JagatPlay: Best Articles of 2015

Reading time:
December 28, 2015

TOPLIST

  1. 10 Game Raksasa Paling Meragukan di 2015!

10-Game-Raksasa-Paling-Meragukan-di-2015-600x338

Tahun 2015 menawarkan begitu banyak game raksasa. Beberapa bahkan datang dari proyek yang sebelumnya seharusnya meluncur di tahun 2014, namun ditunda dengan beragam alasan yang ada. Janji dan klaim melayang di sana sini, berusaha membangun identitas bahwa setiap darinya akan lahir sebagai sebuah proyek unik dan berbeda, dengan kualitas yang pantas untuk dicicipi sejak hari pertama rilis. Namun berangkat dari apa yang kita pelajari di tahun 2014 silam, gamer seharusnya sudah mulai tidak langsung percaya dengan semua janji yang berpotensi kosong ini

  1. 10 Game yang Harus Diwaspadai Selama Bulan Puasa!

senran-kagura11-600x338

Kita mengerti bahwa semua video game bukanlah wilayah “mainan” yang sekedar ditujukan untuk anak-anak. Tidak sedikit judul game dari beragam genre yang memang difokuskan untuk menargetkan pasar orang dewasa, bahkan dengan konten yang eksplisit. Berangkat dari pengetahuan dasar ini, gamer yang memang berniat menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk sudah pasti akan menghindari game-game sekelas Hentai, Playboy Mansion, ataupun 7 Sins, misalnya untuk menekan nafsu apapun yang bisa muncul dari sana. Namun kita semua juga memahami, bahwa video game terkadang memuat banyak kejutan. Banyak game yang terlihat “ramah” dari luar namun membawa konten yang tidak kalah berbahaya.

  1. 10 Hal yang Mungkin Tidak Anda Ketahui dari DOTA 2!

dota-2-feat-image-600x385

Bahkan untuk seorang gamer (seperti kami) yang sudah menghabiskan lebih dari 2.000 jam permainan sembari menonton beragam pertandingan internasional dan terus berusaha mengupdate berita soal DOTA 2, game ini tidak pernah berhenti mengejutkan. 2.000 jam ternyata tidak cukup untuk membuka semua misteri yang ada. Selalu ada strategi gameplay baru, selalu ada build item yang lebih efektif, selalu ada kombo serangan kerjasama yang lebih mematikan, dan selalu ada gaya permainan yang mengagumkan dari para professional. Menariknya lagi? Bahkan masih ada banyak rahasia, baik dari sisi gameplay maupun cerita yang tidak pernah Anda sadari. Point terakhir inilah yang akhirnya mendorong kami untuk membuat artikel yang mungkin, hanya bisa dinikmati para penggemar DOTA 2 ini.

  1. 15 Istilah Game Paling Membingungkan untuk Orang Awam!

feat-image-paling-membingun-600x358

Terlepas dari variasi genre dan franchise favorit, ada begitu banyak kata, frasa, atau singkatan baru yang muncul untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi gamer sebagai sebuah kesatuan. Muncul beragam istilah-istilah baru yang mungkin terasa asing, namun mampu mencapai fungsi utamanya untuk kebutuhan gaming. Gamer membangun banyak istilah “keren” yang sudah pasti, akan terasa begitu absurd dan aneh untuk telinga mereka yang awam atau non-gamer. Sesuatu yang bahkan berpotensi punya arti yang jauh berbeda dengan apa yang berusaha disampaikan oleh para gamer ini, apalagi ketika ia tidak sengaja meluncur keluar dalam percakapan sehari-hari.

  1. 10 Game “Penghibur” untuk Gamer Penanti GTA V PC!

hardline1-600x338

 

Jika Anda termasuk gamer yang begitu menantikan kehadiran game luar biasa racikan Rockstar ini, dua bulan ke depan bisa jadi bulan-bulan menyebalkan yang berisi hanya penantian. Selain memastikan rig Anda cukup kuat untuk menjalankan GTA V, apalagi setelah konfirmasi spesifikasi yang meluncur belum lama ini, Anda seharusnya masih punya peluang untuk menikmati setiap harinya dengan produk-produk yang tidak kalah menarik. Walaupun dengan cita rasa yang berbeda, tentu saja. Memosisikannya sekedar sebagai “penghibur”? Anda yang menjadikan PC sebagai platform gaming utama tidak harus lantas bersedih dan bingung.

