JagatPlay: Ask Me Anything (AMA) 2018!

Reading time:
January 17, 2018

Michael Yasutora Chandra

honoka seven baby1
Honoka-nya SevenBaby kayaknya gua sebut sebagai best JagatFap buat 2017 sih. LOL.

Ask

Joining the bandwagon. Tahun ini diseriusin ah pertanyaannya:

  1. Kita disuguhkan dengan tren battle royale di akhir tahun ini. Menurut lu, tantangan apa sih bagi developer dalam mengembangkan game bergenre ini? Apakah hanya akan menjadi booming semata, dan bernasib ditelantarkan? Gua rasa Bluehole sudah dikatakan lebih baik dari balik modal.
  2. JP sudah punya fans, 2017 hadir dengan Plad yang sering banget live-streaming, enggak cuman itu, absen di TGS pun bisa menjadi sesuatu pencapaian tersedniri. Kira-kira lu akan menghadirkan apa lagi di tahun 2108? Sesuatu yang segar? Apakah kita akan berkutat di reivew, stream, dan giveaway atau mabar?
  3. Jagat *ehm* fap selalu hadir dengan wanita sensual, dan jagat ‘segar” selalu hadir dengan wanita manis nan menggoda, tapi masalahnya kebanyakan dari luar. Kenapa sih kita muternya di situ-situ aja? Adakah keterarikan untuk memunculkan cosplay lokal? Apa takut menjadi bumerang bagi kelangsungan JP?
  4. Best JagatFap 2017?
  5. Jika lu dikasih kesempatan buat merancang produk Indomie terbaru, jenis apa yang kira-kira bisa lu tawarkan untuk pertu masyarakat indonesia?
  6. Ini pribadi sih, kalau mengejar PS4 Pro itu akan worth it enggak sih tanpa 4K TV?
  7. Sejauh ini, pernah gak sih kejadian artikel JP di takedown karena artikelnya “kurang berkenan”, ceritaiin donk, kepo nih.
  8. Lu ada ngefans gak sih sama mocap performer? Kalau ada kira-kira ada siapa?

Answer

Yo Mike, pertanyaannya yang panjang sekali untuk tahun ini. :)) Mari gua coba jawab serius juga.

  1. Tantangan game battle-royale seharusnya sama sih kayak tantangan game-game action basis multiplayer yang lain. Mereka harus nyediaiin balancing dalam waktu berkala, mastiin cheater kagak rame, dan terus nyediain konten baru biar orang terus balik dan balik. Kalau melihat tren yang ada, gua rasa ini genre akan bertahan cukup lama. Mungkin bareng PUBG, mungkin akan lanjut tanpa PUBG. Gua yakin popularitas kayak ini akan selalu munculin produk kompetitor yang minjam daya tarik yang sama, terus dipermak dan ditambahin fitur baru, dan berakhir lebih populer dari PUBG. Ini udah jadi semacam siklus yang pasti terjadi. Kini giliran Bluehole aja seniat apa buat mertahanin momentum yang ada.
  2. Sejujurnya, gua enggak punya rencana konkrit apapun buat tahun 2018 ini. Tapi kalau tiba-tiba ada ide tercetus di otak dan menurut gua menarik untuk dilakukan, gua akan lakuin.
  3. Gua sebenarnya tertarik untuk ngangkat cosplayer cewek lokal, apalagi yang benar-benar gak ragu buat tampil sensual di JagatMalam misalnya. Tapi sayangnya, gua sendiri lumayan takut dengan sesi komentar yang ada. Karena gak jarang lu temuin komentar-komentar gak bersahabat yang nyudutin cosplayer-cosplayer cewek seksi lokal ini sebagai “perempuan murahan” dll, baik disampaikan serius ataupun sekedar fun. Sampai gua yakin semua orang cukup dewasa buat nikmatin cosplay sebagai wujud ekspresi diri untuk ngewakilin karakter dan kostum mereka sedekat mungkin, gua gak berani nyentuh konten lokal terlalu banyak.
  4. SevenBaby as Honoka.
  5. Kalau bisa bikin versi Ia-Mie – masakan China, tapi dalam versi Halal, would be awesome. Kita sekarang masih terbatas antara kuah atau goreng, belum ada versi Ia-Mie.
  6. Worth it kok. Masih dapat visual lebih baik, framerate lebih baik, atau enggak ya supersampling.
  7. Kita belum pernah ada artikel yang di-takedown sih.
  8. Kalau ngefans sama mo-cap performer, kayaknya untuk sejauh ini, belum ada sih.

