JagatPlay: Ask Me Anything (AMA) 2018!

Reading time:
January 17, 2018
jagatplay ama

Happy new year guys.. 😀 Selamat menyambut tahun 2018, yang gua harapin, semoga ini bisa jadi tahun yang menyenangkan buat kita semua. Gua yakin, kita semua punya harapan buat apa yang pengen kita capai tahun ini. Ada yang pengen lulus, ada yang pengen skripsinya kelar, ada yang sekedar pengen punya sesuatu yang duit buat belinya udah ditabung dari zaman kuda masih bertelur, ada yang pengen dapat kerjaan biar bisa foya-foya dan nikmatin surga hobinya masing-masing, dan ada yang sekedar pengen sehat dari sakit atau ingin orang tuanya tetap sehat nemanin sepanjang tahun. Apapun yang lu pada harapin di tahun 2018 ini, enggak ada lagi yang bisa gua lakuin, selain berharap itu bisa jadi kenyataan. Semoga lu punya resolusi, kekuatan, komitmen, dedikasi, kepercayaan diri, dan juga kekuatan buat menggapai itu semua, tentu saja, diikuti dengan dukungan Yang di Atas kalau lu termasuk orang yang relijius. Gua cuman bisa di sini berdiri, mendukung dari jauh apapun hal baik yang pengen lu capai.

Buat gua pribadi, tahun 2017 adalah tahun yang sekali lagi, fantastis buat JagatPlay itu sendiri. Okelah, gua memang mesti mengakui kalau gua pribadi rada teledor sepanjang tahun. Ada rasa malas yang kadang menghantui dan bikin gua enggak bikin banyak news per hari atau sekedar kabur dari kerjaan karena pengen nonton film terbaru. Tapi untuk nama JagatPlay-nya sendiri, gua enggak bisa berharap lebih banyak lagi. Kita berhasil dapatin dukungan PC kerja / gaming yang kita beri nama “SI HITAM MK.I”, kita juga enggak lagi cuman diundang ke Tokyo Game Show doank – tapi ke E3 2017 juga. Salah satu interview kita bersama dengan bos Sony – Shuhei Yoshida bahkan juga dijadiin banyak sumber artikel-artikel situs gaming luar. Sebuah pencapaian terbesar buat gua pribadi dan JagatPlay di tahun kemarin.

Seperti biasa juga, gua juga enggak tahu apa yang akan terjadi dengan JagatPlay di tahun 2018 ini. Gua belum punya rencana konkrit untuk bawa ini situs gaming ke level lebih tinggi, tetapi at least, gua berkomitmen untuk mempertahankan apa yang bikin JagatPlay dikenal. Usaha untuk enggak makai judul artikel clickbait ataupun skema iklan yang bikin lu ngerasa enggak nyaman buat ngunjungin ini situs, sekaligus janji buat pertahanin JagatMalam dan artikel-artikel review dan toplist andalan kita, dan mungkin sesekali – Ngeracau kalau memang ada sesuatu yang pantas buat dibacotin. Gua juga ngerasa senang nemuin kalau sesi live-streaming rutin yang biasa dilakuin di Youtube ataupun Facebook, juga disambut dengan positif. Strategi untuk ngasih kesempatan buat siapapun buat ngobrolin topik apapun di luar SARA, kayaknya berujung ke sesuatu yang menurut gua, lumayan positif.

Maka seperti kebiasaan tahun-tahun sebelumnya, akhir tahun 2017 kemarin juga ditutup dengan sesI AMA aka Ask Me Anything, untuk pembaca yang penasaran soal belakang layar JagatPlay atau soal gua sendiri – Pladidus Santoso. Selama enggak nyinggung sesuatu yang terlalu sensitif buat dibicaraiin, gua akan berusaha jawab pertanyaan lu pada. Tentu saja, kagak semuanya bisa gua jawab. Kagak buat booo buat jawabin ratusan pertanyaan yang beberapa di antaranya, udah kayak jawaban essay aje. Mari kita mulai.

Windy Lim

Ask

Pilih cewek apa indomie?

Answer

Ini kayaknya bukan dua hal eksklusif yang kalau lu pilih, akan mematikan pilihan yang lain. Gua rasa gua akan pilih dua-duanya. Tapi kalau memang mesti pilih satu doank, gua akan pilih Indomie. Gua ragu gua bisa hidup tanpa Indomie.. Wkwkwkkkwwkwkwkkw.. =))

Handi Salim

Ask

  1. Harapan untuk konsol di 2018 ini apa?
  2. Atau inovasi apa yang diharapkan pada game di 2018?

Answer

  1. Ini mungkin terdengar sedikit aneh, tapi gua sangat berharap Microsoft dengan Xbox One dan Xbox One X bisa dapatin momentum mereka balik di 2018, bagaimanapun caranya. Kondisi penuh persaingan selalu ngehasilin inovasi dan beragam strategi marketing yang nguntungin kita sebagai gamer dan konsumen. Kalau cuman didominasi sama satu brand, ya gua takutnya dalam hal ini – Sony justru berakhir jadi malas-malasan buat ngehasilin sesuatu yang baru karena basically ini persaingan konsol udah di tangan mereka, gitu. Microsoft butuh comeback!
  2. Gua enggak banyak berharap soal inovasi sih. Gua cuman pengen hal-hal yang enggak populer di tahun 2017 kemarin, termasuk masalah pay-to-win yang sempat nyangkut di game yang udah lu bayar dengan harga penuh terjadi lagi di tahun 2018 ini. Itu aja sih.

