-9-600x338

Ada dua opsi tentu saja untuk memiliki GTA V PC versi original ini. Pertama, adalah dengan membelinya secara digital. Ada dua opsi yang bisa ditempuh, dengan dua harga yang berbeda. Rockstar menyedikan versi digital yang hanya bisa diakses lewat Rockstar Social Club sebagai opsi termurah, dan opsi terintegrasi Steam yang sedikit lebih mahal.

  1. Jadwal The International 2015 – Waktu Indonesia Barat

the international 2015

Benar sekali, hanya dalam beberapa hari ke depan, turnamen The International 2015 akhirnya akan dibuka! Siap untuk disiarkan via Youtube, Twitch, atau client DOTA 2 sendiri, ia tentu menjadi event yang tidak ingin dilewatkan para penggemar DOTA 2 di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Anda termasuk yang tidak ingin ketinggalan? Berikut adalah jadwal pertandingan menurut Waktu Indonesia Barat (Indonesia Tengah + 1 Jam, Indonesia Timur + 2 Jam):

  1. Cheat di DOTA 2 Mulai Terbongkar!

script

Anda sempat bertemu dengan pemain lain yang tampaknya memiliki waktu respon super cepat yang mustahil dimiliki oleh manusia biasa? Besar kemungkinan, mereka melakukan cheat/hack menggunakan metode yang disebut sebagai “Scripting”. Menggunakan Scripts ini, gamer DOTA 2 bisa mengeluarkan beragam indikator dan perintah otomatis yang tidak difasilitasi mekanik normal pada umumnya. Video di atas tampaknya cukup untuk memberikan gambaran bagaimana cara kerja yang ia miliki.

Tags:

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…