Acim

DJGez
Judge Bao melarang ClickBait! [COLORIZED – 1062)

Ask

Filosofi apa yang dipegang teguh oleh Anda sebagai pribadi dan JagatPlay dalam menjalani rutinitas sebagai jurnalis yang berfokus dalam hal pemberitaan mengenai dunia game dan periferal gaming serta artikel cukup ikonik seperti NgeRacau Anda? Terus, adakah tujuan yang hendak ingin Anda capai untuk tahun 2018 ini? Terima kasih sebelumnya.

Answer

Mengingat gua enggak punya pengetahuan ataupun gelar di bidang jurnalistik, gua kayaknya masih enggak disebut sebagai jurnalis. Lu masih mau panggil gua blogger, gua mungkin masih mau terima. Kalau soal filosofi, gua sebisa mungkin berjuang untuk ngasih lu konten terbaik yang bisa gua kasih sih, tanpa clickbait dan sejenisnya. Gua harap persaingan untuk jadi situs besar ini enggak bikin JagatPlay terasa murahan. Gua enggak mau ini situs harus ngandelin artikel soal Naruto dan siapa karakter terkuat di situ buat dapetin sekedar jumlah fans di fanpage, yang berakhir alay dan kagak ngerti industri game itu apaan. Tapi sekali lagi, ini soal idealisme. Tapi kalau di masa depan nanti, gua tiba-tiba tergiur sama duit banyak dan berakhir munafik dan mengkhianati semua idealisme yang gua percayai, gua juga enggak menutup kemungkinan soal itu. Tapi untuk saat ini, itu.

Rifki Subagia

Ask

Lu biasanya kalau customize character kayak apa? Boleh diliatin 1 atau beberapa character yang lu bikin?

Answer

Kalau karakternya bisa pilih jenis kelamin dan bentuk badan. Gua akan bikin karakter cewek dengan lima hal penting yang biasanya gua fokusin:

  • Big Boobs
  • Big Boobs
  • Big Boobs
  • Big Boobs
  • Big Boobs

Oh ya, enam deh, gua lupa satu lagi. Big Boobs. Done.

Smith Boby

Ask

Bang, ada terobosan resep Indomie baru untuk tahun 2018 gak? Biar gak bosen makannya.

Answer

Ini saatnya memulai quest bareng gua, untuk mencari Indomie-indomie goreng mana saja yang paling enak kalau lu nikmatin sebagai mie kuah. Untuk sementara, jawara gua masih Mie Goreng Jumbo warna biru.

Hary Stiawan

Ask

Sampurasun bang Plad. Mau tanya nih, apakah bang Plad sering mainin game lama yang udah dimainin? Maksud ane, dengan tuntutan review game-game terbaru, ditambah dengan banyaknya instrumen game yang JagatPlay sendiri miliki sehingga waktu bang Plad tersita, apa sering masih mainin game-game lawas di waktu libur kantor misalnya, kayak Oblivion, Fallout New Vegas, etc?

Answer

Hi Hary. Sayangnya, udah enggak. Waktu gua memang lebih berfokus buat nikmatin dan nyelesaiin game baru yang saking bejibunnya bahkan, beberapa di antaranya, berakhir gua skip dan gagal gua tanganin. Jadi game berulang yang selalu gua mainin di waktu luang sekarang kayaknya, cuman DOTA 2 aja.

Yazid Ramadhan

Ask

Sebelumnya, selamat tahun baru. Mau mengajukan beberapa pertanyaan:

  1. Pernah gak pas mau ngereview game, tapi game yang mau dicoba di luar genre kita?
  2. Best JagatMalam versi bang Plad apa?
  3. Apa gak susah main game tipe FPS di konsol, walaupun terkadang dah kebantu sama aim-assist?
  4. Ada rencana buat gathering untuk pembaca JagatPlay?
  5. Di 2018, bakalan kedatangan konsol Xbox One X enggak di JagatPlay?
  6. Fetish kau apa bang?

Answer

Selamat tahun baru juga Yazid. Mari kita c’mon:

  1. Pernah donk. Sebagai bagian dari pekerjaan, enggak ada yang bisa lu lakuin selain maksaiin diri. Tapi kadang ada game-game yang pas lu nyobaiin enggak lu review karena masalah fair. Contoh? Gua ternyata sampah banget main Project Cars 2. Gua enggak mungkin bisa review Project Cars 2 kalau track pertama aja gua mesti ngos-ngosan nyelesaiinnya.
  2. :)) ada gua sertaiin di pertanyaan sama sebelumnya.
  3. Masalah terbiasa doank sih. Dibantu dengan aim-assist sama kontrol yang lebih fokusin ke gerakan karakter dan bukan kamera, lu akan nikmatin juga kok sensasi FPS di konsol.
  4. Sayangnya, untuk saat ini belum.
  5. Masih belum tertarik buat beli
  6. Guru Les, man.. Guru Les..

