JagatPlay: Ask Me Anything (AMA) 2018!

Reading time:
January 17, 2018

Shandi Yuhda VQ

giphy 1
Bikin usaha macam-macam? Masalahnya cuman satu sih..

Ask

  1. Suka pelihara hewan apa: kucing, anjing, hamster, hewan lain?
  2. Pernah gak bosen parah jadi reviewer game dan pengen cari kerjaan lain? Bagaimana solusinya?
  3. Film (Anime & Serial TV) & game apa yang paling berkesan seumur hidup bagi agan & bersyukur karena dikasih hidup bisa merasakan atau menikmati dua hal tersebut?
  4. Pernah kepikiran buka usaha tentang game gak, kayak jual game digital atau fisik atau buka toko konsol & handheld, buka kafe dengan arcade di sana atau sekedar jual beras dengan undian bisa menang PS4 Pro bundle MonHun?
  5. Suka gak film Assassin’s Creed? Suka gamenya juga? Film-film apa yang sejenis kayak Assassin’s Creeed ya?
  6. Pertanyaan absurd dan gaje nih: kalau misalnya negara Indonesia lagi darurat militer / perang karena diserang negara lain misalnya seperti Malaysia, Singapura, Papua Nugini atau bahkan RRC atau Australia, atau lebih gila lagi serangan teroris macam ISIS yang buat negara ini benar-benar udah merintahkan warna negaranya berumur 18-25 tahun untuk masuk ke barak guna mempertahankan negaranya. Apakah Anda bersedia masuk wamil? Divisi apa yang cocok buat Anda? Apakah Anda rela mati untuk negara? Jika terjadi Mass Battle seperti Prajurit Soviet dulu, Anda maju paling depan, tengah, belakang, atau sembunyi? Atau Anda memilih kabur ke negara lain dan menjadi reviewer game di sana seperti semula?

Answer

Wow..pertanyaannya banyak sekali.. :)) Gua coba jawab satu per satu ye:

  1. Untuk sementara sih kucing. Kalau anjing, butuh ekstra effort lagi karena kewajiban buat jalan tiap hari sih buat ngehabisin energinya. Kucing bisa lu lepas dan having fun sendiri dia.
  2. Kalau bosan jadi reviewer, tentu pasti pernah. Ya kalau memang mood sudah buruk sekali, rehat saja. Gunaiin itu hari buat nikmatin hal apapun yang pengen lu nikmatin, dari main game yang mungkin enggak ada hubungannya sama artikel sampai nonton film atau denger musik. Biasanya mood akan balik sendiri kok, dalam waktu satu atau dua hari. Atau kalau sudah sangat mentok, balik ke rumah dan ketemu sama keluarga, makan masakan nyokap yang nikmat, dan biasanya itu super efektif.
  3. Agak sulit sih kalau memang harus milih salah satu. Kalau film yang pertama kali bikin gua takjub, gua akan sebut Godzilla vs Mohtra (1992) yang notabene merupakan film bioskop pertama gua. Film lain yang bikin gua ternganga dan keren mampus waktu kecil ya sudah pasti Jurrassic Park juga. Nontonnya waktu itu bareng-bareng sama kakak-kakak gua juga. Kalau soal anime, kayaknya yang benar-benar berkesan buat pengen nikmatin dari awal lagi sih dan bersyukur untuk itu sih kayaknya belum ada sih. Gua so far enjoy anime, tapi belum sampai pada tahap gua “bersyukur” nonton itu anime-anime, bahkan yang sekelas Cowboy Bebop, Madoka, ataupun Erased sekalipun.
  4. Enggak pernah sih. Karena buka usaha udah sekedar masalah niat sih, tapi modal duit juga. I got no money to do all of those things.
  5. Filmnya, gua akan bilang “meh”. Enggak jelas, tapi enggak bagus juga, terhitung standar lah yak. Kalau gamenya, ada seri yang gua suka, ada seri yang enggak terlalu berkesan di gua. Trilogi Ezio, Black Flag, dan Origins terhitung game open-world yang keren mampus.
  6. Namanya WAJIB Militer ya udah bukan masalah bersedia atau enggak kalik ya, tapi KEHARUSAN. Gua bisa ngebacot dan bilang kalau gua siap dan berani sih. Tetapi sekali lagi, kalau skenario terburuk itu muncul, gua enggak tahu dah apa yang akan terjadi. Bisa jadi ternyata gua selama ini pengecut, dan gua memutuskan untuk lari. Bisa jadi gua justru mendapatkan panggilan karena rasa patriotik yang tiba-tiba tinggi untuk ikut berperang di garis depan. Bisa jadi gua ingin berkontribusi tetapi pengen selamat juga, dan ikut divisi yang minim resiko dan sejenisnya. Sejujurnya, ini bukan skenario yang pernah gua pikirin sih. LOL. :))

Watashiwa Angga Permana

Ask

Mungkin ini kedua kalinya saya nanya masuk di toplist bang Plad, dah wah banget.

  1. Pas harapan jagat untuk ke E3 terwujud, tapi kenapa bang Plad enggak ikutan?
  2. Kenapa kalau live-stream selalu malam? Siang kek bang jarang jarang.

Akhir kata, selamat AMA ke-4. Semoga terus lanjut supaya tahu mengenai pengurus JagatPlay sendiri.

Answer

Hi, Angga. Terima kasih untuk tetap setia sama JagatPlay. Gua masukin lagi dah pertanyaannya untuk AMA tahun ini.