  1. 15 Game Paling Menyita Waktu!

feat-image1-600x338

Seperti sebuah mesin waktu kecil yang dibangun entah dari mana, game-game ini siap untuk seolah membuat Anda mampu “meloncat” cepat beberapa jam lebih cepat ke masa depan. Apalagi proses psikologis yang berputar di sekitarnya entah mengapa membuat Anda merasa bahwa pengorbanan itu pantas, untuk sedikit kemenangan atau angka virtual di layar televisi.  Kita tentu saja tidak membicarakan MMO, yang memang sengaja dibangun untuk mencapai hal ini. Kita membicarakan game-game yang mengakar pada genre lain, namun menawarkan sensasi yang tidak berbeda. Game-game yang tampaknya hanya meminta satu hal pada Anda untuk dinikmati – Waktu.

  1. 15 Game Terburuk Sepanjang Masa!

feat-image-15-game-terburuk-600x338

Tidak sedikit video game, sejak zaman Atari di masa lalu, yang sekedar meluncur tanpa konsep dan gameplay yang kuat. Video game yang cukup untuk setiap gamer yang menyentuh dan memainkannya mengerti bahwa ia dibangun asal-asalan, tanpa konsep kuat, dan bahkan terkesan tidak rampung. Game-game yang justru lebih banyak mengundang tawa atau bahkan rasa frustrasi, bukan karena niat sang developer sendiri, tetapi karena pilihan desain atau masalah teknis yang tersebar di sana-sini. Game-game yang pantas untuk dinobatkan sebagai yang terburuk di sepanjang sejarah eksistensi industri game itu sendiri.

  1. 20 Game Terbaik Playstation 1 Sepanjang Masa!

ps1-600x300

Playstation melahirkan banyak game keren yang tidak akan mudah dilupakan begitu saja. Beberapa berakhir menjadi pondasi untuk lebih banyak seri yang bahkan masih eksis hingga saat ini, walaupun tidak sedikit pula yang harus mati muda, namun menyisakan memori yang tidak terganti. Untuk merayakan hari ulang tahun Playstation 1 yang ke-20, inilah 20 game Playstation terbaik yang pernah kami nikmati di era keemasannya:

  1. 15 Anime Terbaik untuk Gamer!

15-Anime-yang-Cocok-Ditonton-oleh-Gamer-600x338

Banyak sekali anime yang memang sangat terkait dengan game, entah itu anime yang diangkat dari game tertentu, mengisahkan seputar seorang gamer dengan berbagai konflik di sekelilingnya, ataupun menampilkan berbagai elemen yang ternyata berkaitan dengan dunia game. Kami berusaha mencari anime dari kategori kedua dan ketiga yang kami sebut di atas, yang menurut kami akan bisa dinikmati oleh gamer karena adanya berbagai hal terkait game yang ada di dalamnya. Dari banyak anime dengan tema seperti yang telah kami deskripsikan di atas, berikut ini adalah daftar 15 anime yang menurut kami sangat cocok untuk Anda, para gamer, tonton:

  1. 10 Misteri Terbesar Harvest Moon: Back to Nature!

harvest-moon-back-to-nature-600x391

Ada satu hal yang menarik dari Harvest Moon: Back to Nature, yang mungkin tidak akan bisa dimengerti oleh gamer-gamer “muda” saat ini. Apa itu? Benar sekali, kita membicarakan misteri yang mengitarinya. Namun jangan bandingkan dengan konsep easter eggs yang masih  mudah ditemui di game-game keluaran saat ini dan seringkali berujung pada terbukti / tidak terbukti, misteri yang mengitari Harvest Moon tak ubahnya urban legend yang menyebar dari mulut ke mulut. Dengan konektivitas internet yang sangat terbatas di masa lalu dan popularitas buku guide yang masih melejit di kala itu, semua misteri ini tidak pernah bisa dicek kebenarannya secara pasti. Seperti berita angin yang terus tertiup kencang, yang ada justru kian menguat. Rumor-rumor yang membuat Harvest Moon kian menarik.

Tags:

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…