Rifqi Mulyadi

Ask

Apa pandangan bang Plad buat microtransaction? Satu sisi dia bisa buat game yang free to play bisa makin berkembang, tapi microtransaction makin menjalar, bahkan masuk ke dalam game full price sekalipun. Apa menurut bang Plad microtransactions dihapus saja atau bang Plad ada solusi tersendiri?

Answer

Gua termasuk gamer yang tidak berkeberatan dengan microtransactions selama dua sih: 1. Kagak didesain wajib buat dibeli. 2. Kalau nyangkut game multiplayer, isinya kosmetik doank. Buat yang pertama, selama game kagak dibuat-buat biar susah setengah mati dan satu-satunya cara biar lu bisa nembus dan nyelesaiin itu adalah harga ngeluarin duit di microtransactions, gua enggak berkeberatan. Selama enggak dipaksakan, selama gua enggak harus beli, biarkan ini benda narik gamer-gamer di luar sana yang punya banyak duit tapi punya sedikit waktu buat nyelesaiin itu. Kalau multiplayer, ya sistem microtransactions yang isinya cuman item kosmetik macam Overwatch misalnya, fine fine aja. Tetapi sekali lagi, ingat, selama si developer juga murah hati juga sama itu item kosmetik. Jadi jangan sampai, satu-satunya cara untuk dapat itu item kosmetik pas multiplayer, lewat microtransactions, apalagi kalau lu udah game berbayar penuh di awal gitu.

Kevin Satria Perdana

Ask

  1. OST Video Games apa yang berkesan banget buat bang Plad sama video games yang memorable banget di 2017?
  2. Apa hobi bang Plad selain main game?
  3. Oh iya, satu lagi, game apa yang bang Plad benar-benar benci di 2017?

Answer

  1. Kalau soal OST, banyak game yang OST nya bagus sih tahun lalu. Tapi menurut, NieR: Automata yang paling top-notch dah. Kalau soal memorable, tentu aja, si Breath of the Wild.
  2. Hobi lain? Nonton film sih, apalagi kalau ketemu yang unik dan aneh-aneh.
  3. Mass Effect Andromeda. Mengkhianati banyak hal yang bikin gua jatuh cinta di trilogi pertama.

Gilang Perdana Wisnu Aji

12 Switch jagatplay photo 3 600x336
Menarik untuk ngelihatin apa yang dipersiapin Switch di 2018 setelah kerennya game-game tahun lalu. Merhatiin eksklusif Sony PS4 di tahun ini juga mayan bikin excited!

Ask

Halo Tim JagatPlay! Gue Gilang, salah satu pembaca setia JagatPlay dari zaman likers fanpage masih 1000-an. Semoga makin maju dan makin banyak hal yang bisa dibahas Jagatplay untuk ke depannya! Ada beberapa hal yang ingin gue tanyaiin buat event AMA kali ini:

  1. Hal apa yang paling diantisipasi tim JagatPlay di tahun 2018?
  2. Ada rencana enggak dari tim JagatPlay buat adaiin rubrik baru untuk dibahas? Soal mobile games misalnya.
  3. Ada rencana buat bikin channel Youtube sendiri?
  4. Bang Plad kapan nikah?
  5. Kalau bisa, tolong kasih lebih banyak news tentang game buatan developer lokal dong.

Answer

Hi Gilang. Terima kasih sudah bergabung dan bertahan dengan JagatPlay sampai sekarang. Gua jawab yak:

  1. Gua pribadi sih untuk tahun 2018, sangat mengantisipasi apa yang disiapin Nintendo buat pertahanin momentum yang udah diraih Switch. Dia udah keluarin game habis-habisan di tahun 2017 kemarin, sampai Zelda ama Mario ada di tahun rilis yang sama. Penasaran kira-kira kejutan macam apa yang muncul di 2018 ini. Gua juga penasaran sama produk-produk eksklusif PS4 yang menarik parah tahun ini, dari God of War yang berubah bentuk sampai Days Gone – game zombie dalam format open-world yang keren parah.
  2. Kalau soal rubrik baru sih ada, masih direncanakan. Tapi kayaknya enggak akan berhubungan dengan game mobile.
  3. Saat ini kita masih tergabung sama kanal Youtube milik JagatReview sih buat proses live-streaming
  4. Kapan-kapan. LOL. :))
  5. Untuk yang satu ini, sekali lagi, gua belum bisa banyak janji.
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…