  1. Karena yang gua pikirin memang pengen bawa JagatPlay naik kelas sih. Gua rasa nunjuk Jey yang notabene fotografer / videografer professional itu esensial buat ambisi gua bikin JagatPlay naik kelas, lewat kualitas reportase yang gak akan kalah sama media-media luar sih. Dan sejauh ini, gua puas. Ini udah bukan soal apa yang gua pengen sebagai Plad sih, tetapi lebih apa yang dibutuhin buat brand JagatPlay makin kuat.
  2. Karena gua bisanya live-stream setelah kerjaan harian gua di JagatPlay kelar, yang notabene biasanya ditutup dengan news terakhir di sekitaran jam 9 malam. Habis itu, gua baru bisa live-stream.

Nahason Bastin

Ask

Pertanyaan sederhana aja Mas Plad, bagaimana Anda dapat menjaga kesehatan Anda agar tetap memberikan tulisan menarik di JagatPlay? (semoga sehat selalu Mas Plad).

Answer

Thanks buat doanya, Nahason. Kalau untuk trik menjaga kesehatan, lu kayaknya salah nanya orang. Wkwkwkkkwk.. :)) gua aja masih gak becus buat jaga diri gua sendiri. Tapi untuk hal paling sederhana yang bisa gua lakuin ya mastiin tidur cukup aja sih. Buat gua pribadi, yang notabene kerjaannya nulis, kurang tidur itu akibatnya bisa fatal juga buat ngeluarin isi otak sih.

Ali Mudin Firdaus

Ask

Bang, orang tua lu nyesel ga kira-kira ngelahirin elu?

Answer

Begh, pertanyaan berat ini. Gua belum pernah nanya sih ke bonyok gua apakah mereka nyesal punya anak kayak gua atau enggak. Tapi dari sisi gua pribadi, gua selalu berjuang keras untuk membuat mereka gak nyesal buat punya anak kayak gue sih. Gua jarang cari masalah atau ngelakuin sesuatu yang bikin mereka pusing atau harus secara konstan, mikirin hidup gua. Kecuali masalah jodoh, itu urusan lain. LOL.. :))

AI

Ask

Bang Plad, tuh muka kok disensor sih? Lagi syuting AV ya?

Answer

Gua cukup takut nanti kegantengan gua membuat dunia terpesona tiada akhir, man. Entar semua cowok jadi gay dan jatuh cinta sama gua karena ketampanan gua, manusia bisa berakhir sebagai spesies, man..

Azka Faris Fadhilah

Ask

Bang, sandalnya Swallow atau New Era?

Answer

Kasogi

Benny Peacemaker

Ask

Total ada berapa orang yang kerja di JagatPlay, Bang?

Answer

Sekarang totalnya ada 5 orang. Ada Pladidus Santoso, Pladidus, Santoso, Plad, ama Pladganteng.

Iman Khairil

gamer girl
Nyari cewek yang main game? Mudah. Nyari cewek yang main game, ngerti industri game, dan bisa nulis? Enggak semudah yang dibayangin.

Ask

  1. Dulu kan ada rencana buat rekrut reviewer cewek. Kok batal bang?
  2. Kenapa belum ada pengganti bang David Nolan untuk review game sport macam sepakbola, basket, atau balap misalnya? Udah 2 tahun ini bang.

Answer

  1. Karena eksekusi ternyata berakhir enggak semudah wacana. Nemu gamer cewek? Gampang. Ketemu gamer cewek yang juga punya pengetahuan soal industri game secara mendalam dan gak cuma main game tok? Setengah gampang. Ketemu gamer cewek yang juga punya pengetahuan soal industri game secara mendalam sekaligus bisa nulis? Silakan cari dah.
  2. Untuk saat ini, menurut gua enggak terlalu esensial. Btw, yang bantu gua nge-review game-game olahraga dulu namanya si Yossie, bukan David. Mengingat gua juga harus selalu beli game olahraga setiap tahun dengan budget yang bisa gua pakai buat beli game AAA yang lain, gua rasa lebih bijak buat skip sekalian aja sih. Kalau ada game sport unik / racing yang enggak rilis tahunan, juga gua jabanin kok, kayak Gran Turismo Sport kemarin.

Dwi Rohmat

tenor
Thanks pujiannya!

Ask

Yang masih bikin gua bingung kenapa berita Jagatplay yang kontennya menarik, no bait, tulisan rapi dan enak dibaca iklannya dikit? Gak kayak sebelah yang isinya moba analog semua dan iklannya nauzubillah!

Answer

Hi Dwi, thanks buat pujiannya. :)) Semoga apa yang lu suka dari JagatPlay bisa terus bertahan di masa depan. Kalau sederhananya sih, JagatPlay sebenarnya situs yang low-cost kok. Lu cuman perlu bayar server, cuma gua doank yang handle semuanya termasuk live-stream dan konten FB, plus budget buat beli game bulanan. Jadi buat jalanin ini situs sebetulnya enggak perlu makan banyak biaya. Plus, kita juga masih “netek” dari pendapatan apapun yang diterima sama JagatReview. Jadinya, kita enggak perlu jatuh ke segala macam strategi macam clickbait atau jilatin pantat publisher game mobile yang duitnya memang kenceng saat ini. Kalau untuk masa depan, gua juga masih belum tahu akan gimana, tapi semoga, gua bisa pertahanin itu.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…