Respati Jalu

Ask

Kapan nikah?

Answer

Njirrrrrrr.. ini pertanyaan menghancurkan kokoro sekali. Gua hadir dengan jawaban klise saja lah.. :)) Jika memang saatnya sudah tepat.

Adg Sca

jagat e3 2017 dibuang sayang 2 600x401
Ntap njing..

Ask

Ada rencana buat interview Hideo Kojima?

Answer

Rencana dan keinginan mah selalu ada. Masalahnya sih ada di kesempatan yang kagak pernah datang.

M Aulia Subhan

Ask

Developer game indie masih dibahas dan direview kan? Menurut Plad, perkembangan developer game Indonesia untuk tahun berikutnya bagaimana? Plus untuk JagatPlay kasih spek di akhir review.

Answer

Kalau untuk soal game indie, selama ada yang benar-benar menarik perhatian, gua akan usahaiin untuk review kok. Sementara untuk developer game Indonesia, gua cukup optimis sih di tahun 2018 ini. Lu ketemu sama game dengan kualitas mumpuni macam Fallen Legion + dan Legrand Legacy. Lu juga ketemu publisher semacam Toge Productions yang secara konsisten sekarang, ngelepas game-game di Steam dengan beragam genre yang menarik, dari sekedar visual novel sampai platformer macam si MagiCat.

Mohammad Rifqi Al Hazmi

Ask

Itu konsol semua yang buat stream, murni uang sendiri apa ada sponsor?

Answer

Untuk konsol yang dipakai JagatPlay, Playstation dan Nintendo Switch, itu murni dari hasil beli sendiri. Kantor sebenarnya sempat nawarin buat beliin, tapi gua pribadi memang kepengen punya sih. Agak ribet soalnya kalau barang milik kantor, entar kalau kenapa-napa, susah dipertanggungjawabin. Kadang juga bisa jadi lu pengen bawa balik or something.

Muhammad Fajar Pratama

Ask

Singkat kata, game 2017 yang paling berkesan bagi bang Plad untuk dimainkan?

Answer

Kalau lu sempat lihat artikel Game of the Year-nya JagatPlay di tahun 2017 kemarin sih, kayaknya jawabannya jelas. Gua paling kesengsem sama si Breath of the Wild-nya Nintendo. Di awal sih kelihatan kayak game open-world biasa yang ngasih lu kesempatan eksplor kesana dan kesini. Pas gua nemuin kalau physics nya jalan beneran dan lu bisa ngelakuin banyak hal yang lu pikir bisa lu lakuin, gua langsung jatuh cinta.

Made Chandra Deniswara

dHXP3FO
Wipe everything!

Ask

Sukses terus ya bang. Kadang suka ambil game yang baru padahal yang lama masih belum tamat, jadinya numpuk terus hdd jadi penuh. Itu ngatasinnya gimana bang?

Answer

Hancurin saja HDD-nya. Data hilang, game hilang, enggak perlu lagi dah pusingin ini masalah, iya gak? Wkwkwkwkwkwk.. :)) Tapi seriusnya, ya lu enggak perlu maksaiin diri untuk nyelesaiin game yang lu enggak enjoy main sih. Ada kemungkinan kenapa lu malas nyelesaiin sebuah game ya karena lu kagak nikmatin apa yang dia tawarin. Skip, cari game yang memang lu suka, dan otomatis naluri pengen nyelesaiinnya, gua yakin, pasti lebih kuat.

Fajar Fajar

princeofpersiajumping
Game pertama gua ini. LOL.

Ask

  1. Game pertama lu apa plad?
  2. Moment yang bikin lu suka game seperti apa?
  3. Kenapa lu suka sama anime?

Answer

  1. Kalau gua gak salah inget sih, Prince of Persia jadul parah yang versi DOS, dan masih mesti dimainin pakai disket super gede itu. Gua masih ingat gimana gua dan bokap, waktu itu ngakalin sistem anti-bajakannya yang pakai kode-kode minum racun dalam gelas dengan nyobaiin satu per satu kombinasi yang mungkin. Ketika dapat, langsung dicatat pakai pen gitu di atas peta dunia yang ditempel bokap di dekat komputer. Itu peta dunia penuh tulisan kode gitu.. :)) What an awesome memory.
  2. Gua sebenarnya enggak punya standar sih soal kesukaan gua pada video game. Selama produk yang gua mainin berakhir gua nikmatin, dan bikin gua kayak anak kecil lagi – pengen bangun pagi secepat mungkin buat lanjutin gamenya (terjadi di The Witcher 3 dan TLOU), gua langsung yakin ini game memang bikin jatuh cinta.
  3. Well, gua enggak secara eksklusif suka anime sih. Basically, gua suka nonton film, jadi anime masuk ke dalam kategori ini. Lewat anime, ada banyak cerita, dari yang aneh sampai heroik yang bikin bulu kuduk merinding bisa lu dapat. Lewat anime, ada banyak visual yang bisa bikin hati lu terenyuh sampai isi celana lu bisa tegak berdiri juga ada. Gua nonton anime juga milih-milih kok.
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…